Caramantap

Cara Print Lewat Android via USB

×

Cara Print Lewat Android via USB

Share this article

Print merupakan salah satu cara untuk mencetak dokumen atau gambar secara fisik. Namun, tidak semua orang memiliki printer yang dapat terhubung dengan mudah ke smartphone. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan membahas bagaimana cara print lewat android via USB.

1. Siapkan Printer dan Kabel USB

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa printer dan kabel USB tersedia. Pastikan juga bahwa printer sudah terhubung dengan kabel listrik dan dalam kondisi siap digunakan. Selanjutnya, hubungkan kabel USB ke printer dan smartphone android yang ingin diprint.

2. Aktifkan Mode Developer

Untuk mengaktifkan koneksi USB antara smartphone dan printer, perlu mengaktifkan mode developer pada smartphone. Cara mengaktifkannya adalah dengan membuka menu pengaturan, pilih tentang telepon, dan ketuk nomor build beberapa kali hingga muncul notifikasi bahwa mode developer telah diaktifkan.

3. Aktifkan USB Debugging

Setelah mengaktifkan mode developer, selanjutnya aktifkan USB Debugging pada smartphone. Caranya adalah masuk ke menu pengaturan, pilih opsi pengembang, dan aktifkan USB Debugging. Hal ini berguna untuk memungkinkan smartphone untuk terhubung dengan printer melalui kabel USB.

Pos Terkait:  Cara Membuat Cokelat Gambar

4. Download Printer Driver

Sebelum melakukan print, pastikan bahwa driver printer telah diunduh dan diinstal pada smartphone. Driver printer dapat diunduh melalui website resmi produsen printer atau melalui aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

5. Buka Dokumen atau Gambar yang Ingin Diprint

Setelah semuanya siap, buka dokumen atau gambar yang ingin diprint pada smartphone. Pastikan bahwa dokumen atau gambar tersebut telah terbuka dengan aplikasi yang mendukung fitur print.

6. Pilih Opsi Print

Setelah dokumen atau gambar terbuka, pilih opsi print yang tersedia pada aplikasi yang digunakan. Biasanya opsi print dapat ditemukan pada menu yang terdapat pada pojok kanan atas layar smartphone.

7. Pilih Printer

Setelah memilih opsi print, pilih printer yang ingin digunakan pada daftar printer yang muncul. Pastikan bahwa printer yang dipilih terhubung dengan smartphone melalui kabel USB.

8. Atur Pengaturan Print

Setelah memilih printer, atur pengaturan print sesuai kebutuhan. Beberapa pengaturan yang dapat diatur adalah jumlah kertas, ukuran kertas, dan kualitas print.

9. Klik Print

Setelah semua pengaturan telah diatur, klik opsi print untuk memulai proses print. Pastikan bahwa smartphone terhubung dengan printer melalui kabel USB dan printer dalam kondisi siap digunakan.

10. Cek Hasil Print

Setelah proses print selesai, cek hasil print pada kertas yang telah dicetak. Pastikan bahwa hasil print sesuai dengan yang diinginkan dan tidak ada kesalahan pada proses print.

11. Keuntungan Menggunakan Cara Print Lewat Android via USB

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan cara print lewat android via USB. Pertama, cara ini sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Kedua, cara ini juga lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan cara print menggunakan jaringan Wi-Fi.

12. Memilih Printer yang Sesuai

Untuk mendapatkan hasil print yang terbaik, pastikan memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis printer yang tersedia, seperti printer inkjet dan laserjet. Pilihlah printer yang sesuai dengan jenis dokumen atau gambar yang ingin dicetak.

13. Menghemat Biaya

Cara print lewat android via USB juga dapat menghemat biaya karena tidak memerlukan jaringan Wi-Fi untuk terhubung dengan printer. Selain itu, cara ini juga mengurangi penggunaan kertas dan tinta yang dapat menghemat biaya dalam jangka panjang.

Pos Terkait:  Apakah Yang Dilewatkan dan Diteruskan oleh Router

14. Memperhatikan Kualitas Print

Memperhatikan kualitas print sangat penting untuk mendapatkan hasil print yang terbaik. Pastikan bahwa pengaturan print telah diatur dengan benar dan sesuai dengan jenis dokumen atau gambar yang ingin dicetak.

15. Menjaga Kondisi Printer

Untuk mendapatkan hasil print yang terbaik, penting menjaga kondisi printer agar selalu dalam kondisi yang baik. Bersihkan printer secara berkala dan pastikan bahwa printer selalu dalam kondisi siap digunakan.

