Caramantap

Cara Cek RAM iPhone dengan Mudah dan Cepat

×

Cara Cek RAM iPhone dengan Mudah dan Cepat

Share this article

Apakah kamu merasa iPhonemu semakin lambat? Bisa jadi karena RAM-nya penuh. Nah, untuk mengetahui jumlah RAM yang digunakan, kamu bisa melakukan cek RAM iPhone dengan mudah dan cepat. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Pengaturan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi pengaturan di iPhonemu. Kamu bisa menemukannya di layar utama atau di folder aplikasi.

2. Pilih Menu Umum

Setelah masuk ke aplikasi pengaturan, pilih menu umum yang terdapat di bagian atas halaman. Pada menu ini, kamu akan menemukan berbagai pengaturan dasar untuk iPhonemu.

3. Pilih Info

Setelah masuk ke menu umum, gulir ke bawah sampai kamu menemukan opsi Info. Setelah menemukannya, klik opsi tersebut untuk melanjutkan proses cek RAM iPhone.

4. Cari Kapasitas RAM

Setelah masuk ke halaman Info, kamu akan menemukan berbagai informasi tentang iPhonemu, seperti kapasitas penyimpanan, versi sistem operasi, dan lain sebagainya. Namun, yang perlu kamu cari adalah kapasitas RAM yang digunakan oleh iPhonemu.

5. Periksa Kapasitas RAM

Untuk mengetahui kapasitas RAM yang digunakan oleh iPhonemu, cari bagian yang bertuliskan “Kapasitas. Di bawahnya, kamu akan menemukan kapasitas RAM yang digunakan oleh iPhonemu. Misalnya, jika tertulis “Kapasitas 3 GB”, itu artinya iPhonemu menggunakan RAM sebesar 3 GB.

Pos Terkait:  Cara Transfer Brimo ke Dana

6. Cek Aplikasi Apa Saja yang Menggunakan RAM Banyak

Jika kamu ingin mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan RAM banyak, kamu bisa menggunakan fitur bawaan iPhone yang bernama Monitor Aktivitas. Fitur ini akan menampilkan daftar aplikasi yang sedang berjalan dan jumlah RAM yang digunakan oleh masing-masing aplikasi.

7. Buka Monitor Aktivitas

Untuk membuka Monitor Aktivitas, buka aplikasi Pengaturan dan pilih opsi Baterai. Setelah itu, gulir ke bawah sampai kamu menemukan opsi Monitor Aktivitas. Klik opsi tersebut untuk membuka halaman Monitor Aktivitas.

8. Lihat Daftar Aplikasi

Setelah masuk ke halaman Monitor Aktivitas, kamu akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di iPhonemu. Aplikasi yang sedang aktif akan ditandai dengan warna hijau, sedangkan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang akan ditandai dengan warna abu-abu.

9. Lihat Penggunaan RAM

Untuk mengetahui penggunaan RAM setiap aplikasi, klik aplikasi yang ingin kamu periksa. Setelah itu, kamu akan melihat penggunaan RAM yang digunakan oleh aplikasi tersebut.

10. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Setelah mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan RAM banyak, kamu bisa menutup aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat penggunaan RAM. Caranya cukup dengan menggeser aplikasi ke atas untuk menutupnya.

11. Gunakan Aplikasi yang Banyak Menggunakan RAM di Waktu yang Tepat

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi yang banyak menggunakan RAM, cobalah untuk menggunakan aplikasi tersebut di waktu yang tepat. Misalnya, jika kamu ingin menggunakan aplikasi game yang mengonsumsi banyak RAM, sebaiknya gunakan aplikasi tersebut saat iPhonemu dalam kondisi baterai penuh dan terhubung ke Wi-Fi.

12. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika kamu memiliki banyak aplikasi yang tidak digunakan, sebaiknya hapus aplikasi tersebut untuk menghemat penggunaan RAM. Caranya cukup dengan menekan dan tahan aplikasi yang ingin dihapus, kemudian pilih opsi Hapus Aplikasi.

13. Matikan Fungsi yang Tidak Diperlukan

Jika kamu ingin menghemat penggunaan RAM, kamu bisa mematikan beberapa fungsi yang tidak diperlukan, seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS. Caranya cukup dengan masuk ke aplikasi Pengaturan dan pilih opsi Wi-Fi, Bluetooth, atau GPS untuk mematikannya.

Pos Terkait:  Cara Melihat Story FB Teman yang Sudah Hilang

14. Gunakan Mode Hemat Daya

Jika kamu ingin menghemat penggunaan RAM dan baterai, kamu bisa menggunakan mode hemat daya. Mode ini akan membatasi beberapa fungsi iPhonemu untuk menghemat penggunaan RAM dan baterai. Caranya cukup dengan masuk ke aplikasi Pengaturan dan pilih opsi Baterai, kemudian aktifkan Mode Hemat Daya.

15. Hapus File yang Tidak Diperlukan

Jika kamu memiliki banyak file yang tidak diperlukan, sebaiknya hapus file tersebut untuk menghemat penggunaan RAM dan penyimpanan. Caranya cukup dengan masuk ke aplikasi File dan pilih file yang ingin dihapus, kemudian pilih opsi Hapus.

16. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Jika kamu ingin membersihkan RAM secara otomatis, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih RAM. Aplikasi ini akan membersihkan file cache dan file sementara yang tidak diperlukan untuk menghemat penggunaan RAM.

17. Gunakan Aplikasi Optimasi RAM

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM, kamu bisa menggunakan aplikasi optimasi RAM. Aplikasi ini akan membantu kamu mengoptimalkan penggunaan RAM dengan menghapus file cache, file sementara, dan file yang tidak diperlukan.

18. Gunakan Aplikasi Antivirus

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM dan melindungi iPhonemu dari serangan virus, kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus. Aplikasi ini akan membantu kamu menghapus virus dan malware yang dapat mempengaruhi penggunaan RAM dan kinerja iPhonemu.

19. Perbarui Sistem Operasi

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM dan kinerja iPhonemu, sebaiknya perbarui sistem operasi secara berkala. Pembaruan sistem operasi akan membantu memperbaiki bug dan masalah yang dapat mempengaruhi penggunaan RAM dan kinerja iPhonemu.

20. Gunakan Aplikasi yang Terpercaya

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM dan melindungi iPhonemu dari serangan virus, sebaiknya gunakan aplikasi yang terpercaya. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas, karena aplikasi tersebut dapat mengandung virus dan malware yang dapat mempengaruhi penggunaan RAM dan kinerja iPhonemu.

21. Jangan Menggunakan Wallpaper Bergerak

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM, sebaiknya hindari menggunakan wallpaper bergerak. Wallpaper bergerak dapat mengonsumsi banyak RAM dan mempengaruhi kinerja iPhonemu.

Pos Terkait:  Perbedaan Angsa Jantan dan Betina: Fakta Menarik yang Harus Kamu Ketahui

22. Jangan Menggunakan Banyak Widget

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM, sebaiknya hindari menggunakan banyak widget. Widget dapat mengonsumsi banyak RAM dan mempengaruhi kinerja iPhonemu.

23. Jangan Menyimpan Terlalu Banyak Foto dan Video

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM dan penyimpanan, sebaiknya hindari menyimpan terlalu banyak foto dan video. Foto dan video dapat mengonsumsi banyak RAM dan penyimpanan, sehingga mempengaruhi kinerja iPhonemu.

24. Jangan Menyetel Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM dan baterai, sebaiknya jangan menyetel kecerahan layar terlalu tinggi. Kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi penggunaan RAM dan baterai iPhonemu.

25. Jangan Menggunakan Efek Transisi yang Berlebihan

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM, sebaiknya hindari menggunakan efek transisi yang berlebihan. Efek transisi yang berlebihan dapat mengonsumsi banyak RAM dan mempengaruhi kinerja iPhonemu.

26. Jangan Menyetel Efek Suara Terlalu Tinggi

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM dan baterai, sebaiknya jangan menyetel efek suara terlalu tinggi. Efek suara yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi penggunaan RAM dan baterai iPhonemu.

27. Gunakan iPhone dengan Bijak

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM dan kinerja iPhonemu, gunakan iPhone dengan bijak. Hindari menggunakan iPhone terlalu lama atau terlalu sering, karena hal tersebut dapat mempengaruhi penggunaan RAM dan kinerja iPhonemu.

28. Bersihkan iPhone Secara Berkala

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM dan kinerja iPhonemu, sebaiknya bersihkan iPhone secara berkala. Bersihkan layar, bagian dalam, dan bagian luar iPhonemu secara berkala untuk menjaga kinerjanya.

29. Jangan Menggunakan Case yang Terlalu Tebal

Jika kamu ingin mengoptimalkan penggunaan RAM dan baterai, sebaiknya jangan menggunakan case yang terlalu tebal. Case yang terlalu tebal dapat mempengaruhi sirkulasi udara dan penggunaan RAM dan baterai iPhonemu.

30. Kesimpulan

Cek RAM iPhone merupakan salah satu cara untuk mengetahui penggunaan RAM pada iPhonemu. Dengan mengetahui penggunaan RAM, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan RAM dan kinerja iPhonemu. Selain itu, kamu juga dapat menghemat baterai dan penyimpanan iPhonemu dengan mengikuti tips-tips di atas.

close