Caramantap

Tutorial Cara Membuat Bingkai di Microsoft Word 2007

×

Tutorial Cara Membuat Bingkai di Microsoft Word 2007

Share this article

Microsoft Word 2007 adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Dalam aplikasi ini, Anda dapat membuat dokumen, surat, dan bahkan poster. Salah satu fitur menarik yang dapat Anda gunakan di Word 2007 adalah membuat bingkai. Dalam tutorial ini, kami akan memberikan panduan tentang cara membuat bingkai di Microsoft Word 2007.

1. Buka Microsoft Word 2007

Untuk memulai, buka aplikasi Microsoft Word 2007. Anda akan melihat tampilan awal dokumen kosong. Pada bagian atas jendela, terdapat menu bar dan ribbon toolbar yang berisi berbagai macam menu dan fitur.

2. Pilih tab ‘Page Layout’

Di bagian atas ribbon toolbar, pilih tab ‘Page Layout’. Tab ini berisi menu dan fitur untuk mengatur tata letak halaman dan margin.

3. Klik tombol ‘Page Borders’

Pada menu ‘Page Layout’, klik tombol ‘Page Borders. Tombol ini terletak di bagian bawah toolbar ‘Page Background.

Pos Terkait:  Cara Melihat Kontak yang Baru Ditambahkan

4. Pilih tab ‘Box’

Setelah Anda klik tombol ‘Page Borders’, jendela ‘Borders and Shading’ akan muncul. Pilih tab ‘Box’ di bagian atas jendela.

5. Atur Style, Color, dan Width Bingkai

Di tab ‘Box’, Anda dapat mengatur style, color, dan width bingkai. Pilih opsi yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga dapat mengklik preview untuk melihat hasilnya.

6. Pilih Position Bingkai

Setelah Anda mengatur style, color, dan width bingkai, pilih posisi bingkai. Pilih opsi ‘Inside’ atau ‘Outside’ untuk menentukan letak bingkai.

7. Pilih bagian mana yang ingin dibingkai

Setelah Anda memilih posisi bingkai, pilih bagian mana yang ingin dibingkai. Pilih opsi ‘Whole document’ untuk membungkus seluruh dokumen atau pilih opsi ‘This section’ untuk membungkus bagian tertentu dari dokumen.

8. Klik tombol ‘OK’

Setelah Anda mengatur semua opsi, klik tombol ‘OK’ untuk menerapkan bingkai ke dokumen Anda.

9. Mengatur Bingkai Secara Manual

Jika Anda ingin mengatur bingkai secara manual, Anda dapat menggunakan opsi ‘Options’ di jendela ‘Borders and Shading. Pilih opsi ‘Options’ dan atur margin bingkai Anda.

10. Menghapus Bingkai

Jika Anda ingin menghapus bingkai, kembali ke menu ‘Page Borders’ dan pilih opsi ‘None’ untuk menghapus bingkai dari dokumen Anda.

11. Menyimpan Dokumen

Setelah Anda selesai membuat bingkai, jangan lupa untuk menyimpan dokumen Anda. Klik tombol ‘Save’ di menu bar atau tekan tombol ‘Ctrl + S’ pada keyboard Anda.

12. Menyimpan Dokumen dengan Format PDF

Jika Anda ingin menyimpan dokumen dengan format PDF, pilih opsi ‘Save As’ di menu ‘File’ dan pilih ‘PDF’ sebagai format file. Klik tombol ‘Save’ untuk menyimpan dokumen Anda dalam format PDF.

13. Menyimpan Dokumen dengan Format Lain

Anda juga dapat menyimpan dokumen dengan format lain seperti DOCX, RTF, atau TXT. Pilih opsi ‘Save As’ di menu ‘File’ dan pilih format file yang Anda inginkan. Klik tombol ‘Save’ untuk menyimpan dokumen Anda dalam format yang dipilih.

Pos Terkait:  Cara Ubah Email Garena

14. Mengubah Ukuran Bingkai

Jika Anda ingin mengubah ukuran bingkai, klik tombol ‘Options’ di jendela ‘Borders and Shading. Pilih opsi ‘Page Border’ dan atur margin sesuai keinginan Anda.

