Caramantap

Apakah Fuse Boleh Diganti dengan Spesifikasi yang Lebih Besar Kapasitasnya?

×

Apakah Fuse Boleh Diganti dengan Spesifikasi yang Lebih Besar Kapasitasnya?

Share this article

Sebelum membahas tentang apakah fuse boleh diganti dengan spesifikasi yang lebih besar kapasitasnya, mari kita pahami dulu apa itu fuse. Fuse adalah komponen elektronik yang berfungsi untuk melindungi peralatan listrik dari lonjakan arus yang tidak normal. Pada umumnya, fuse memiliki kapasitas yang telah ditentukan oleh pabrik dan tidak bisa diganti sembarangan.

Kapasitas Fuse

Kapasitas fuse biasanya diukur dalam ampere (A) dan volt ampere (VA). Kapasitas ini menunjukkan berapa besar arus listrik yang bisa dilewati oleh fuse tanpa rusak. Jika arus listrik yang melewatinya lebih besar dari kapasitasnya, maka fuse akan putus dan melindungi peralatan listrik dari kerusakan.

Misalnya, sebuah peralatan listrik memiliki daya 500 watt dan menggunakan tegangan 220 volt. Maka arus listrik yang dibutuhkan oleh peralatan tersebut adalah:

Arus = Daya / Tegangan = 500 watt / 220 volt = 2,27 A

Jika pada peralatan tersebut terpasang fuse dengan kapasitas 3 A, maka fuse tersebut masih aman digunakan karena arus yang dibutuhkan oleh peralatan masih di bawah kapasitas fuse. Namun, jika fuse tersebut diganti dengan fuse yang memiliki kapasitas 5 A, maka peralatan tersebut akan menjadi tidak aman karena arus yang dibutuhkan oleh peralatan sudah melebihi kapasitas fuse.

Pos Terkait:  Cara Mencari FB dengan Nomor HP

Perbedaan Fuse dengan Circuit Breaker

Sebelum membahas lebih jauh tentang apakah fuse boleh diganti dengan spesifikasi yang lebih besar kapasitasnya, mari kita pahami dulu perbedaan antara fuse dengan circuit breaker. Circuit breaker adalah komponen elektronik yang berfungsi untuk melindungi peralatan listrik dari lonjakan arus yang tidak normal seperti fuse. Namun, circuit breaker bisa di-reset kembali setelah terjadi gangguan listrik. Sedangkan fuse harus diganti jika sudah putus.

Apakah Fuse Boleh Diganti dengan Spesifikasi yang Lebih Besar Kapasitasnya?

Sebenarnya, fuse bisa diganti dengan spesifikasi yang lebih besar kapasitasnya jika memang dibutuhkan. Namun, hal ini tidak disarankan karena bisa membahayakan peralatan listrik dan pengguna. Jika fuse yang digunakan lebih besar kapasitasnya dari yang seharusnya, maka peralatan listrik bisa menjadi tidak terlindungi dari lonjakan arus yang tidak normal dan mengakibatkan kerusakan pada peralatan listrik.

Selain itu, jika fuse yang digunakan lebih besar kapasitasnya dari yang seharusnya, maka arus listrik yang melewatinya juga akan lebih besar. Hal ini bisa membahayakan pengguna karena bisa menyebabkan korsleting atau bahkan kebakaran.

Conclusion

Dalam kesimpulannya, fuse tidak boleh diganti dengan spesifikasi yang lebih besar kapasitasnya kecuali memang dibutuhkan. Jangan pernah mengabaikan kapasitas fuse yang telah ditentukan oleh pabrik karena ini bertujuan untuk melindungi peralatan listrik dan pengguna dari bahaya listrik yang tidak normal. Jika fuse rusak atau putus, maka sebaiknya diganti dengan fuse yang memiliki kapasitas yang sama dengan yang sebelumnya.

Pos Terkait:  Apakah Swarovski Bisa Dijual Lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close