Caramantap

Perbedaan Waktu Indonesia dan Afrika: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

×

Perbedaan Waktu Indonesia dan Afrika: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

Share this article

Indonesia dan Afrika adalah dua benua yang berbeda, terletak di dua belahan dunia yang berbeda pula. Oleh karena itu, perbedaan waktu antara Indonesia dan Afrika pun sangatlah besar. Perbedaan waktu ini harus kamu ketahui jika kamu ingin berkunjung ke Afrika atau bekerja dengan orang-orang dari sana.

Waktu Indonesia

Waktu di Indonesia diatur oleh Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). WIB digunakan di pulau-pulau di barat Indonesia seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. WITA digunakan di Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan sebagian besar Maluku. WIT digunakan di sebagian besar wilayah Papua dan Maluku Utara.

Perbedaan waktu antara WIB, WITA, dan WIT adalah satu atau dua jam. WIB berselisih satu jam dengan WITA, dan WITA berselisih satu jam dengan WIT. Oleh karena itu, jika jam 12 siang di Jakarta (WIB), maka jam 1 siang di Bali (WITA) dan jam 2 siang di Jayapura (WIT).

Waktu Afrika

Waktu di Afrika diatur oleh beberapa zona waktu yang berbeda, mulai dari Waktu Greenwich (GMT) hingga Waktu Afrika Selatan (SAST). GMT digunakan di sebagian besar Afrika Barat, sedangkan Waktu Afrika Tengah (CAT) digunakan di sebagian besar Afrika Tengah. Waktu Afrika Timur (EAT) digunakan di sebagian besar Afrika Timur, dan Waktu Afrika Selatan (SAST) digunakan di Afrika Selatan.

Pos Terkait:  Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon MP287

Perbedaan waktu antara GMT, CAT, EAT, dan SAST adalah satu atau dua jam. GMT berselisih satu jam dengan CAT, CAT berselisih satu jam dengan EAT, dan EAT berselisih satu jam dengan SAST. Oleh karena itu, jika jam 12 siang di London (GMT), maka jam 1 siang di Lagos (CAT), jam 2 siang di Nairobi (EAT), dan jam 3 siang di Johannesburg (SAST).

Cara Menghitung Perbedaan Waktu

Untuk menghitung perbedaan waktu antara Indonesia dan Afrika, kamu perlu mengetahui zona waktu masing-masing negara. Kamu juga perlu mengetahui apakah negara tersebut menggunakan waktu musim panas atau tidak. Jika ya, maka perbedaan waktu dapat berubah tergantung pada musimnya.

Contohnya, jika kamu ingin menghitung perbedaan waktu antara Jakarta dan Cape Town pada musim panas, maka kamu perlu menambahkan satu jam pada perbedaan waktu standar. Artinya, perbedaan waktu antara Jakarta dan Cape Town pada musim panas adalah 5 jam, bukan 4 jam.

Kesimpulan

Perbedaan waktu antara Indonesia dan Afrika cukup besar, tergantung pada zona waktu masing-masing negara. Kamu perlu mengetahui perbedaan waktu ini jika kamu ingin berkunjung ke Afrika atau bekerja dengan orang-orang dari sana. Kamu juga perlu mengetahui apakah negara tersebut menggunakan waktu musim panas atau tidak, karena hal ini dapat mempengaruhi perbedaan waktu antara negara tersebut.

Pos Terkait:  Daftar Harga Set Top Box TV Digital, Update Desember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close