15. Mengubah Style Bingkai

Jika Anda ingin mengubah style bingkai, kembali ke jendela ‘Borders and Shading’ dan pilih opsi ‘Style’. Pilih opsi yang sesuai dengan keinginan Anda.

16. Mengubah Warna Bingkai

Jika Anda ingin mengubah warna bingkai, kembali ke jendela ‘Borders and Shading’ dan pilih opsi ‘Color. Pilih warna yang sesuai dengan keinginan Anda.

17. Mengubah Width Bingkai

Jika Anda ingin mengubah width bingkai, kembali ke jendela ‘Borders and Shading’ dan pilih opsi ‘Width’. Pilih width yang sesuai dengan keinginan Anda.

18. Menambahkan Efek Bingkai

Jika Anda ingin menambahkan efek bingkai, kembali ke jendela ‘Borders and Shading’ dan pilih opsi ‘Art’. Pilih efek yang sesuai dengan keinginan Anda.

19. Membuat Bingkai dengan Gambar

Anda juga dapat membuat bingkai dengan menggunakan gambar. Untuk melakukannya, klik tombol ‘Options’ di jendela ‘Borders and Shading’. Pilih opsi ‘Picture’ dan pilih gambar yang ingin Anda gunakan sebagai bingkai.

20. Mengatur Bingkai dengan Lebih Detail

Jika Anda ingin mengatur bingkai dengan lebih detail, klik tombol ‘Options’ di jendela ‘Borders and Shading. Pilih opsi ‘Options’ dan atur margin dan padding sesuai keinginan Anda.

21. Membuat Bingkai Dengan Bentuk

Jika Anda ingin membuat bingkai dengan bentuk yang tidak biasa, klik tombol ‘Options’ di jendela ‘Borders and Shading’. Pilih opsi ‘Box’ dan pilih bentuk yang sesuai dengan keinginan Anda.

22. Menambahkan Garis Pada Bingkai

Jika Anda ingin menambahkan garis pada bingkai, klik tombol ‘Options’ di jendela ‘Borders and Shading. Pilih opsi ‘Box’ dan pilih garis yang ingin Anda gunakan.

Pos Terkait:  Cara Menghapus Followers IG dengan Cepat

23. Mengubah Warna Latar Belakang

Jika Anda ingin mengubah warna latar belakang, pilih tab ‘Page Layout’ dan klik tombol ‘Page Color. Pilih warna yang sesuai dengan keinginan Anda.

24. Mengubah Warna Teks

Jika Anda ingin mengubah warna teks, pilih teks yang ingin Anda ubah dan pilih warna yang sesuai dengan keinginan Anda di toolbar ‘Font.

25. Mengubah Font Teks

Jika Anda ingin mengubah font teks, pilih teks yang ingin Anda ubah dan pilih font yang sesuai dengan keinginan Anda di toolbar ‘Font.

26. Menambahkan Gambar

Jika Anda ingin menambahkan gambar ke dokumen Anda, pilih opsi ‘Insert’ di menu bar dan pilih ‘Picture’ atau ‘Clip Art’. Pilih gambar yang ingin Anda tambahkan ke dokumen Anda.

27. Menambahkan Tabel

Jika Anda ingin menambahkan tabel ke dokumen Anda, pilih opsi ‘Insert’ di menu bar dan pilih ‘Table’. Pilih jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan.

28. Menambahkan Grafik

Jika Anda ingin menambahkan grafik ke dokumen Anda, pilih opsi ‘Insert’ di menu bar dan pilih ‘Chart’. Pilih jenis grafik yang ingin Anda tambahkan dan masukkan data Anda.

29. Menambahkan Hyperlink

Jika Anda ingin menambahkan hyperlink ke dokumen Anda, pilih teks atau gambar yang ingin Anda jadikan hyperlink dan pilih opsi ‘Insert Hyperlink’ di menu ‘Insert. Masukkan alamat URL yang ingin Anda tautkan ke hyperlink Anda.

30. Penutup

Sekarang Anda telah berhasil membuat bingkai di Microsoft Word 2007. Dalam tutorial ini, kami telah memberikan panduan tentang cara membuat bingkai dengan berbagai opsi dan fitur yang tersedia di Word 2007. Dengan menguasai fitur-fitur ini, Anda dapat membuat dokumen yang lebih menarik dan profesional.

close