Caramantap

Perbedaan Yakult dan Yogurt

×

Perbedaan Yakult dan Yogurt

Share this article

Yakult dan yogurt adalah dua jenis minuman probiotik yang sering dikonsumsi oleh orang-orang. Meskipun keduanya memiliki manfaat kesehatan yang sama, tetapi sebenarnya terdapat beberapa perbedaan antara Yakult dan yogurt. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas perbedaan Yakult dan yogurt berdasarkan beberapa faktor.

1. Asal Usul

Yakult berasal dari Jepang dan diperkenalkan pada tahun 1935 oleh Dr. Minoru Shirota. Sedangkan yogurt berasal dari daerah Balkan, yaitu daerah yang terletak di antara Yunani dan Bulgaria. Kedua minuman probiotik ini memiliki sejarah yang berbeda-beda dan berasal dari tempat yang berbeda pula.

2. Bahan Baku

Yakult dibuat dari susu skim dan ditambahkan dengan kultur bakteri Lactobacillus casei Shirota. Sedangkan yogurt dibuat dari susu sapi atau kambing yang difermentasi menggunakan kultur bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yakult dan yogurt memiliki bahan baku yang berbeda, sehingga rasa dan teksturnya juga berbeda.

Pos Terkait:  Jelaskan Kegunaan dan Penggunaan Coil Spring Compressor

3. Proses Pembuatan

Proses pembuatan Yakult melalui proses fermentasi susu skim yang diberi tambahan kultur bakteri Lactobacillus casei Shirota. Sedangkan yogurt dibuat melalui proses fermentasi susu sapi atau kambing yang diberi tambahan kultur bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Proses fermentasi dalam pembuatan Yakult dan yogurt juga berbeda.

4. Rasa dan Tekstur

Yakult memiliki rasa manis dan asam yang khas dengan tekstur yang cair. Sedangkan yogurt memiliki rasa yang lebih asam dan kental. Rasa dan tekstur kedua minuman probiotik ini sangat berbeda sehingga bisa menjadi pilihan bagi konsumen sesuai dengan selera masing-masing.

5. Kandungan Nutrisi

Yakult mengandung 6,5 miliar bakteri baik dalam setiap botolnya. Sedangkan yogurt mengandung bakteri baik yang lebih banyak dibandingkan Yakult. Kandungan nutrisi pada Yakult dan yogurt juga berbeda. Meskipun keduanya mengandung protein, vitamin, dan mineral, tetapi kadar nutrisinya berbeda.

6. Manfaat Kesehatan

Kedua minuman probiotik ini memiliki manfaat kesehatan yang sama, yaitu membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yakult dan yogurt juga dapat membantu mengurangi risiko terkena infeksi dan mengurangi gejala alergi. Namun, manfaat kesehatan keduanya bisa berbeda karena kandungan nutrisinya yang berbeda.

Pos Terkait:  Cara Buat Akun Moonton Baru: Panduan Lengkap

7. Harga

Harga Yakult dan yogurt juga berbeda. Harga Yakult lebih murah dibandingkan dengan yogurt. Hal ini karena bahan baku dan proses pembuatan Yakult yang lebih sederhana dibandingkan dengan yogurt.

8. Konsumsi

Yakult biasanya dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari. Sedangkan yogurt bisa dikonsumsi sebagai camilan atau makanan pendamping. Yogurt juga bisa dijadikan sebagai bahan masakan seperti saus atau dressing.

9. Variasi Produk

Yakult memiliki variasi produk yang lebih sedikit dibandingkan dengan yogurt. Yakult hanya memiliki satu produk utama, yaitu Yakult Original. Sedangkan yogurt memiliki banyak variasi produk, seperti yogurt plain, yogurt dengan buah-buahan, yogurt dengan cereals, dan lain sebagainya.

10. Kemasan

Yakult umumnya dikemas dalam botol plastik yang berukuran kecil. Sedangkan yogurt dapat dikemas dalam berbagai kemasan, seperti cup, botol, ataupun kemasan sachet.

11. Keamanan

Yakult dan yogurt aman dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun, bagi orang yang memiliki alergi terhadap susu atau intoleransi laktosa, sebaiknya menghindari kedua minuman probiotik ini.

12. Penyimpanan

Yakult dan yogurt harus disimpan di dalam kulkas untuk menjaga kualitas dan kesegarannya. Yakult dapat bertahan selama 2 minggu dalam suhu kulkas, sedangkan yogurt dapat bertahan selama 1-2 minggu tergantung merek dan jenisnya.

Pos Terkait:  Download Script Phising FF Terbaru

13. Kontraindikasi

Yakult dan yogurt tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang sedang mengonsumsi obat antibiotik. Hal ini karena antibiotik dapat mengganggu keseimbangan flora usus sehingga mengurangi efektivitas kedua minuman probiotik ini.

14. Efek Samping

Yakult dan yogurt umumnya aman dan tidak menimbulkan efek samping yang serius. Namun, bagi orang yang memiliki alergi terhadap susu atau intoleransi laktosa, konsumsi kedua minuman probiotik ini dapat menimbulkan gejala seperti diare, mual, atau kembung.

15. Kesimpulan

Yakult dan yogurt adalah dua jenis minuman probiotik yang memiliki manfaat kesehatan yang sama. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam asal usul, bahan baku, proses pembuatan, rasa dan tekstur, kandungan nutrisi, manfaat kesehatan, harga, konsumsi, variasi produk, kemasan, keamanan, penyimpanan, kontraindikasi, dan efek samping. Sebelum mengonsumsi Yakult atau yogurt, pastikan untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda terlebih dahulu dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close