Jaringan Komputer Pendidikan Berbasis IT IAI SUNAN GIRI

Posted on
MAKALAH
Pembelajaran Berbasis IT
“Jaringan Komputer”
Dosen Pengampu : Fahrur Rozi, M.Pd.I
Kelompok 7 :
1. Moh Abdul Haris: 201955010104849
2. Ahmad Raihanuz Zahri : 201955010104717
3. Muhimmatun I’anatin Nisa’ : 201955010104761
4. Siti Khilya Ilannur : 201955010104907

Semester : II (Dua)
Fakultas : Tarbiyah
Prodi : PAI

INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO
Tahun 2020

KATA PENGANTAR 

Asssalamu’alaikum wr wb…
       Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, sehingga kita semua bisa menjalankan aktifitas sehari-hari termasuk mencari ilmu dalam keadaan sehat tanpa ada halangan suatu apapun.
       Yang kedua kalinya, shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW, karena beliaulah kita semua sampai saat ini bisa merasakan masa yang penuh dengan kedamaian juga cahaya penerang kehidupan yaitu agama islam, dan semoga kita semua kelak tergolong umat beliau yang mendapatkan syafaat dihari kiamat nanti.
Dengan segala kerendahan hati serta berkat pertolonganNya, kami bisa menyelesaikan tugas mata kuliah “Pembelajaran Berbasis IT” yang di ampu oleh Bapak dosen Fahrur Rozi, M.Pd.I dengan lancar dan semoga bisa bermanfaat bagi setiap kalangan yang membacanya dan yang mempelajarinya. Aamiin
       Oleh sebab itu, kami ingin memohon maaf apabila dalam sebuah karya makalah ini terdapat banyak kesalahan maupun kekurangan, dan kami sangat berharap kritik dan juga saran dari para pembaca sebagai bentuk apresiasi untuk kami kedepannya dalam membuat karya makalah supaya menjadi lebih baik dan benar dari sebelumnya.
       Dan kami juga ingin berterima kasih kepada Bapak/Ibu Dosen yang sudah mau membimbing kami dan juga kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan dan semangat untuk kami, semoga karya makalah ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi penyusun dan bagi para pembaca pada umumnya.

Wassalamu’alaikum…

                                                                                                                Tuban,  10   Februari 2020


Daftar Isi
Sampul…………………………………………………………………………………………………..i
Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………….ii
Daftar Isi……………………………………………………………………………………………….iii
BAB I : Pendahuluan………………………………………………………………………………iv
A. Latar Belakang……………………………………………………………………………………….iv
B. Tujuan…………………………………………………………………………………………………..iv
C. Rumusan masalah………………………………………………………………………………….iv
 BAB II : Pembahasan……………………………………………………………………………..1
A. Konsep Jaringan Komputer………………………………………………………………………1
B. Koneksi Jaringan Komputer……………………………………………………………………..1
C. Peralatan Jaringan Komputer…………………………………………………………………….4

BAB III : PENUTUP……………………………………………………………………………….7
A. Kesimpulan…………………………………………………………………………………………….7                                                                           
B. Saran……………………………………………………………………………………………………..7
Daftar Pustaka………………………………………………………………………………………..8

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari komunikasi. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam suatu kehidupan manusia karena dengan komunikasi seseorang bisa saling berinteraksi satu sama lain. Komunikasi bisa dilakukan secara langsung dengan tatap muka dan juga bisa lewat jarak jauh. Untuk melaksanakan komunikasi jarak jauh tersebut dibutuhkan alat yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain yang jaraknya cukup jauh.
Komunikasi awalnya bergantung pada transportasi jalan antar kota, antar provinsi/negara bahkan kemudian antar negara/benua. Kemudian komunikasi dapat terjadi jarak jauh melalui telegraf (1844), telepon (1867), gelombang radio elektromagnetik (1889), radio komersial (1906), televisi broadcast (1931), kemudian melalui televisi, dunia jadi lebih kecil karena orang dapat mengetahui dan mendapatkan informasi tentang yang terjadi di bagian lain dunia ini.
Dalam telekomunikasi, informasi disampaikan melalui sinyal. Sinyal ada dua macam, sinyal digital dan sinyal analog. Sinyal digital yaitu sinyal yang diwakili oleh angka 0 dan 1. Sedangkan sinyal analog yaitu sinyal yang terus menerus dengan variasi kekuatan dan kualitas misalnya suara, cahaya, suhu yang dapat berubah-ubah kualitasnya. Data analog dikirimkan dalam bentuk yang berkelanjutan, sinyal elektrik berkelanjutan dalam bentuk gelombang. Televisi, telepon dan radio adalah teknologi telekomunikasi yang menggunakan sinyal analog, sedang komputer menggunakan sinyal digital untuk transfer informasi.
Namun saat ini sinyal digital juga digunakan untuk suara, gambar dan gabungan keduanya. Di sisi lain, komputer yang awalnya dimanfaatkan sebagai mesin penghitung dan pengolah data, digunakan sebagai alat komunikasi sejak adanya jaringan komputer.

