CaramantapPeliharaan & Hewan

Cara Membedakan Jenis Kelamin Kura Kura

×

Cara Membedakan Jenis Kelamin Kura Kura

Share this article

Kura-kura adalah hewan yang memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Selain itu, para peneliti juga menyebutkan bahwa kura-kura memiliki jenis kelamin yang berbeda-beda. Meskipun sulit untuk membedakan jenis kelamin kura-kura, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut adalah cara membedakan jenis kelamin kura-kura.

Perbedaan pada Bentuk Cangkang

Salah satu cara untuk membedakan jenis kelamin kura-kura adalah dengan melihat bentuk cangkang. Pada kura-kura jantan, cangkangnya lebih datar dan lebih ringan dibandingkan dengan kura-kura betina. Sedangkan pada kura-kura betina, cangkangnya lebih bulat dan berat. Selain itu, pada kura-kura betina, cangkangnya juga lebih lebar di bagian bawah dan lebih ramping di bagian atas.

Perbedaan pada Panjang Ekor

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada panjang ekor. Pada kura-kura jantan, ekornya lebih panjang dan lebih besar dibandingkan dengan kura-kura betina. Sedangkan pada kura-kura betina, ekornya lebih pendek dan lebih kecil dibandingkan dengan kura-kura jantan.

Perbedaan pada Ukuran Kuku

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada ukuran kuku. Pada kura-kura jantan, kuku depannya lebih panjang daripada kuku belakangnya. Sedangkan pada kura-kura betina, kuku depan dan belakangnya memiliki ukuran yang sama.

Perbedaan pada Bentuk Plastron

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada bentuk plastron atau tempurung perut. Pada kura-kura jantan, plastronnya lebih cembung dan lebih lebar daripada kura-kura betina. Sedangkan pada kura-kura betina, plastronnya lebih datar dan lebih sempit.

Pos Terkait:  6 Alasan Kenapa Hinata Lebih Cocok Jadi Pasangan

Perbedaan pada Bentuk Kepala

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada bentuk kepala. Pada kura-kura jantan, kepala lebih kecil dan lebih ramping dibandingkan dengan kura-kura betina. Selain itu, pada kura-kura jantan, dahi dan hidungnya juga lebih menonjol. Sedangkan pada kura-kura betina, kepala lebih besar dan lebih bulat, serta hidungnya lebih lebar dan pipih.

Perbedaan pada Warna dan Pola

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada warna dan pola pada cangkang dan tubuh kura-kura. Pada kura-kura jantan, warnanya cenderung lebih cerah dan polanya lebih sederhana. Sedangkan pada kura-kura betina, warnanya cenderung lebih gelap dan polanya lebih rumit.

Perbedaan pada Cara Bertelur

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara bertelur kura-kura. Pada kura-kura betina, cara bertelur dilakukan dengan menggali lubang pada tanah atau pasir, kemudian menaruh telurnya di dalamnya. Sedangkan pada kura-kura jantan, tidak memiliki kemampuan untuk bertelur.

Perbedaan pada Bentuk Kuku

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada bentuk kuku. Pada kura-kura jantan, kuku depannya lebih runcing dan lebih tebal daripada kuku belakangnya. Sedangkan pada kura-kura betina, kuku depan dan belakangnya memiliki bentuk yang sama.

Perbedaan pada Saat Mencari Makan

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada saat mencari makan. Pada kura-kura jantan, memiliki kebiasaan untuk berenang dan mencari makan di air. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka mencari makan di darat dan cenderung lebih pemalu.

Perbedaan pada Ukuran Tubuh

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada ukuran tubuh kura-kura. Pada umumnya, kura-kura jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada kura-kura betina.

Perbedaan pada Bentuk Ekor

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada bentuk ekor. Pada kura-kura jantan, ekornya lebih membulat dan lebih tebal dibandingkan dengan kura-kura betina. Sedangkan pada kura-kura betina, ekornya lebih runcing dan lebih tipis.

Perbedaan pada Cara Berenang

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara berenang kura-kura. Pada kura-kura jantan, memiliki kebiasaan untuk berenang dengan cara yang lebih agresif dan cenderung lebih cepat. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka berenang dengan cara yang lebih lambat dan lebih tenang.

Perbedaan pada Bentuk Kepala dan Leher

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada bentuk kepala dan leher. Pada kura-kura jantan, kepala dan lehernya lebih panjang dan lebih ramping dibandingkan dengan kura-kura betina. Sedangkan pada kura-kura betina, kepala dan lehernya lebih pendek dan lebih tebal.

Pos Terkait:  Cara Mengetahui Tanggal Lahir Seseorang Lewat IG

Perbedaan pada Bentuk Cangkang Bagian Belakang

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada bentuk cangkang bagian belakang. Pada kura-kura jantan, cangkangnya lebih tinggi dan lebih besar dibandingkan dengan kura-kura betina. Sedangkan pada kura-kura betina, cangkangnya lebih datar dan lebih kecil.

Perbedaan pada Cara Berjalan

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara berjalan kura-kura. Pada kura-kura jantan, memiliki kebiasaan untuk berjalan dengan cara yang lebih agresif dan cenderung lebih cepat. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka berjalan dengan cara yang lebih lambat dan lebih tenang.

Perbedaan pada Cara Berinteraksi

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara berinteraksi. Pada kura-kura jantan, cenderung lebih agresif dan lebih suka berkelahi dengan sesama jantan. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka berinteraksi dengan sesama betina atau dengan kura-kura jantan yang lebih tenang.

Perbedaan pada Warna dan Pola pada Cangkang

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada warna dan pola pada cangkang. Pada kura-kura jantan, warnanya cenderung lebih cerah dan polanya lebih sederhana. Sedangkan pada kura-kura betina, warnanya cenderung lebih gelap dan polanya lebih rumit.

Perbedaan pada Cara Melindungi Diri

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara melindungi diri. Pada kura-kura jantan, cenderung lebih agresif dan lebih suka menyerang saat merasa terancam. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka bersembunyi atau melarikan diri saat merasa terancam.

Perbedaan pada Bentuk Cangkang Bagian Depan

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada bentuk cangkang bagian depan. Pada kura-kura jantan, cangkangnya lebih datar dan lebih ringan dibandingkan dengan kura-kura betina. Sedangkan pada kura-kura betina, cangkangnya lebih bulat dan lebih berat.

Perbedaan pada Cara Mencari Pasangan

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara mencari pasangan. Pada kura-kura jantan, memiliki kebiasaan untuk bersaing dengan sesama jantan untuk mendapatkan pasangan. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka menunggu pasangan datang.

Perbedaan pada Cara Makan

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara makan kura-kura. Pada kura-kura jantan, memiliki kebiasaan untuk makan dengan cara yang lebih cepat dan lebih agresif. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka makan dengan cara yang lebih lambat dan lebih tenang.

Pos Terkait:  Jelaskan Kriteria Presentasi dari Segi Konten

Perbedaan pada Bentuk Kepala dan Hidung

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada bentuk kepala dan hidung. Pada kura-kura jantan, kepala dan hidungnya lebih panjang dan lebih ramping dibandingkan dengan kura-kura betina. Sedangkan pada kura-kura betina, kepala dan hidungnya lebih pendek dan lebih lebar.

Perbedaan pada Cara Berjemur

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara berjemur kura-kura. Pada kura-kura jantan, lebih suka berjemur dengan cara yang lebih agresif dan cenderung lebih cepat. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka berjemur dengan cara yang lebih lambat dan lebih tenang.

Perbedaan pada Bentuk Kepala dan Mulut

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada bentuk kepala dan mulut. Pada kura-kura jantan, kepala dan mulutnya lebih kecil dan lebih ramping dibandingkan dengan kura-kura betina. Sedangkan pada kura-kura betina, kepala dan mulutnya lebih besar dan lebih bulat.

Perbedaan pada Cara Berlindung

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara berlindung kura-kura. Pada kura-kura jantan, cenderung lebih agresif dan lebih suka menyerang saat merasa terancam. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka bersembunyi atau melarikan diri saat merasa terancam.

Perbedaan pada Cara Bermain

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara bermain kura-kura. Pada kura-kura jantan, lebih suka bermain dengan sesama jantan dan cenderung lebih kasar. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka bermain dengan sesama betina atau dengan kura-kura jantan yang lebih tenang.

Perbedaan pada Bentuk Cangkang Bagian Samping

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada bentuk cangkang bagian samping. Pada kura-kura jantan, cangkangnya lebih datar dan lebih ringan dibandingkan dengan kura-kura betina. Sedangkan pada kura-kura betina, cangkangnya lebih bulat dan lebih berat.

Perbedaan pada Cara Menjaga Territorial

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara menjaga territorial. Pada kura-kura jantan, memiliki kebiasaan untuk menjaga territorial dan tidak suka dengan kura-kura jantan lain yang masuk ke wilayahnya. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka berbagi wilayah dengan kura-kura betina dan tidak terlalu mempermasalahkan wilayahnya.

Perbedaan pada Cara Berjemur dan Mencari Makan

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat adalah pada cara berjemur dan mencari makan. Pada kura-kura jantan, lebih suka berjemur dan mencari makan di air. Sedangkan pada kura-kura betina, lebih suka berjemur dan mencari makan di darat.

Perbedaan pada Cara Beristirahat

Perbedaan selanj

close