Caramantap

Cara Meningkatkan VRAM Intel untuk Meningkatkan Performa Game

×

Cara Meningkatkan VRAM Intel untuk Meningkatkan Performa Game

Share this article

Memiliki spesifikasi PC yang mumpuni tentunya akan membuat pengalaman bermain game menjadi jauh lebih menyenangkan. Salah satu komponen penting yang mempengaruhi performa game adalah VRAM atau Video Random Access Memory. VRAM adalah jenis memori khusus yang digunakan untuk menyimpan data grafis yang ditampilkan pada layar.

Jika kamu memiliki VRAM yang cukup besar, maka kamu dapat memainkan game dengan kualitas grafis yang lebih baik dan lancar tanpa lag. Namun, bagaimana jika VRAM kamu terbatas? Kamu bisa mencoba beberapa cara meningkatkan VRAM Intel berikut ini:

1. Perbarui Driver Grafis Kamu

Driver grafis adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk mengoperasikan kartu grafis pada PC kamu. Pastikan kamu selalu menggunakan driver grafis terbaru untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Kamu dapat mengunduh driver grafis terbaru dari situs resmi Intel.

2. Atur Pengaturan Grafis pada Game

Beberapa game memiliki pengaturan grafis yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa menurunkan kualitas grafis pada game agar dapat memainkannya dengan lancar tanpa lag. Dengan mengurangi kualitas grafis pada game, maka VRAM kamu akan lebih terjaga dan performa game menjadi lebih baik.

Pos Terkait:  Cara Backup Data HP Xiaomi

3. Aktifkan Mode High Performance pada PC Kamu

PC yang menggunakan mode High Performance akan mengalokasikan sumber daya yang lebih besar pada kartu grafis dibandingkan dengan mode power saving. Kamu bisa mengaktifkan mode High Performance pada PC kamu untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

4. Tambahkan VRAM dengan Menggunakan Memory Card

Jika kamu memiliki slot memory card pada PC kamu, maka kamu bisa menambahkan VRAM dengan memasang memory card pada slot tersebut. Pastikan memory card yang kamu beli sesuai dengan spesifikasi PC kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Upgrade Kartu Grafis Kamu

Jika semua cara di atas masih belum memberikan hasil yang memuaskan, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk meng-upgrade kartu grafis kamu. Kartu grafis yang lebih baik akan memberikan performa yang lebih baik dan VRAM yang lebih besar.

6. Bersihkan PC Kamu dari Debu dan Kotoran

PC yang kotor atau terdapat debu pada bagian dalamnya akan membuat suhu PC menjadi lebih panas. Suhu yang panas dapat mengurangi performa kartu grafis dan VRAM. Pastikan kamu secara rutin membersihkan PC kamu dari debu dan kotoran untuk menjaga performa PC kamu.

7. Matikan Program yang Tidak Dibutuhkan

Jika kamu sedang bermain game, pastikan kamu menutup semua program yang tidak dibutuhkan. Program yang berjalan di belakang layar dapat mengurangi performa PC dan VRAM kamu.

8. Gunakan Program Pembersih PC

Kamu bisa menggunakan program pembersih PC seperti CCleaner untuk membersihkan file-file yang tidak diperlukan pada PC kamu. Dengan membersihkan file-file yang tidak diperlukan, maka kamu dapat menjaga performa PC kamu dan VRAM kamu tetap terjaga.

9. Aktifkan Mode Turbo Boost pada PC Kamu

PC yang memiliki fitur Turbo Boost akan meningkatkan performa PC kamu secara otomatis. Pastikan kamu mengaktifkan fitur Turbo Boost pada PC kamu untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

10. Lakukan Overclock pada Kartu Grafis Kamu

Overclocking adalah proses meningkatkan kecepatan kartu grafis secara manual. Namun, kamu harus berhati-hati saat melakukan overclocking karena dapat merusak kartu grafis kamu jika tidak dilakukan dengan benar.

11. Atur Resolusi Layar pada Game

Resolusi layar yang terlalu tinggi dapat mengurangi performa PC kamu. Kamu bisa menurunkan resolusi layar pada game agar performa PC kamu menjadi lebih baik.

12. Aktifkan Mode Game pada PC Kamu

Mode Game adalah fitur yang disediakan oleh Windows 10 untuk meningkatkan performa game pada PC kamu. Kamu bisa mengaktifkan Mode Game pada PC kamu untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Pos Terkait:  Cara Memutar Video Otomatis di Facebook Lite

13. Kurangi Jumlah Objek pada Game

Jumlah objek pada game yang terlalu banyak dapat mengurangi performa PC dan VRAM kamu. Kamu bisa mengurangi jumlah objek pada game agar performa PC kamu menjadi lebih baik.

14. Tambahkan RAM pada PC Kamu

RAM adalah jenis memori yang digunakan untuk menyimpan data sementara pada PC kamu. Jika RAM kamu terlalu kecil, maka performa PC dan VRAM kamu akan terpengaruh. Kamu bisa menambahkan RAM pada PC kamu untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

15. Aktifkan Mode DirectX 12 pada Game

DirectX 12 adalah versi terbaru dari DirectX yang digunakan untuk meningkatkan performa game pada PC kamu. Kamu bisa mengaktifkan Mode DirectX 12 pada game untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

16. Kurangi Jumlah Pemain pada Game Online

Jumlah pemain pada game online yang terlalu banyak dapat mengurangi performa PC kamu. Kamu bisa mengurangi jumlah pemain pada game online agar performa PC kamu menjadi lebih baik.

17. Atur Pengaturan Kabel VGA pada PC Kamu

Pengaturan kabel VGA yang tidak tepat dapat mengurangi performa PC kamu. Pastikan kamu menggunakan kabel VGA yang berkualitas dan atur pengaturan kabel VGA dengan benar untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

18. Tambahkan Kipas pada PC Kamu

PC yang terlalu panas dapat mengurangi performa PC dan VRAM kamu. Kamu bisa menambahkan kipas pada PC kamu untuk menjaga suhu PC kamu agar tetap stabil.

19. Gunakan SSD pada PC Kamu

SSD atau Solid State Drive adalah jenis hard disk yang lebih cepat dari hard disk biasa. Kamu bisa menggunakan SSD pada PC kamu untuk meningkatkan performa PC kamu dan VRAM kamu.

20. Aktifkan Mode Turbo pada Kartu Grafis Kamu

Beberapa kartu grafis memiliki fitur Turbo yang dapat meningkatkan performa kartu grafis kamu secara otomatis. Kamu bisa mengaktifkan Mode Turbo pada kartu grafis kamu untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

21. Kurangi Penggunaan Program yang Berat

Program yang berat seperti program editing video atau rendering 3D dapat mengurangi performa PC kamu dan VRAM kamu. Kurangi penggunaan program yang berat saat kamu sedang bermain game untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Pos Terkait:  One Piece: Daftar Nilai Bounty Baru Topi Jerami, Luffy 3 Miliar

22. Atur Pengaturan Grafis pada Windows

Pada Windows 10, kamu bisa mengatur pengaturan grafis pada Control Panel. Kamu bisa menurunkan kualitas grafis pada Windows agar performa PC kamu menjadi lebih baik.

23. Aktifkan Mode Sleep pada PC Kamu

Mode Sleep adalah fitur yang disediakan oleh PC untuk menghemat daya baterai. Kamu bisa mengaktifkan Mode Sleep pada PC kamu untuk menghemat daya dan menjaga performa PC kamu.

24. Atur Pengaturan Internet pada Game Online

Pengaturan internet yang tidak tepat dapat mengurangi performa game online kamu. Kamu bisa mengatur pengaturan internet pada game online agar performa game kamu menjadi lebih baik.

25. Aktifkan Mode Game Bar pada Windows 10

Mode Game Bar adalah fitur yang disediakan oleh Windows 10 untuk merekam game kamu. Kamu bisa mengaktifkan Mode Game Bar pada Windows 10 untuk merekam game kamu dan mendapatkan performa yang lebih baik.

26. Kurangi Penggunaan Program yang Berjalan di Belakang Layar

Program yang berjalan di belakang layar dapat mengurangi performa PC kamu dan VRAM kamu. Kurangi penggunaan program yang berjalan di belakang layar saat kamu sedang bermain game untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

27. Atur Pengaturan Keamanan pada PC Kamu

Pengaturan keamanan yang tidak tepat dapat mengurangi performa PC kamu dan VRAM kamu. Kamu bisa mengatur pengaturan keamanan pada PC kamu agar performa PC kamu menjadi lebih baik.

28. Kurangi Jumlah Aplikasi yang Berjalan di Background

Aplikasi yang berjalan di background dapat mengurangi performa PC kamu dan VRAM kamu. Kurangi jumlah aplikasi yang berjalan di background saat kamu sedang bermain game untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

29. Atur Pengaturan Power Plan pada PC Kamu

Pengaturan Power Plan yang tidak tepat dapat mengurangi performa PC kamu dan VRAM kamu. Kamu bisa mengatur pengaturan Power Plan pada PC kamu agar performa PC kamu menjadi lebih baik.

30. Gunakan Monitor yang Berkualitas

Monitor yang berkualitas dapat meningkatkan performa PC kamu dan VRAM kamu. Gunakan monitor yang berkualitas untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara meningkatkan VRAM Intel kamu agar performa game kamu menjadi lebih baik. Kamu bisa mencoba cara-cara di atas satu per satu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selalu perhatikan spesifikasi PC kamu sebelum melakukan upgrade atau overclocking untuk menghindari kerusakan pada PC kamu.

close