16. Menghindari Kesalahan pada Proses Print

Untuk menghindari kesalahan pada proses print, pastikan bahwa semua pengaturan telah diatur dengan benar dan sesuai dengan jenis dokumen atau gambar yang ingin dicetak. Selain itu, pastikan bahwa smartphone terhubung dengan printer melalui kabel USB dan printer dalam kondisi siap digunakan.

17. Mencetak Dokumen Resmi

Cara print lewat android via USB juga dapat digunakan untuk mencetak dokumen resmi, seperti surat atau laporan keuangan. Pastikan bahwa pengaturan print telah diatur dengan benar dan sesuai dengan standar resmi yang berlaku.

18. Mencetak Gambar dengan Kualitas Tinggi

Cara print lewat android via USB juga dapat digunakan untuk mencetak gambar dengan kualitas tinggi. Pastikan bahwa pengaturan print telah diatur dengan benar dan sesuai dengan jenis gambar yang ingin dicetak.

19. Menjaga Keamanan Dokumen

Untuk menjaga keamanan dokumen, pastikan bahwa dokumen yang dicetak hanya dilihat oleh orang yang berwenang. Hindari mencetak dokumen penting pada printer yang dapat diakses oleh banyak orang.

20. Menjaga Kebersihan Printer

Menjaga kebersihan printer sangat penting untuk menjaga kualitas print dan mencegah kerusakan pada printer. Bersihkan printer secara berkala dan pastikan bahwa printer selalu dalam kondisi siap digunakan.

21. Mencetak Dokumen dengan Cepat

Cara print lewat android via USB juga dapat digunakan untuk mencetak dokumen dengan cepat dan efisien. Pastikan bahwa pengaturan print telah diatur dengan benar dan printer dalam kondisi siap digunakan.

22. Mencetak Dokumen pada Waktu yang Tepat

Cara print lewat android via USB juga dapat digunakan untuk mencetak dokumen pada waktu yang tepat. Pastikan bahwa printer dalam kondisi siap digunakan dan dokumen telah siap untuk dicetak.

Pos Terkait:  Cara Edit Gambar Agar Tidak Pecah

23. Mencetak Gambar dengan Warna yang Akurat

Cara print lewat android via USB juga dapat digunakan untuk mencetak gambar dengan warna yang akurat. Pastikan bahwa pengaturan print telah diatur dengan benar dan sesuai dengan jenis gambar yang ingin dicetak.

24. Mencetak Dokumen dalam Jumlah Banyak

Cara print lewat android via USB juga dapat digunakan untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak. Pastikan bahwa pengaturan print telah diatur dengan benar dan printer dalam kondisi siap digunakan.

25. Mencetak Gambar dengan Detail yang Jelas

Cara print lewat android via USB juga dapat digunakan untuk mencetak gambar dengan detail yang jelas. Pastikan bahwa pengaturan print telah diatur dengan benar dan sesuai dengan jenis gambar yang ingin dicetak.

26. Mencetak Dokumen dalam Berbagai Format

Cara print lewat android via USB juga dapat digunakan untuk mencetak dokumen dalam berbagai format, seperti PDF, DOC, atau XLS. Pastikan bahwa driver printer telah diunduh dan diinstal pada smartphone.

27. Mencetak Dokumen dengan Ukuran yang Berbeda-beda

Cara print lewat android via USB juga dapat digunakan untuk mencetak dokumen dengan ukuran yang berbeda-beda. Pastikan bahwa pengaturan print telah diatur dengan benar dan sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan.

28. Mencetak Dokumen yang Sudah Diedit

Cara print lewat android via USB juga dapat digunakan untuk mencetak dokumen yang sudah diedit. Pastikan bahwa pengaturan print telah diatur dengan benar dan dokumen telah siap untuk dicetak.

29. Mencetak Gambar dengan Berbagai Resolusi

Cara print lewat android via USB juga dapat digunakan untuk mencetak gambar dengan berbagai resolusi. Pastikan bahwa pengaturan print telah diatur dengan benar dan sesuai dengan resolusi gambar yang ingin dicetak.

30. Kesimpulan

Cara print lewat android via USB merupakan cara yang mudah dan efisien untuk mencetak dokumen atau gambar. Pastikan bahwa semua pengaturan telah diatur dengan benar dan printer dalam kondisi siap digunakan untuk mendapatkan hasil print yang terbaik.

close