B. Rumusan Masalah
Untuk memudahkan pembahasan maka kami menyusun rumusan masalahnya, sebagai berikut:
a. Apa Konsep Jaringan Komputer ?
b. Apa Koneksi Jaringan Komputer ?
c. Apa Peralatan-peralatan Jaringan Komputer ?
C. Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk:
a. Untuk mengetahui dari penjelasan dari Konsep Jaringan Komputer.
b. Untuk mengetahui dari penjelasan dari Koneksi Jaringan Komputer.
c. Untuk mengetahui dari penjelasan dari Peralatan Jaringan Komputer.


BAB II
PEMBAHASAN
A.  Konsep Jaringan Komputer
Jaringan komputer dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi. Dengan jaringan komputer ini dimungkinkan bagi setiap komputer yang terjaring di dalamnya dapat saling tukar-menukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya, seperti media penyimpanan, printer, dan lain-lain. Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer yang berada pada lokasi berbeda dapat juga dimanfaatkan untuk mengirim surat elektronik (e-mail), mengirim file data (upload) dan mengambil file data dari tempat lain (download), dan berbagai kegiatan akses informasi pada lokasi yang terpisah. Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer adalah sharing resource (sumber daya), dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama.
Perkembangan teknologi komunikasi data dan jaringan komputer dewasa ini sudah tidak terbatas lagi hanya pada komputer. Berbagai perangkat teknologi komunikasi yang hadir saat ini berkembang mengikuti perkembangan teknologi komputer, banyak diantaranya mengintegrasikan perangkat komputer, seperti mikroprosesor, memori, display, storage, dan teknologi komunikasi ke dalamnya. Suatu jaringan komputer pada umumnya terdiri atas:
1. Minimal dua buah komputer
2. Kartu jaringan (network interface card / NIC) pada setiap komputer
3. Medium Koneksi, yang menghubungkan kartu jaringan satu komputer ke komputer lainnya, biasa disebut sebagai medium transmisi data, bisa berupa kabel maupun nirkabel atau tanpa-kabel (wireless seperti radio, microwave, satelit, dan sebagainya).
4. Perangkat Lunak Sistem operasi jaringan (network operating system software / NOSS) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan sistem jaringan, misalnya: Microsoft Windows 2000 server, Microsoft Windows NT, Novell Netware, Linux, dan sebagainya.
5. Peralatan interkoneksi, seperti Hub, Bridge, Switch, Router, dan Gateway, apabila jaringan yang dibentuk semakin luas jangkauannya.

B. Koneksi Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (-SERVICE-).

Pihak yang meminta / menerima layanan disebut Klien (-CLIENT-) dan yang memberikan atau  mengirim layanan disebut Peladen (-SERVER-). Desain ini disebut dengan sistem CLIENT-SERVER, dan digunakan pada hampir seluruh Aplikasi jaringan komputer.

Koneksi Peer to Peer
  *   Tidak ada SERVER yang ditunjuk.
  *   Ada Hirarki antara komputer (semua komputer dalam status yang sama)
  *   Setiap Fungsi, sebagai SEVER kepada klien untuk memberi layanan.
  *   Biasanya tidak ada Administrator. Security terpisah disediakan oleh Database direktori lokal pada setiap komputer.
Klien (Stasiun Kerja)
Klien komputer meminta layanan / data pada jaringan dari komputer tetentu ke server lain.

Server
Komputer yang menyediakan layanan untuk komputer klien Beberapa server dapat ditugaskan untuk layanan tertentu. Seperti
–  File
–  Printer Server
–  Fax Server
–  Database Server
–  Mail Server
– Administrasi Jaringan (Keamanan, Pemeliharaan, dll).
– Mendukungan sejumlah besar klien.

Jaringan adalah koneksi dilakukan melalui koneksi hubungan antara dua atau lebih perangkat. Perangkat dapat komputer, printer atau perangkat lain yang mampu untuk mengirim dan menerima data. Ada dua cara untuk menghubungkan perangkat:
  –   Koneksi Point-to-Point
  –   Koneksi Multipoint

Koneksi Point to Point
Point-to-Point Protocol (-PPP-) adalah data link protokol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua NODE JARINGAN. Hal ini dapat menyediakan Koneksi Otentikasi, Transmisi Enkripsi (menggunakan ECP, RFC 1968), dan Kompresi. Protokol ini yang digunakan sebagai penghubung komunikasi antara dua perangkat.

Menyediakan LINK khusus (Sambungan jalur yang mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya) antara dua perangkat. Dengan Kapasitas Seluruh dari link disediakan untuk transmisi antara dua perangkat. Contoh yang paling umum untuk koneksi Point-to-Point (-PPP-) adalah sebuah komputer yang terhubung dengan saluran telepon.
Kita bisa menghubungkan dua perangkat dengan cara sepasang kabel atau menggunakan Microwave link atau Satelit. Contoh: Point-to-Point hubungan antara remote control dan Televisi untuk mengubah saluran.
Koneksi Multipoint
Koneksi Multipoint dari sejumlah terminal secara paralel, analog dengan koneksi multidrop. Kadang-kadang istilah yang digunakan secara sinonim, meskipun multidrop ketat menyiratkan bahwa koneksi semua disajikan dari titik koneksi umum (-NODE-)

Sedangkan Multipoint menyiratkan bahwa koneksi yang dibuat melalui serangkaian (Analog) menjembatani koneksi di mana beberapa atau semua terminal yang dilayani oleh kantor pengangkut umum yang berbeda dihubungkan oleh batang komunikasi. Hal ini juga disebut konfigurasi Multidrop. Dalam hubungan ini dua atau lebih perangkat berbagi satu link.

Ada dua jenis Koneksi Multipoint:
  –   Jika link yang digunakan secara bersamaan antara banyak perangkat, maka  konfigurasi Spatially Shred jalur bersama.
  –   Jika pengguna bergiliran saat menggunakan link,  maka  konfigurasi Time Shared

Koneksi Point to Multipoint
Dalam Sistim Telekomunikasi, Point-to-MultiPoint (-P2MP/PTMP/PMP-) diterapkan, Ini adalah komunikasi yang dilakukan melalui tipe yang berbeda dari satu-ke-banyak koneksi, menyediakan beberapa jalur dari satu lokasi ke beberapa lokasi.

Point-to-Multipoint telekomunikasi yang paling bamnyak digunakan di Internet Nirkabel dan IP Telephony melalui Frekuensi Radio Gigahertz. Sistem P2MP telah dirancang baik sebagai Sistem Tunggal dan Bi-Directional. Sebuah antena pusat atau siaran antena array ke beberapa penerima antena dan sistem ini menggunakan bentuk Time-Division Multiplexing.
Banwidth memiliki sejumlah makna teknis karena mempopulerkan internet,  umumnya disebut volume informasi per satuan waktu yang media transmisi (seperti Koneksi Internet)
AnalogiI : Bandwidth Data yang tersedia seperti air dengan ukuran pipa. Bandwidth meningkat, Jumlah Data meningkat yang mengalir dalam jumlah waktu tertentu, seperti sebagai ukuran meningkat pipa, Koneksi Internet dengan bandwidth yang lebih besar dapat memindahkan sejumlah set data (katakanlah, file video) jauh lebih cepat daripada koneksi internet dengan bandwidth yang lebih rendah.

C. Peralatan Jaringan Komputer
Peralatan jaringan komputer adalah perangkat yang menghubungkan dari komputer itu sendiri untuk berjalannya suatu jaringan pada komputer. Di sini kami akan menjelaskan bagaimana sebuah perangkat komputer bisa beroperasi dan bagaimana fungsi perangkat jaringan pendukung seperti switch, router, bridge, wireless card, lan card dan lain sebagainya.

1. PERANGKAT ROUTER
Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain bisa diterima.

Router berfungsi menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga data dapat dikirim dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Dengan menggunakan router, kita bisa menghubungkan dua jaringan yang berbeda, contoh 192.168.2.0/24 dapat terhubung dengan jaringan 200.200.200.0/24.
Sekilas cara kerja router bisa dibilang mirip dengan bridge, yakni sama-sama meneruskan paket data, membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan tersebut, hanya saja router berada pada lapisan ketiga OSI.
2. PERANGKAT WIRELESS CARD
Wireless card merupakan salah satu perangkat jaringan yang dapat menghubungkan dua device secara nirkabel atau tanpa menggunakan media kabel. Dengan menggunakan wireless card, dua komputer atau lebih dapat saling terhubung melalui jaringan wifi, tanpa harus menggunakan kabel jaringan.

Fungsi Wireless Card pada laptop yaitu menghubungkan laptop pada jaringan tanpa menggunakan kabel, selain itu wireless juga dapat menerima sinyal dari penrangkat lain agar laptop dapat terhubung ke jaringan komputer atau jaringan internet.
3. PERANGKAT LAN CARD
LAN Card ini merupakan perangkat jaringan yang dapt menghubungkan kiriman data dari perangkat satu ke perangkat yang lainnya.

– Fungsi LAN Card

1. Sebagai pengontrol aliran data antar host/komputer dalam suatu jaringan.
2. Mempersiapkan data dari komputer agar dapat ditransfer/dikirimkan ke komputer lain agar berjalan melalui media penghubung.
3. Menerima data dari komputer melalui kabel dan diterjemahkan dalam bentuk bit yang dimengerti oleh komputer.
4. PERANGKAT BRIDGE
Perangkat Bridge ini berfungsi untuk memperluas jaringan ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga bisa dipergunakan pada perangkat lain.

Dalam kinerja Bridge ini ia harus mengenali alamat MAC yang biasanya mentransmisikan sebuah data ke jaringan, baru kemudian bridge membuat tabel otomatis.
Kelebihan perangkat bridge ini ialah ia bisa menentukan segmen mana yang akan di rooting atau di saring.
5. MODEM

Modulator demodulator atau yang sering disingkat dengan modem merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya.
6. HUB

Hub berfungsi sebagai peragkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung.
7. SWITCH

Switch merupakan sebuah hardware yang fungsinya hampir sama dengan HUB, ia bisa membagi-bagi jaringan lokal ke banyak perangkat komputer. Sementara fungsi utamanya switch ini ialah untuk menerima sinyal, mengirimkan data jaringan dari server ke jaringan perangkat lain.
8. KABEL JARINGAN
Kabel jaringan merupakan media transmisi berbentuk kabel yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih untuk saling bertukar data.

Ada beberapa jenis kabel yang biasa digunakan, seperti kabel utp, stp, coxial maupun fiber optik. Biasanya, jenis kabel yang digunakan tergantung pada jenis topologi jaringan yang digunakan.
9. REPEATER
Repeater adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas jangkauan sinyal wifi dari server agar perangkat lain bisa terhubung.

Cara kerja dari repeater itu sendiri adalah dengan menerima sinyal dari server, kemudian memancarkannya kembali dengan jangkauan yang lebih luas dan kuat, denagn kata lain sinyal yang lemah dapat dipancarkan kembali menjadi lebih kuat dan luas.
10. ACCESS POINT

fungsinya
1. Untuk memancarkan atau mengirimkan sinyal koneksi data dan internet melalui gelombang radio.
2. Sebagai Hub, access point akan menghubungkan jaringan lokal yang menggunakan kabel dengan jaringan nirkabel atau wireless.
3. Untuk mengatur agar access point berfungsi sebagai DHCP (Dynamicc Host Configuration Protocol) Server.
4. Untuk mengatur akses yang didapatkan suatu perangkat. Akses tersebut diatur berdasarkan MAC Address (Media Access Control) yang merupakan identifikasi unik yang dimiliki oleh network card perangkat.
5. Untuk menerapkan fitur keamanan Wired Equivalent Privacy atau WEP dan Wi-Fi Protected Access atau WAP.

BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Dari makalah ini kami menyimpulkan, bahwa:
Jaringan komputer memiliki beberapa manfaat, yaitu bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien, membantu berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, dll.
Klasifikasi jaringan komputer dibedakan berdasarkan geografisnya, fungsi, media transmisi yang digunakan, distribusi sumber informasi/data, dan topologi jaringan.

B.  Saran
Makalah  ini dibuat untuk pembaca yang ingin mengetahui secara singkat tentang jaringan komputer yang merupakan sebuah kebutuhan pokok di era modernisasi ini. Oleh karena itu penulis menyarankan agar dapat sekiranya membaca makalah ini sebagai sebuah referensi untuk mengetahui dan sebagai langkah awal untuk membangun sebuah jaringan komputer yang sederhana maupun yang kompleks sekalipun.. Disisi lain tentunya makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu jika terdapat pesan serata saran yang membangu dalam penyempurnaan makalah ini sekira mohon disampaikan kepada penulis.


DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer/ diakses pada 11 maret 2020 pukul 6:21
http://teknik-informatika.com/jaringan-komputer/ diakses pada 11 maret 2020 pukul 6:21
https://www.nesabamedia.com/perangkat-jaringan-komputer/ diakses pada 11 maret 2020 pukul 7:02
http://www.jaringankomputer.org/pengertian-jaringan-komputer/  diakses pada 11 maret 2020 pukul 9:03

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *