Caramantap

Cara Agar Discord Tidak Terbuka Otomatis

×

Cara Agar Discord Tidak Terbuka Otomatis

Share this article

Discord adalah sebuah aplikasi chatting yang sangat populer di kalangan gamer. Meskipun begitu, terkadang pengguna merasa terganggu karena Discord terbuka otomatis saat komputer atau laptop dihidupkan. Apabila hal ini terjadi, tentu akan mengganggu kenyamanan pengguna. Nah, pada artikel kali ini, akan membahas cara agar Discord tidak terbuka otomatis. Simak penjelasan di bawah ini.

1. Nonaktifkan Discord pada Startup

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan Discord pada startup. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuka aplikasi Discord terlebih dahulu, kemudian masuk ke pengaturan. Setelah itu, pilih opsi “Windows Settings” pada tab “App Settings. Kemudian, pilih “Startup” dan matikan opsi “Open Discord” pada startup.

2. Nonaktifkan Opener

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan opener pada Discord. Opener adalah fitur yang memungkinkan Discord terbuka otomatis saat ada link yang dibuka. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan Discord, kemudian pilih opsi “Behavior”. Setelah itu, matikan opsi “Open Discord” pada bagian “Link Preview”.

3. Nonaktifkan Rich Presence

Cara ketiga yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan Rich Presence pada Discord. Rich Presence adalah fitur yang memungkinkan pengguna menampilkan status game yang sedang dimainkan ke dalam Discord. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan Discord, kemudian pilih opsi “Game Activity”. Setelah itu, matikan opsi “Display Currently Running Game as a Status Message”.

4. Hapus dari Startup Folder

Cara keempat yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus Discord dari startup folder. Caranya, buka “Run” dengan menekan tombol “Windows + R” pada keyboard. Kemudian, ketik “shell:startup” dan tekan enter. Pilih folder “Startup”, kemudian hapus file shortcut Discord pada folder tersebut.

Pos Terkait:  Cara Menghapus Kloning Ponsel Oppo

5. Nonaktifkan Fitur Auto Start pada Windows

Cara kelima yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur auto start pada Windows. Caranya, buka “Task Manager” dengan menekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” pada keyboard. Kemudian, pilih tab “Startup” dan cari Discord pada daftar program. Setelah itu, klik kanan pada Discord dan pilih opsi “Disable”.

6. Matikan Fitur Automatic Updates

Cara keenam yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan fitur automatic updates pada Discord. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuka pengaturan, kemudian pilih opsi “Appearance. Setelah itu, matikan opsi “Automatically Update Discord”.

7. Nonaktifkan Fitur Overlay

Cara ketujuh yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur overlay pada Discord. Overlay adalah fitur yang memungkinkan pengguna melihat pesan atau suara tanpa harus keluar dari game. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Overlay”. Setelah itu, matikan opsi “Enable in-game overlay”.

8. Update Aplikasi Discord

Cara kedelapan yang dapat dilakukan adalah dengan mengupdate aplikasi Discord. Tidak jarang, masalah terkait aplikasi terbuka otomatis dapat diatasi dengan mengupdate aplikasi ke versi terbaru.

9. Reinstall Aplikasi Discord

Cara kesembilan yang dapat dilakukan adalah dengan mereinstall aplikasi Discord. Hal ini dapat dilakukan apabila aplikasi terus membuka otomatis meskipun sudah dilakukan beberapa cara di atas.

10. Gunakan Aplikasi Startup Manager

Cara kesepuluh yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi startup manager. Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengatur program yang terbuka otomatis pada startup. Beberapa aplikasi startup manager yang dapat digunakan antara lain CCleaner, Autoruns, dan Startup Delayer.

11. Nonaktifkan Fitur Login Otomatis

Cara kesebelas yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur login otomatis pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk masuk ke dalam aplikasi secara otomatis tanpa memasukkan password. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Security”. Setelah itu, matikan opsi “Automatically log in to Discord”.

12. Gunakan Shortcut untuk Membuka Discord

Cara keduabelas yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan shortcut untuk membuka Discord. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan shortcut Discord pada desktop. Dengan demikian, pengguna dapat membuka aplikasi Discord hanya dengan mengeklik shortcut tersebut.

13. Nonaktifkan Fitur Discord di Browser

Cara ketigabelas yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur Discord di browser. Hal ini dapat dilakukan apabila pengguna sering membuka Discord melalui browser. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan browser, kemudian cari opsi “Extensions” atau “Add-ons”. Setelah itu, nonaktifkan ekstensi Discord pada browser.

Pos Terkait:  Perbedaan Want dan Wanna

14. Nonaktifkan Fitur Discord di Aplikasi Lain

Cara keempatbelas yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur Discord di aplikasi lain. Hal ini dapat dilakukan apabila pengguna sering membuka Discord melalui aplikasi lain seperti game atau software editing. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan aplikasi tersebut, kemudian cari opsi Discord dan matikan fitur yang terkait.

15. Gunakan Aplikasi Task Scheduler

Cara kelima belas yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Task Scheduler. Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengatur tugas yang terjadi secara otomatis saat komputer atau laptop dihidupkan. Dengan demikian, pengguna dapat menonaktifkan Discord pada saat komputer atau laptop dihidupkan.

16. Nonaktifkan Fitur Push Notification

Cara keenambelas yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur push notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi saat ada pesan masuk atau panggilan suara. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Enable Desktop Notifications”.

17. Nonaktifkan Fitur Sound Notification

Cara ketujuhbelas yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur sound notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi dengan suara saat ada pesan masuk atau panggilan suara. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Sound Notification”.

18. Nonaktifkan Fitur Mention Notification

Cara kedelapanbelas yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur mention notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi saat ada pesan yang menyebutkan namanya. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Mention Notification”.

19. Nonaktifkan Fitur Badge Notification

Cara kesembilanbelas yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur badge notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi dengan tanda badge di ikon Discord pada taskbar. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Badge App Icon”.

20. Nonaktifkan Fitur Preview Notification

Cara kedua puluh yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur preview notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat cuplikan pesan pada notifikasi. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Show Preview”.

21. Nonaktifkan Fitur Read Notification

Cara kedua puluh satu yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur read notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi saat pesan yang dikirim sudah dibaca oleh penerima. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Mark Message as Read when Notification Appears”.

Pos Terkait:  Bagaimana Cara Mengetahui Pokok Berita dengan Mudah

22. Nonaktifkan Fitur Friend Request Notification

Cara kedua puluh dua yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur friend request notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi saat ada permintaan pertemanan. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Friend Request Notifications”.

23. Nonaktifkan Fitur Server Notification

Cara kedua puluh tiga yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur server notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi saat ada pesan di server yang diikuti. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Server Notification Settings”.

24. Nonaktifkan Fitur Channel Notification

Cara kedua puluh empat yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur channel notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi saat ada pesan di channel yang diikuti. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Channel Notification Settings”.

25. Nonaktifkan Fitur Role Notification

Cara kedua puluh lima yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur role notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi saat ada perubahan role pada server yang diikuti. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Role Notification Settings”.

26. Nonaktifkan Fitur Emoji Reaction Notification

Cara kedua puluh enam yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur emoji reaction notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi saat pesan direspon dengan emoji. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Emoji Reaction Notifications”.

27. Nonaktifkan Fitur Message Notification

Cara kedua puluh tujuh yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur message notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi saat pesan baru masuk. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Message Notifications”.

28. Nonaktifkan Fitur Voice Notification

Cara kedua puluh delapan yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur voice notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi saat ada panggilan suara. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian pilih opsi “Notifications”. Setelah itu, matikan opsi “Voice Notifications”.

29. Nonaktifkan Fitur Video Notification

Cara kedua puluh sembilan yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur video notification pada Discord. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi saat ada panggilan video. Untuk menonaktifkannya, buka pengaturan, kemudian

close