Cara Edit Resolusi Video di Android

Posted on

Apakah kamu pernah merekam video namun resolusinya terlalu rendah atau tidak sesuai dengan keinginanmu? Jangan khawatir karena kamu dapat mengubah resolusi video di Android. Dalam artikel ini, akan dibahas cara edit resolusi video di Android secara lengkap dan mudah dipahami.

1. Gunakan Aplikasi Editor Video

Salah satu cara edit resolusi video di Android adalah dengan menggunakan aplikasi editor video. Ada banyak aplikasi editor video gratis yang dapat kamu unduh di Google Play Store, seperti Kinemaster, Adobe Premiere Clip, dan lain-lain. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi editor video pilihanmu, kamu dapat mulai mengedit resolusi video.

2. Buka Aplikasi Editor Video

Setelah menginstal aplikasi editor video, buka aplikasi tersebut pada perangkat Androidmu. Pada tampilan awal aplikasi, kamu akan melihat beberapa opsi pengeditan video seperti trim, potong, tambahkan musik, dan lain-lain. Cari opsi edit resolusi video pada aplikasi tersebut.

3. Pilih Video yang akan di-Edit

Pada opsi edit resolusi video, kamu akan diminta untuk memilih video yang ingin kamu edit. Klik pada video yang ingin kamu edit dan tunggu hingga video tersebut dimuat pada aplikasi editor video.

4. Ubah Resolusi Video

Setelah video dimuat pada aplikasi editor video, kamu dapat mengubah resolusi video dengan mudah. Pada opsi edit resolusi video, kamu akan melihat beberapa opsi resolusi yang dapat kamu pilih, seperti 240p, 360p, 480p, 720p, dan lain-lain. Pilih resolusi video yang diinginkan.

Pos Terkait:  Cara Membuat Rambut Ombre Gambar

5. Simpan Video yang Sudah Diedit

Setelah mengubah resolusi video, pastikan kamu menyimpan video yang sudah kamu edit dengan benar. Pilih opsi simpan pada aplikasi editor video dan tunggu hingga proses penyimpanan selesai.

6. Menggunakan Aplikasi Konversi Video

Selain menggunakan aplikasi editor video, kamu juga dapat mengubah resolusi video di Android dengan menggunakan aplikasi konversi video. Aplikasi konversi video dapat mengubah resolusi video dengan cepat dan mudah. Ada banyak aplikasi konversi video yang dapat kamu unduh di Google Play Store, seperti Video Converter, Video Compressor, dan lain-lain.

7. Buka Aplikasi Konversi Video

Setelah menginstal aplikasi konversi video, buka aplikasi tersebut pada perangkat Androidmu. Pada tampilan awal aplikasi, kamu akan melihat beberapa opsi konversi video seperti ubah ke MP4, ubah ke AVI, ubah ke MKV, dan lain-lain. Cari opsi konversi resolusi video pada aplikasi tersebut.

8. Pilih Video yang akan di-Konversi

Pada opsi konversi resolusi video, kamu akan diminta untuk memilih video yang ingin kamu konversi. Klik pada video yang ingin kamu konversi dan tunggu hingga video tersebut dimuat pada aplikasi konversi video.

9. Ubah Resolusi Video

Setelah video dimuat pada aplikasi konversi video, kamu dapat mengubah resolusi video dengan mudah. Pada opsi konversi resolusi video, kamu akan melihat beberapa opsi resolusi yang dapat kamu pilih, seperti 240p, 360p, 480p, 720p, dan lain-lain. Pilih resolusi video yang diinginkan.

10. Simpan Video yang Sudah Dikonversi

Setelah mengubah resolusi video, pastikan kamu menyimpan video yang sudah kamu konversi dengan benar. Pilih opsi simpan pada aplikasi konversi video dan tunggu hingga proses penyimpanan selesai.

11. Gunakan Aplikasi Pemotong Video

Salah satu cara edit resolusi video di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pemotong video. Aplikasi pemotong video dapat memotong video dan mengubah resolusi video secara bersamaan. Ada banyak aplikasi pemotong video gratis yang dapat kamu unduh di Google Play Store, seperti VidTrim, AndroVid, dan lain-lain.

12. Buka Aplikasi Pemotong Video

Setelah menginstal aplikasi pemotong video, buka aplikasi tersebut pada perangkat Androidmu. Pada tampilan awal aplikasi, kamu akan melihat beberapa opsi pemotongan video seperti potong, tambahkan musik, ubah resolusi, dan lain-lain. Cari opsi ubah resolusi video pada aplikasi tersebut.

13. Pilih Video yang akan di-Edit

Pada opsi ubah resolusi video, kamu akan diminta untuk memilih video yang ingin kamu edit. Klik pada video yang ingin kamu edit dan tunggu hingga video tersebut dimuat pada aplikasi pemotong video.

Pos Terkait:  Cara Mencari FB yang Sudah Dihapus

14. Ubah Resolusi Video

Setelah video dimuat pada aplikasi pemotong video, kamu dapat mengubah resolusi video dengan mudah. Pada opsi ubah resolusi video, kamu akan melihat beberapa opsi resolusi yang dapat kamu pilih, seperti 240p, 360p, 480p, 720p, dan lain-lain. Pilih resolusi video yang diinginkan.

15. Simpan Video yang Sudah Diedit

Setelah mengubah resolusi video, pastikan kamu menyimpan video yang sudah kamu edit dengan benar. Pilih opsi simpan pada aplikasi pemotong video dan tunggu hingga proses penyimpanan selesai.

16. Gunakan Aplikasi Perekam Video

Salah satu cara edit resolusi video di Android adalah dengan menggunakan aplikasi perekam video. Aplikasi perekam video dapat merekam video dengan resolusi tinggi dan kemudian mengeditnya. Ada banyak aplikasi perekam video gratis yang dapat kamu unduh di Google Play Store, seperti Open Camera, AZ Screen Recorder, dan lain-lain.

17. Buka Aplikasi Perekam Video

Setelah menginstal aplikasi perekam video, buka aplikasi tersebut pada perangkat Androidmu. Pada tampilan awal aplikasi, kamu akan melihat beberapa opsi pengaturan perekaman video seperti resolusi, kualitas, durasi, dan lain-lain. Cari opsi resolusi video pada aplikasi tersebut.

18. Ubah Resolusi Video

Setelah menemukan opsi resolusi video pada aplikasi perekam video, kamu dapat mengubah resolusi video dengan mudah. Pilih opsi resolusi video yang diinginkan sebelum kamu mulai merekam video.

19. Rekam Video dengan Resolusi Tinggi

Setelah mengubah resolusi video pada aplikasi perekam video, kamu dapat mulai merekam video dengan resolusi tinggi. Pastikan kamu merekam video dengan stabil dan fokus agar hasilnya lebih baik.

20. Buka Aplikasi Editor Video

Setelah merekam video dengan resolusi tinggi, buka aplikasi editor video pada perangkat Androidmu. Pilih opsi edit video dan pilih video yang ingin kamu edit.

21. Ubah Resolusi Video

Setelah video dimuat pada aplikasi editor video, kamu dapat mengubah resolusi video dengan mudah. Pada opsi edit resolusi video, kamu akan melihat beberapa opsi resolusi yang dapat kamu pilih, seperti 240p, 360p, 480p, 720p, dan lain-lain. Pilih resolusi video yang diinginkan.

22. Simpan Video yang Sudah Diedit

Setelah mengubah resolusi video, pastikan kamu menyimpan video yang sudah kamu edit dengan benar. Pilih opsi simpan pada aplikasi editor video dan tunggu hingga proses penyimpanan selesai.

Pos Terkait:  Jelaskan Langkah-Langkah Mensetting Data Awal Perusahaan

23. Memperbaiki Video dengan Resolusi Rendah

Jika kamu memiliki video dengan resolusi rendah, kamu dapat memperbaikinya dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti Video Enhancer. Video Enhancer dapat memperbaiki kualitas video dan meningkatkan resolusi video. Unduh aplikasi Video Enhancer di Google Play Store dan gunakan aplikasi tersebut untuk memperbaiki video dengan resolusi rendah.

24. Buka Aplikasi Video Enhancer

Setelah menginstal aplikasi Video Enhancer, buka aplikasi tersebut pada perangkat Androidmu. Pada tampilan awal aplikasi, kamu akan melihat beberapa opsi pengaturan pemulihan video seperti noise reduction, sharpening, dan lain-lain. Cari opsi resolusi video pada aplikasi tersebut.

25. Pilih Video yang akan Dipulihkan

Pada opsi pemulihan video, kamu akan diminta untuk memilih video yang ingin kamu pulihkan. Klik pada video yang ingin kamu pulihkan dan tunggu hingga video tersebut dimuat pada aplikasi Video Enhancer.

26. Pulihkan Resolusi Video

Setelah video dimuat pada aplikasi Video Enhancer, kamu dapat memulihkan resolusi video dengan mudah. Pilih opsi pemulihan resolusi video dan tunggu hingga proses pemulihan selesai.

27. Simpan Video yang Sudah Dipulihkan

Setelah memperbaiki resolusi video, pastikan kamu menyimpan video yang sudah kamu edit dengan benar. Pilih opsi simpan pada aplikasi Video Enhancer dan tunggu hingga proses penyimpanan selesai.

28. Gunakan Fitur Resolusi Otomatis

Beberapa perangkat Android memiliki fitur resolusi otomatis yang dapat menyesuaikan resolusi video dengan kondisi cahaya. Fitur ini dapat membantu menghasilkan video dengan kualitas yang lebih baik. Pastikan kamu mengaktifkan fitur resolusi otomatis pada pengaturan kamera Androidmu.

29. Cek Resolusi Video Sebelum Merekam

Sebelum kamu merekam video dengan perangkat Androidmu, pastikan kamu mengecek resolusi video pada pengaturan kamera. Pilih resolusi video yang sesuai dengan kebutuhanmu dan pastikan resolusi tersebut dapat diubah jika diperlukan.

30. Kesimpulan

Itulah cara edit resolusi video di Android yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengubah resolusi video di Android, seperti menggunakan aplikasi editor video, aplikasi konversi video, aplikasi pemotong video, aplikasi perekam video, atau aplikasi tambahan seperti Video Enhancer. Pastikan kamu memilih cara yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu dan selalu cek resolusi video sebelum kamu merekam video dengan perangkat Androidmu.