Caramantap

Cara Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

×

Cara Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Share this article

Apakah kamu pernah mengalami kinerja smartphone yang lambat atau cepat habis baterainya? Salah satu penyebabnya adalah karena ada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah aplikasi yang masih aktif meskipun kamu tidak menggunakannya. Pada artikel ini, kami akan memberikan cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang di perangkat Android.

Cara Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang di Perangkat Android

1. Gunakan Tombol Recent Apps

Tombol recent apps adalah tombol persegi panjang yang biasanya terletak di sebelah kanan atau kiri tombol home. Ketika kamu menekan tombol ini, kamu akan melihat semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Untuk menghentikan aplikasi, cukup swipe aplikasi tersebut ke kiri atau kanan.

2. Gunakan Pengaturan Aplikasi

Jika kamu ingin menghentikan aplikasi secara permanen, kamu bisa mengGunakan Pengaturan Aplikasi. Caranya adalah:

– Buka Pengaturan

– Pilih Aplikasi dan Notifikasi

– Pilih Aplikasi yang Ingin Kamu Hentikan

Pos Terkait:  Makalah Perbedaan dan Kesetaraan Antar Kelompok dalam Kehidupan Publik

– Tekan Force Stop

Setelah kamu menekan force stop, aplikasi tersebut akan berhenti dan tidak akan berjalan di latar belakang lagi.

Penyebab Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Ada beberapa penyebab mengapa aplikasi bisa berjalan di latar belakang:

1. Pengaturan Aplikasi

Beberapa aplikasi memerlukan izin untuk berjalan di latar belakang. Contohnya adalah aplikasi musik atau podcast. Kamu bisa mengubah pengaturan aplikasi tersebut untuk menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang.

2. Notifikasi

Beberapa aplikasi mengirimkan notifikasi meskipun kamu tidak sedang menggunakannya. Notifikasi ini bisa memicu aplikasi untuk tetap berjalan di latar belakang.

3. Aplikasi Bawaan

Banyak perangkat Android dilengkapi dengan Aplikasi Bawaan yang tidak bisa dihapus. Beberapa aplikasi bawaan ini bisa berjalan di latar belakang dan mempengaruhi kinerja perangkat.

Cara Mengoptimalkan Kinerja Perangkat Android

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Aplikasi yang tidak dibutuhkan bisa mempengaruhi kinerja perangkat Android kamu. Hapus aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan atau yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

2. Bersihkan Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi bisa memakan ruang penyimpanan dan mempengaruhi kinerja perangkat. Bersihkan cache dan data aplikasi secara berkala.

Pos Terkait:  Dianggap Punah, Macan Kumbang Sri Lanka Muncul Lagi

3. Perbarui Perangkat dan Aplikasi

Perbarui Perangkat dan Aplikasi secara rutin untuk mendapatkan fitur baru dan perbaikan bug. Perbarui juga perangkat ke versi terbaru untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik.

Kesimpulan

Menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja perangkat Android kamu. Gunakan tombol recent apps atau pengaturan aplikasi untuk menghentikan aplikasi secara sementara atau permanen. Selain itu, kamu juga bisa mengoptimalkan kinerja perangkat dengan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan, membersihkan cache dan data aplikasi, serta memperbarui perangkat dan aplikasi secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close