Caramantap

Cara Download File WA yang Sudah Dihapus Pengirim

×

Cara Download File WA yang Sudah Dihapus Pengirim

Share this article

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer saat ini. Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk melakukan komunikasi dengan teman, keluarga, atau rekan kerja melalui pesan teks, suara, atau video. Namun, terkadang kita menemukan kendala saat ingin mendownload file yang sudah dihapus oleh pengirim. Berikut adalah cara mengatasi masalah tersebut:

1. Meminta Pengirim untuk Mengirim Ulang File

Cara paling mudah untuk mendapatkan file yang sudah dihapus oleh pengirim adalah dengan meminta pengirim untuk mengirim ulang file tersebut. Mintalah pengirim untuk mengirim file melalui pesan baru atau melalui layanan cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika pengirim tidak dapat mengirim ulang file atau Anda tidak ingin merepotkan pengirim, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendownload file yang sudah dihapus. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Undeleter. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengembalikan file yang sudah dihapus dari memori internal atau kartu SD.

Pos Terkait:  Cara Upload Video di Instagram Story Lebih dari 15 Detik

3. Memulihkan File dari Backup

Jika Anda melakukan backup data secara rutin, Anda bisa memulihkan file yang sudah dihapus melalui backup tersebut. Anda bisa menggunakan aplikasi backup bawaan ponsel atau aplikasi pihak ketiga seperti Google Photos atau Dropbox.

4. Mencari File di Folder WhatsApp

Jika file yang dihapus merupakan file yang dikirim melalui WhatsApp, Anda bisa mencari file tersebut di folder WhatsApp. Caranya adalah dengan membuka aplikasi File Manager dan masuk ke folder WhatsApp. Setelah itu, cari folder Media dan buka folder tersebut. Di dalam folder Media, Anda akan menemukan folder yang berisi file-file yang dikirim melalui WhatsApp.

5. Menggunakan Fitur Unduhan Otomatis

WhatsApp memiliki fitur unduhan otomatis yang memungkinkan aplikasi untuk secara otomatis mendownload file yang dikirim melalui pesan. Jika fitur ini diaktifkan, file yang sudah dihapus oleh pengirim masih bisa diunduh. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka aplikasi WhatsApp, masuk ke Pengaturan, pilih Unduhan Otomatis, dan atur opsi unduhan sesuai dengan keinginan Anda.

6. Memulihkan File dengan Program Recovery

Jika file yang dihapus merupakan file penting dan tidak bisa didapatkan dengan cara-cara di atas, Anda bisa menggunakan program recovery untuk memulihkan file tersebut. Beberapa program recovery yang bisa Anda gunakan antara lain EaseUS Data Recovery, Recuva, atau DiskDigger.

Pos Terkait:  Apa Yang Anda Ketahui Tentang Teknologi Pulmotor? Jelaskan Kegunaannya

7. Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mendownload file WhatsApp yang sudah dihapus oleh pengirim. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada kondisi dan kebutuhan Anda. Namun, sebaiknya Anda tetap berhati-hati saat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau program recovery, karena penggunaannya dapat berisiko menghapus atau merusak data yang tersimpan di perangkat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close