Caramantap

Jelaskan Perbedaan Poster dan Brosur

×

Jelaskan Perbedaan Poster dan Brosur

Share this article

Poster dan brosur adalah dua jenis media promosi yang sering digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Poster dan brosur memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi penggunaan, ukuran, serta bentuknya. Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara poster dan brosur secara lebih detail.

Pengertian Poster

Poster adalah media promosi yang berbentuk gambar atau tulisan yang dipasang di tempat-tempat strategis seperti dinding, papan reklame, atau jalan raya. Poster biasanya memiliki ukuran yang besar, sehingga mudah dilihat oleh orang yang melintas. Poster sering digunakan untuk mempromosikan acara, film, atau produk tertentu. Poster juga biasanya tidak memiliki informasi yang terlalu banyak, sehingga mudah dipahami oleh orang yang melihatnya.

Pengertian Brosur

Brosur adalah media promosi yang berbentuk lembaran kertas yang berisi informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Brosur biasanya dibagikan kepada orang-orang secara langsung atau diletakkan di tempat-tempat strategis seperti meja resepsionis, toko, atau pusat perbelanjaan. Brosur biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dari poster, namun memiliki informasi yang lebih lengkap.

Pos Terkait:  Cara Membuat Rumah di Minecraft: Panduan Lengkap untuk Pemula

Perbedaan Ukuran

Perbedaan paling mencolok antara poster dan brosur adalah ukurannya. Poster memiliki ukuran yang lebih besar dari brosur. Ukuran poster bisa mencapai 50×70 cm atau bahkan lebih besar, sedangkan ukuran brosur biasanya tidak lebih dari A4. Ukuran yang besar membuat poster mudah dilihat oleh banyak orang, sementara ukuran brosur memungkinkan orang untuk membawa brosur tersebut dan membacanya di tempat lain.

Perbedaan Bentuk

Poster dan brosur juga memiliki perbedaan dalam bentuknya. Poster biasanya berbentuk vertikal atau horizontal dengan satu gambar atau tulisan yang mencolok. Brosur memiliki bentuk yang lebih variatif dengan ukuran yang bervariasi dan terkadang dilipat menjadi beberapa bagian. Brosur juga memiliki cover yang menarik dan berisi informasi singkat tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Perbedaan Fungsi

Poster dan brosur memiliki fungsi yang berbeda. Poster biasanya digunakan untuk mempromosikan acara atau produk tertentu yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat. Poster juga biasanya ditempatkan di tempat-tempat strategis agar mudah dilihat oleh banyak orang. Brosur digunakan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Brosur juga sering dibagikan kepada calon pelanggan atau diletakkan di tempat-tempat yang mudah diakses oleh pelanggan.

Pos Terkait:  Begini Cara Melihat Draft Reels Instagram dengan Mudah

Perbedaan Desain

Poster dan brosur memiliki perbedaan dalam desainnya. Poster biasanya memiliki desain yang mencolok dengan gambar atau tulisan yang besar dan jelas. Poster juga biasanya menggunakan font yang besar dan warna yang mencolok agar mudah dilihat oleh orang yang melintas. Brosur memiliki desain yang lebih variatif tergantung pada produk atau jasa yang ditawarkan. Brosur juga menggunakan gambar dan tulisan yang lebih banyak dan terkadang dilengkapi dengan grafik, tabel, atau diagram.

Perbedaan Target Audience

Poster dan brosur juga memiliki perbedaan dalam target audiencenya. Poster biasanya ditujukan untuk orang yang melintas di suatu tempat atau yang berada di sekitar tempat acara atau produk yang dipromosikan. Poster juga ditujukan untuk orang yang tertarik dengan acara atau produk yang dipromosikan. Brosur ditujukan untuk calon pelanggan yang ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Brosur juga ditujukan untuk orang yang sudah tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Keuntungan Poster

Poster memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

Pos Terkait:  Jelaskan Prosedur Tahapan Pelaporan Kerusakan Alat Verifikasi Kartu Kredit

Keuntungan Brosur

Brosur juga memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Memberikan informasi yang lebih lengkap tentang produk atau jasa yang ditawarkan
  • Dapat dibawa dan dibaca di tempat lain
  • Dapat diberikan kepada calon pelanggan secara langsung
  • Dapat diletakkan di tempat-tempat strategis seperti meja resepsionis, toko, atau pusat perbelanjaan

Kesimpulan

Jadi, poster dan brosur adalah dua jenis media promosi yang memiliki perbedaan dari segi ukuran, bentuk, fungsi, desain, dan target audiencenya. Poster memiliki keuntungan dalam hal mudah dilihat oleh banyak orang dan dapat menarik perhatian orang yang melintas. Brosur memiliki keuntungan dalam hal memberikan informasi yang lebih lengkap tentang produk atau jasa yang ditawarkan dan dapat diberikan secara langsung kepada calon pelanggan. Keduanya memiliki peran yang penting dalam strategi pemasaran suatu perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close