Selasa, 30 Maret 2021

3 Konsep Hidroponik Serta Arti Penting dan Argument Yang Mendukung

3 Konsep Hidroponik Serta Arti Penting dan Argument Yang Mendukung dalam Pengembangan Tanaman Secara Hidroponik

A. Konsep Hidroponik

Konsep hidroponik terus berevolusi waktu demi waktu. Awalnya teknik ini dilakukan dengan cara langsung menanam tanaman di air, namun sekarang konsep ini telah berkembang menjadi bermacam macam variasi akantetapi tetap tanpa menggunakan media tanah. Ada tiga (3) konsep hidroponik yaitu:

1. Hidroponik murni. Meliputi penggunaan sistem “pengikatan” untuk menjaga tanaman tetap berdiri,

sehingga tanaman dapat mengembangkan akarnya kedalam media air (nutrisi larut didalam air) tanpa bantuan zat padat lainnya seperti tanah.

2. Hidroponik. Metode paling umum dan banyak digunakan dalam teknik hidroponik yang menggunakan zat padat berpori (batu, kerikil dan material non organic lainnya) agar nutrisi tanaman dapat tembus dan bersirkulasi.

3. Hidroponik dalam arti luas. Merupakan gabungan kedua teknik sebelumnya dimana siklus vegetatif tanaman tidak menggunakan tanah. Konsep ini sama dengan “budidaya pertanian tanpa tanah” dan termasuk menanam di subtrats dan air. Jika membahas tentang teknik semi- hidroponik, istilah ini mengacu pada penggunaan subtrats non inert seperti serat kulit kelapa, beberapa kulit pohon, dan sekam padi yang dimana ketika mulai terdekomposi, zat tersebut memberi nutrisi bagi tanaman.

B. Arti Penting Hidroponik

Saat ini hidroponik dianggap sebagai pertanian masa depan. Ini adalah sebuah sistem produksi signifikansi besar dalam hal lingkungan, ekonomi dan sosial, dan fleksibilitas yang berarti bahwa hal itu dapat diterapkan dalam kondisi yang berbeda.


C. Argumen yang Mendukung Hidroponik

Berikut ini adalah beberapa alasan yang membenarkan penggunaan teknik hidroponik.
 
1. Alasan Ekonomi dan Kesehatan

Seperti yang kita ketahui untuk tanaman tertentu teknik hidroponik lebih ekonomis dan menguntungkan daripada tanaman yang ditanam di tanah. Dengan menggunakan hidroponik, kita dapat memperoleh hasil yang lebih banyak dalam yang lebih sedikit daripada pertanian tradisional.

Ada beberapa keuntungan menggunakan teknik hidroponik sebagai berikut :

a. Produk lebih banyak per unit permukaan dan kualitas lebih baik dalam waktu yang lebih singkat, hal ini berarti produktivitas yang lebih besar.

b. Produk hidroponik lebih bersih dan segar dari pada produk tradisional. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

c. Produk dapat dihasilkan pada waktu yang tepat, artinya kita dapat meningkatkan produksi pada saat-saat tertentu ketika kurang pasokan ataubila ada permintaan yang lebih besar dengan harga dan kualitas yang terbaik.

d. Produk hidroponik lebih sehat dikarenakan jarang menggunakan pestisida. Biasanya kebanyakan hama dan penyakit akibat kontak langsung dengan tanah.

d. Tanaman hidroponik tumbuh dengan nutrisi atau larutan hara yang tersedia sehingga tanaman lebih kuat. Hal ini membuat tanaman lebih tahan terhadap penyakit.
 
e. Selain itu, petani hidroponik lebih suka menggunakan alam atau pengendalian biologis untuk mencegah atau menangani masalah hama dan penyakit.

2. Alasan Rekreasi

Hidroponik dapat menjadi rekreasi yang menyenangkan bagi semua orang dan sebagai sumber kepuasan.

Beberapa hal yang lebih menyenangkan pada saat menanam tanaman dan melihat hasil dari upaya sendiri dalam waktu nbeberapa minggu dan dapat dilakukan di ruang kecil di rumah.

3. Alasan Penggunaan Waktu Luang

Hidroponik keluarga merupakan teknik yang tidak memerlukan waktu penuh. Meskipun harus memperhatikan perawatan tanaman, dalam hal bahwa tanaman terhidrasi penuh, pemberian nutrisi yang tepat, danmemantau perkembangantanaman untuk mendeteksi perubahan. Merawat tanaman merupakan tugas yang mudah dan menghibur.

4. Alasan yang berkaitan dengan Ruang

Dalam setiap rumah atau apartemen yang kecil selalu ada ruang untuk mendirikan sebuah taman hidroponik keluarga. Taman hidroponik sangat dekoratif, jika ditempatkan di sebuah lorong atau balkon, hal itu akan selalu mempesona dan mengejutkan tamu.
 
5. Alasan yang berkaitan dengan Iklim

Di beberapa negara, perubahan iklim di sepanjang tahun sangat membatasi kegiatan pertanian.

Penggunaan hidroponik memungkinkan untuk menanam semua tanaman sepanjang tahun. 

Dalam produksi hidroponik keluarga, tidak membutuhkan peralatan yang canggih atau rumah kaca. Rumah kaca berguna untuk memproduksi sayuran di tempat-tempat dengan cuaca sangat ekstrem, karena lebih mudah untuk mengontrol nutrisi tanaman dan perawatannya. 

Demikian juga, menjaga stansar kesehatan tanaman penggunaan rumah kaca dapat membantu mencegah tanaman terinfeksi dan serangan serangga. Namun, tidak benar jika dalam hidroponik hanya dapat memperoleh hasil yang baik dengan jika menggunakan rumah kaca. 

Contohnya seledri, selada, peterseli, lobak, tomat, lobak, lobak Swiss, ketumbar (ketumbar) dan sayuran lainnya bisa ditanam tanpa tutup pelindung, selama lingkungan kondisinya tepat.

Beberapa tanaman yang lebih cocok untuk satu iklim atau lainnya. Misalnya, Swiss chard, kacang panjang,tomat, daun ketumbar, mentimun dan bit yang lebih baik disesuaikan dengan iklim ringan (tidak sangat dingin atau sangat panas). 

Lainnya seperti stroberi, kentang, atau artichoke lebih cuaca dingin. Tanaman yang menikmati panas termasuk semangka, melon, paprika, cabai, kemangi dan labu. Beberapa tanaman seperti bawang, selada, tanaman aromatik, dan kubis dapat beradaptasi dengan baik panas dan iklim dingin.


EmoticonEmoticon