Caramantap

Cara Crop Foto Sesuai Bentuk yang Mudah dan Efektif

×

Cara Crop Foto Sesuai Bentuk yang Mudah dan Efektif

Share this article

Mengambil foto dengan kamera atau ponsel pintar memang menjadi salah satu aktivitas yang sangat sering dilakukan oleh banyak orang. Namun, terkadang hasil foto yang diambil tidak sesuai dengan yang diharapkan, terutama dari segi komposisi dan bentuk.

Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan crop atau memotong foto agar sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa cara crop foto sesuai bentuk yang mudah dan efektif.

1. Menentukan Bentuk Foto yang Diinginkan

Sebelum melakukan crop, pertama-tama tentukan dulu bentuk foto yang diinginkan. Apakah ingin mengubahnya menjadi potret atau landscape, atau mungkin ingin memotong foto menjadi persegi?

Menentukan bentuk foto yang diinginkan penting dilakukan agar crop yang dilakukan bisa sesuai dengan kebutuhan.

2. Menggunakan Aplikasi Editing Foto

Untuk melakukan crop, bisa menggunakan aplikasi editing foto seperti Adobe Photoshop atau aplikasi gratis seperti GIMP dan Paint.NET. Namun, bagi yang ingin melakukan crop dengan cepat dan mudah, bisa menggunakan aplikasi edit foto di ponsel pintar seperti Snapseed, VSCO, atau PicsArt.

3. Memilih Tool Crop

Setelah membuka aplikasi editing foto, pilih tool crop yang tersedia. Biasanya, tool crop berbentuk persegi panjang dan terdapat di bagian toolbar aplikasi.

Pilih tool crop dan atur ukuran crop sesuai dengan bentuk foto yang diinginkan. Atur juga rasio crop agar sesuai dengan kebutuhan, misalnya rasio 1:1 untuk crop foto menjadi persegi.

4. Menentukan Titik Fokus

Setelah mengatur ukuran crop, tentukan juga titik fokus pada foto. Titik fokus adalah bagian foto yang ingin ditekankan atau menjadi pusat perhatian.

Titik fokus bisa diatur dengan cara memindahkan kotak crop ke bagian yang diinginkan, atau dengan menekan dan menahan bagian foto yang ingin dijadikan titik fokus.

5. Melakukan Crop

Setelah semua pengaturan selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan crop. Tekan tombol crop atau simbol centang untuk memotong foto sesuai dengan pengaturan yang telah diatur sebelumnya.

Pos Terkait:  11 Rekomendasi HP Oppo RAM 8 GB, Harga Mulai dari

Setelah selesai melakukan crop, simpan foto dengan format yang diinginkan dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan.

6. Menjaga Kualitas Foto

Saat melakukan crop, pastikan tetap menjaga kualitas foto agar tidak mengalami penurunan yang signifikan. Hindari melakukan crop terlalu banyak atau memotong bagian foto yang terlalu kecil.

Usahakan juga untuk mengambil foto dengan resolusi yang cukup besar agar bisa melakukan crop dengan aman tanpa mengurangi kualitas foto.

7. Menggunakan Fitur Grid

Untuk memudahkan saat melakukan crop, bisa menggunakan fitur grid yang tersedia pada aplikasi editing foto. Fitur grid berupa garis-garis yang membantu mengatur komposisi foto sesuai dengan rasio crop yang diinginkan.

Dengan menggunakan fitur grid, crop foto dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efektif.

8. Menggunakan Teknik Rule of Thirds

Teknik rule of thirds adalah teknik mengatur komposisi foto dengan membagi foto menjadi tiga bagian secara horizontal dan vertikal. Teknik ini bisa membantu untuk memperindah tampilan foto dan membuat crop menjadi lebih efektif.

Untuk menggunakan teknik rule of thirds, letakkan titik fokus pada salah satu titik persimpangan garis pada grid. Hal ini akan membuat foto terlihat lebih seimbang dan menyenangkan untuk dilihat.

9. Memotong Foto Secara Simetris

Jika ingin memotong foto secara simetris, bisa menggunakan fitur flip atau mirror yang tersedia pada aplikasi editing foto. Dengan fitur ini, foto yang dipotong akan menjadi lebih simetris dan terlihat lebih indah.

Fitur flip dan mirror juga bisa digunakan untuk memperbaiki foto yang terbalik atau terlihat terbalik saat diupload ke media sosial.

10. Menggunakan Filter

Selain melakukan crop, bisa juga menggunakan filter untuk memperindah tampilan foto. Filter bisa digunakan untuk membuat foto terlihat lebih cerah atau memberikan efek yang unik pada foto.

Namun, saat menggunakan filter, pastikan tidak terlalu banyak menggunakan filter yang bisa membuat foto terlihat terlalu edit atau tidak natural.

11. Menggunakan Fitur Auto Crop

Jika ingin melakukan crop dengan cepat dan mudah, bisa menggunakan fitur auto crop yang tersedia pada beberapa aplikasi editing foto. Fitur ini akan secara otomatis memotong foto menjadi bentuk yang sesuai dengan rasio crop yang diinginkan.

Namun, saat menggunakan fitur auto crop, pastikan tetap menjaga kualitas foto dan tidak membuat bagian penting dari foto terpotong.

12. Mencoba Berbagai Rasio Crop

Untuk mendapatkan hasil crop yang sesuai dengan kebutuhan, cobalah mencoba berbagai rasio crop yang tersedia. Misalnya rasio 16:9 untuk crop foto menjadi landscape, atau rasio 4:3 untuk crop foto menjadi potret.

Dengan mencoba berbagai rasio crop, dapat ditemukan bentuk foto yang paling cocok dengan kebutuhan.

Pos Terkait:  Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati Sendiri

13. Menggunakan Aplikasi Online

Selain menggunakan aplikasi editing foto di ponsel pintar atau komputer, bisa juga menggunakan aplikasi online seperti Canva atau Fotor. Aplikasi online ini memungkinkan untuk melakukan crop dan edit foto dengan mudah dan tanpa perlu menginstal aplikasi di perangkat.

Namun, pastikan untuk menggunakan aplikasi online yang terpercaya dan aman agar tidak mengalami kerugian atau pencurian data.

14. Menggunakan Fitur Clone

Jika terdapat bagian foto yang ingin dihapus atau dibuang saat melakukan crop, bisa menggunakan fitur clone atau stamp yang tersedia pada aplikasi editing foto. Fitur ini akan mengisi bagian yang kosong dengan bagian lain dari foto yang mirip.

Fitur clone bisa digunakan untuk memperbaiki kesalahan saat mengambil foto atau menghilangkan objek yang tidak diinginkan pada foto.

15. Mengambil Foto dengan Komposisi yang Baik

Agar tidak perlu melakukan crop yang terlalu banyak, pastikan untuk mengambil foto dengan komposisi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan posisi objek pada foto, background, dan pencahayaan yang digunakan.

Dengan mengambil foto dengan komposisi yang baik, dapat mengurangi waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan crop.

16. Menggunakan Fitur Rotate

Jika ingin memutar foto setelah melakukan crop, bisa menggunakan fitur rotate atau putar yang tersedia pada aplikasi editing foto. Fitur ini akan memutar foto sesuai dengan arah yang diinginkan.

Fitur rotate bisa digunakan untuk memperbaiki foto yang terlihat terbalik atau untuk membuat foto terlihat lebih dinamis.

17. Memotong Foto dengan Tepat

Saat melakukan crop, pastikan memotong foto dengan tepat agar tidak ada bagian penting dari foto yang terpotong. Hindari juga memotong bagian yang terlalu kecil atau tidak terlihat jelas.

Usahakan juga untuk memotong foto dengan tepat pada bagian yang diinginkan agar tidak perlu melakukan crop yang berulang-ulang.

18. Menjaga Keseimbangan Foto

Saat melakukan crop, pastikan tetap menjaga keseimbangan foto agar tidak terlihat terlalu penuh atau kosong di salah satu sisi. Hindari juga memotong bagian objek yang terlalu penting pada foto.

Usahakan untuk menjaga keseimbangan antara objek pada foto dan background yang digunakan.

19. Menambahkan Frame atau Bingkai pada Foto

Jika ingin menambahkan sentuhan kreatif pada foto, bisa menambahkan frame atau bingkai pada foto yang telah dicrop. Bingkai bisa membuat foto terlihat lebih menarik dan unik.

Namun, pastikan bingkai yang digunakan sesuai dengan tema foto dan tidak mengurangi fokus pada objek utama pada foto.

20. Memperbaiki Kualitas Foto

Jika hasil crop foto terlihat kurang baik atau terlihat kabur, bisa memperbaiki kualitas foto dengan menggunakan fitur sharpen atau penajaman pada aplikasi editing foto. Fitur ini akan meningkatkan ketajaman dan detail pada foto yang telah dicrop.

21. Menggunakan Fitur Brightness dan Contrast

Jika hasil crop terlihat terlalu gelap atau terang, bisa menggunakan fitur brightness dan contrast pada aplikasi editing foto. Fitur ini akan membantu untuk mengatur pencahayaan pada foto agar terlihat lebih seimbang.

Pos Terkait:  Cara Membuat Logo Online Gratis yang Wajib Dicoba

Usahakan untuk tidak menggunakan fitur brightness dan contrast terlalu banyak agar tidak membuat foto terlihat terlalu edit.

22. Menggunakan Teknik Selective Crop

Teknik selective crop adalah teknik crop yang hanya memotong bagian foto yang tidak diperlukan atau terlalu banyak. Teknik ini bisa digunakan untuk memperbaiki komposisi foto tanpa mengurangi objek utama pada foto.

Untuk menggunakan teknik selective crop, atur crop sesuai dengan bagian foto yang ingin dihilangkan atau dikecilkan.

23. Memperbaiki Warna pada Foto

Jika hasil crop terlihat kurang indah karena warna yang tidak sesuai, bisa memperbaiki warna pada foto dengan menggunakan fitur hue atau saturasi pada aplikasi editing foto. Fitur ini akan meningkatkan atau mengurangi kecerahan dan intensitas warna pada foto.

Usahakan untuk tidak menggunakan fitur hue dan saturasi terlalu banyak agar tidak membuat foto terlihat tidak natural.

24. Menggunakan Fitur Blur

Jika ingin menekankan pada objek utama pada foto, bisa menggunakan fitur blur pada bagian background atau bagian lain yang tidak penting pada foto. Fitur blur akan membuat background terlihat lebih blur atau kabur dan membuat objek utama pada foto terlihat lebih jelas.

25. Menggunakan Fitur Crop to Fit

Jika ingin memotong foto agar sesuai dengan ukuran layar ponsel atau komputer, bisa menggunakan fitur crop to fit yang tersedia pada aplikasi editing foto. Fitur ini akan memotong foto secara otomatis agar sesuai dengan ukuran layar yang diinginkan.

Namun, pastikan tetap menjaga kualitas foto dan tidak memotong bagian penting dari foto.

26. Menggunakan Fitur Levels

Jika hasil crop terlihat kurang tajam atau detail, bisa menggunakan fitur levels pada aplikasi editing foto. Fitur ini akan meningkatkan ketajaman dan detail pada foto yang telah dicrop.

Usahakan untuk tidak menggunakan fitur levels terlalu banyak agar tidak membuat foto terlihat terlalu edit.

27. Menggunakan Fitur Saturation

Jika ingin memperbaiki warna pada foto yang telah dicrop, bisa menggunakan fitur saturation pada aplikasi editing foto. Fitur ini akan meningkatkan atau mengurangi kecerahan dan intensitas warna pada foto.

Usahakan untuk tidak menggunakan fitur saturation terlalu banyak agar tidak membuat foto terlihat tidak natural.

28. Menggunakan Fitur Exposure

Jika hasil crop terlihat terlalu gelap atau terang, bisa menggunakan fitur exposure pada aplikasi editing foto. Fitur ini akan membantu untuk mengatur pencahayaan pada foto agar terlihat lebih seimbang.

Usahakan untuk tidak menggunakan fitur exposure terlalu banyak agar tidak membuat foto terlihat terlalu edit.

29. Menggunakan Teknik Focus Stacking

Teknik focus stacking adalah teknik menggabung

close