Cara Membersihkan RAM HP Oppo

Posted on

RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu komponen penting dalam ponsel Oppo. RAM berfungsi untuk menyimpan sementara data dan aplikasi yang sedang digunakan. Namun, RAM juga bisa menjadi penyebab ponsel Oppo menjadi lambat jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membersihkan RAM HP Oppo secara berkala agar kinerjanya tetap optimal.

1. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan tetap berjalan di latar belakang dan memakan RAM. Oleh karena itu, matikan aplikasi yang tidak digunakan agar RAM HP Oppo tidak terbebani.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Aplikasi yang tidak diperlukan juga memakan RAM. Oleh karena itu, hapus aplikasi yang tidak diperlukan agar RAM HP Oppo lebih lega dan kinerja ponsel tetap optimal.

Pos Terkait:  Cara Membingkai Poster Gambar

3. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Terdapat banyak aplikasi pembersih RAM yang bisa kamu unduh di Google Play Store. Aplikasi pembersih RAM akan membersihkan sampah dan cache yang ada di RAM HP Oppo secara otomatis.

4. Restart HP Oppo

Restart HP Oppo secara berkala juga bisa membantu membersihkan RAM. Saat HP Oppo direstart, semua aplikasi dan proses yang berjalan akan dihentikan dan RAM akan menjadi lebih lega.

5. Gunakan Fitur Bawaan HP Oppo

Beberapa HP Oppo memiliki fitur pembersih RAM bawaan. Kamu bisa menggunakan fitur tersebut untuk membersihkan RAM HP Oppo secara mudah dan cepat.

6. Gunakan Aplikasi Antivirus

Virus dan malware juga bisa menjadi penyebab HP Oppo menjadi lambat. Oleh karena itu, gunakan aplikasi antivirus untuk membersihkan virus dan malware yang ada di HP Oppo.

7. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Widget

Widget memang sangat berguna, namun terlalu banyak widget juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, gunakan widget yang benar-benar dibutuhkan saja.

8. Gunakan Aplikasi yang Ringan

Aplikasi yang berat akan memakan RAM lebih banyak. Oleh karena itu, gunakan aplikasi yang ringan agar RAM HP Oppo tetap lega.

9. Hapus File Sampah

File sampah seperti cache, file unduhan, dan file yang tidak diperlukan lainnya juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, hapus file sampah secara berkala agar RAM HP Oppo tetap lega.

10. Gunakan Kartu Memori

Gunakan kartu memori untuk menyimpan foto, video, dan file-file lainnya. Dengan begitu, RAM HP Oppo tidak akan terbebani oleh file-file yang disimpan di memori internal.

11. Matikan Animasi

Animasi memang membuat tampilan HP Oppo menjadi lebih menarik, namun juga memakan RAM. Oleh karena itu, matikan animasi agar RAM HP Oppo tetap lega.

12. Jangan Terlalu Banyak Buka Tab di Browser

Terlalu banyak tab di browser juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, tutup tab yang tidak diperlukan agar RAM HP Oppo tidak terbebani.

13. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Aplikasi Sosial Media

Aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter memakan RAM lebih banyak. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi sosial media agar RAM HP Oppo tetap lega.

Pos Terkait:  Berantem Sambil Keluarkan Jurus Aneh, Pria Ini Jadi

14. Hapus Riwayat Browser

Riwayat browser juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, hapus riwayat browser secara berkala agar RAM HP Oppo tetap lega.

15. Matikan Fitur Bluetooth, GPS, dan NFC

Fitur Bluetooth, GPS, dan NFC juga memakan RAM. Oleh karena itu, matikan fitur-fitur tersebut jika tidak digunakan agar RAM HP Oppo tetap lega.

16. Gunakan Aplikasi Keyboard Ringan

Aplikasi keyboard yang berat juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, gunakan aplikasi keyboard yang ringan agar RAM HP Oppo tetap lega.

17. Hapus Aplikasi yang Terlalu Banyak Permission

Aplikasi yang terlalu banyak permission juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, hapus aplikasi yang terlalu banyak permission agar RAM HP Oppo tetap lega.

18. Gunakan Aplikasi yang Sudah Terbukti Aman

Aplikasi yang tidak aman bisa saja memakan RAM lebih banyak. Oleh karena itu, gunakan aplikasi yang sudah terbukti aman agar RAM HP Oppo tetap lega.

19. Hapus Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

Aplikasi yang tidak terlalu penting juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, hapus aplikasi yang tidak terlalu penting agar RAM HP Oppo tetap lega.

20. Jangan Terlalu Banyak Memasang Tema

Tema yang terlalu banyak juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, gunakan tema yang benar-benar dibutuhkan saja agar RAM HP Oppo tetap lega.

21. Hapus Chat yang Tidak Diperlukan

Chat yang tidak diperlukan juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, hapus chat yang tidak diperlukan secara berkala agar RAM HP Oppo tetap lega.

22. Gunakan Aplikasi yang Sudah Dibersihkan dari Sampah

Aplikasi yang sudah dibersihkan dari sampah juga bisa membuat RAM HP Oppo tetap lega. Oleh karena itu, gunakan aplikasi yang sudah dibersihkan dari sampah.

23. Hapus Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Aplikasi yang sudah tidak digunakan juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan agar RAM HP Oppo tetap lega.

Pos Terkait:  9 HP Vivo dengan Layar Super AMOLED, Mulai Rp 2 Jutaan

24. Gunakan Aplikasi yang Sudah Diperbarui

Aplikasi yang sudah diperbarui juga bisa membuat RAM HP Oppo tetap lega. Oleh karena itu, gunakan aplikasi yang sudah diperbarui.

25. Matikan Notifikasi yang Tidak Diperlukan

Notifikasi yang tidak diperlukan juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, matikan notifikasi yang tidak diperlukan agar RAM HP Oppo tetap lega.

26. Gunakan Konektivitas Internet yang Cepat

Konektivitas internet yang lambat bisa memakan RAM. Oleh karena itu, gunakan konektivitas internet yang cepat agar RAM HP Oppo tetap lega.

27. Gunakan Aplikasi yang Tidak Menggunakan Internet Secara Terus Menerus

Aplikasi yang menggunakan internet secara terus menerus juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, gunakan aplikasi yang tidak menggunakan internet secara terus menerus agar RAM HP Oppo tetap lega.

28. Hapus File yang Tidak Diperlukan

File yang tidak diperlukan juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, hapus file yang tidak diperlukan secara berkala agar RAM HP Oppo tetap lega.

29. Gunakan Aplikasi yang Tidak Menggunakan Banyak Fitur

Aplikasi yang menggunakan banyak fitur juga bisa memakan RAM. Oleh karena itu, gunakan aplikasi yang tidak menggunakan banyak fitur agar RAM HP Oppo tetap lega.

30. Gunakan Aplikasi yang Sudah Dites Terlebih Dahulu

Aplikasi yang belum diuji bisa saja memakan RAM lebih banyak. Oleh karena itu, gunakan aplikasi yang sudah diuji terlebih dahulu agar RAM HP Oppo tetap lega.

Nah, itu tadi beberapa cara membersihkan RAM HP Oppo agar kinerjanya tetap optimal. Kamu bisa memilih cara yang paling mudah dan cocok untukmu. Dengan RAM yang bersih, ponsel Oppo kamu akan bekerja lebih optimal dan tidak mudah lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *