Cara Merubah RAR Menjadi ISO

Posted on

Jika Anda sering mengunduh file dari internet, Anda pasti tahu bahwa file yang sering ditemui adalah RAR. File RAR adalah salah satu jenis file kompresi yang sangat populer. Namun, terkadang Anda mungkin memerlukan file ISO daripada RAR. Sebenarnya, mengubah RAR menjadi ISO cukup mudah dilakukan. Berikut adalah cara merubah RAR menjadi ISO.

1. Download dan Install Software untuk Mengubah RAR Menjadi ISO

Anda harus memiliki software yang dapat mengubah RAR menjadi ISO. Beberapa software yang dapat Anda gunakan adalah WinRAR, 7-Zip, dan PowerISO. Anda dapat mengunduh software tersebut dari internet dan menginstalnya di komputer Anda.

Pos Terkait:  Sikap Menghargai Perbedaan Disebut: Mengapa Penting?

2. Buka Software yang Sudah di Install

Setelah Anda menginstal software untuk mengubah RAR menjadi ISO, buka software tersebut di komputer Anda. Setelah itu, Anda akan melihat tampilan awal dari software tersebut.

3. Pilih RAR yang Akan Diubah Menjadi ISO

Setelah software terbuka, pilih file RAR yang ingin Anda ubah menjadi ISO. Caranya sangat mudah, cukup klik kanan pada file RAR dan pilih opsi “Extract Here” atau “Ekstrak di Sini”, atau Anda dapat membuka file RAR dengan software tersebut.

4. Tunggu Proses Ekstraksi Sampai Selesai

Setelah memilih file RAR yang akan diubah menjadi ISO, Anda harus menunggu proses ekstraksi sampai selesai. Proses ekstraksi tergantung pada ukuran file RAR dan kecepatan komputer Anda.

5. Pilih File yang Sudah di Ekstrak

Setelah proses ekstraksi selesai, pilih file yang sudah diekstrak. Biasanya file yang sudah diekstrak akan berada dalam folder yang sama dengan file RAR. Pastikan Anda memilih file yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Klik Kanan pada File yang Sudah Dipilih

Setelah memilih file yang sudah diekstrak, klik kanan pada file tersebut. Kemudian, pilih opsi “Add to Archive” atau “Tambahkan ke Arsip”.

Pos Terkait:  Cara Mendapatkan YouTube Gratis Indosat

7. Pilih Jenis File ISO

Setelah memilih opsi “Add to Archive” atau “Tambahkan ke Arsip”, Anda akan melihat jendela baru. Pada jendela baru tersebut, pilih jenis file ISO pada opsi “Archive format” atau “Format Arsip. Ada beberapa jenis file ISO seperti ISO9660, UDF, dan ISO9660+UDF.

8. Beri Nama pada File ISO

Setelah memilih jenis file ISO, beri nama pada file ISO sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan Anda memberi nama yang mudah diingat dan sesuai dengan isi dari file tersebut.

9. Tentukan Lokasi Penyimpanan File ISO

Setelah memberi nama pada file ISO, tentukan lokasi penyimpanan file ISO. Anda dapat memilih lokasi penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Klik Tombol OK

Setelah Anda menentukan lokasi penyimpanan file ISO, klik tombol OK untuk memulai proses pengubahan RAR menjadi ISO.

11. Tunggu Proses Konversi Selesai

Setelah Anda mengklik tombol OK, Anda harus menunggu proses konversi selesai. Proses konversi tergantung pada ukuran file dan kecepatan komputer Anda.

12. Cek File ISO yang Sudah dihasilkan

Setelah proses konversi selesai, cek file ISO yang sudah dihasilkan. Pastikan file ISO tersebut dapat dibuka dan berisi isi file yang sama dengan RAR yang sudah Anda ubah.

Pos Terkait:  Biaya Transfer LinkAja ke BRI

13. Simpan File ISO dengan Aman

Setelah memastikan file ISO berisi isi file yang sama dengan RAR, simpan file ISO dengan aman. Anda dapat menyimpan file ISO tersebut di komputer atau perangkat lain yang aman.

14. Selesai

Sekarang Anda sudah berhasil mengubah RAR menjadi ISO. Anda dapat menggunakan file ISO tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Merubah file RAR menjadi ISO sangat mudah dilakukan dengan bantuan software yang tepat. Anda dapat menggunakan software seperti WinRAR, 7-Zip, atau PowerISO. Dalam melakukan pengubahan RAR menjadi ISO, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dengan benar. Selain itu, pastikan Anda menyimpan file ISO yang sudah dihasilkan dengan aman. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengubah RAR menjadi ISO dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *