Caramantap

Cara Merekam Video di Youtube Lewat Android

×

Cara Merekam Video di Youtube Lewat Android

Share this article

Youtube adalah salah satu platform video terbesar di dunia. Dalam platform ini, Anda dapat mengunggah video, menonton video, dan bahkan merekam video langsung dari ponsel Android. Di artikel ini, Anda akan belajar cara merekam video di Youtube lewat Android secara mudah dan praktis.

1. Buka Aplikasi Youtube

Langkah pertama dalam merekam video di Youtube lewat Android adalah membuka aplikasi Youtube di ponsel Anda. Pastikan aplikasi Youtube sudah terinstall dan terbaru. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya melalui Google Play Store.

2. Pilih Tombol Kamera

Setelah membuka aplikasi Youtube, Anda akan melihat tombol kamera di sudut kanan bawah layar. Klik tombol kamera untuk memulai proses merekam video.

3. Atur Kamera

Setelah memilih tombol kamera, Anda akan melihat beberapa opsi pada layar. Opsi yang pertama adalah mengatur kamera. Anda dapat memilih kamera depan atau belakang dan mengatur kualitas video yang ingin Anda rekam.

Pos Terkait:  Cara Mengubah Nama Database di MySQL CMD

4. Atur Pengaturan Video

Setelah mengatur kamera, Anda akan melihat pengaturan video. Anda dapat mengatur pengaturan video seperti durasi video dan orientasi layar.

5. Rekam Video

Setelah mengatur pengaturan video, Anda siap merekam video di Youtube lewat Android. Tekan tombol rekam dan mulailah merekam video Anda.

6. Berhenti Merekam

Setelah merekam video selesai, klik tombol berhenti merekam untuk menghentikan proses merekam video. Anda dapat mengedit video sebelum mengunggahnya ke Youtube.

7. Unggah Video ke Youtube

Setelah merekam video, langkah terakhir adalah mengunggah video ke Youtube. Klik tombol Unggah pada layar dan ikuti langkah-langkah untuk mengunggah video Anda ke Youtube.

8. Berikan Judul Video

Saat mengunggah video ke Youtube, pastikan memberikan judul video yang menarik dan relevan dengan isi video. Judul video yang menarik dapat menarik perhatian orang untuk menonton video Anda.

9. Deskripsi Video

Selain judul video, deskripsi video juga sangat penting. Deskripsi video dapat memberikan informasi tambahan tentang video Anda dan membantu orang menemukan video Anda melalui pencarian.

10. Tambahkan Teks pada Video

Anda dapat menambahkan teks pada video Anda untuk memberikan informasi tambahan atau menyoroti poin penting dalam video. Teks dapat membuat video Anda lebih menarik dan mudah dipahami.

11. Tambahkan Musik pada Video

Anda juga dapat menambahkan musik pada video Anda untuk membuatnya lebih menarik dan hidup. Pastikan musik yang Anda tambahkan tidak melanggar hak cipta.

12. Tambahkan Tag pada Video

Tag adalah kata kunci yang menjelaskan isi video Anda. Tag dapat membantu orang menemukan video Anda melalui pencarian di Youtube.

13. Atur Privasi Video

Saat mengunggah video ke Youtube, pastikan mengatur privasi video Anda. Anda dapat memilih opsi publik, pribadi, atau tidak terdaftar.

Pos Terkait:  Daftar Link Nonton Attack On Titan, Lengkap Season 1

14. Tambahkan Thumbnail Video

Thumbnail video adalah gambar mini yang muncul saat orang mencari video di Youtube. Pastikan thumbnail video Anda menarik dan relevan dengan isi video.

15. Bagikan Video ke Sosial Media

Setelah mengunggah video ke Youtube, bagikan video Anda ke sosial media seperti Facebook dan Twitter. Bagikan juga video Anda ke keluarga dan teman untuk mendapatkan lebih banyak penonton.

16. Gunakan Hashtag

Hashtag dapat membantu orang menemukan video Anda di media sosial. Gunakan hashtag yang relevan dengan isi video Anda.

17. Jadwalkan Video

Jika Anda ingin mengunggah video secara terjadwal, Anda dapat menggunakan opsi jadwalkan video pada Youtube. Anda dapat memilih tanggal dan waktu yang tepat untuk mengunggah video Anda.

18. Gunakan Fitur Live Streaming

Jika Anda ingin merekam video secara langsung dan langsung mengunggahnya ke Youtube, Anda dapat menggunakan fitur live streaming pada Youtube. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil untuk menggunakan fitur ini.

19. Gunakan Aplikasi Perekam Video

Anda juga dapat menggunakan aplikasi perekam video lain untuk merekam video dan mengunggahnya ke Youtube. Pastikan aplikasi yang Anda gunakan kompatibel dengan Youtube.

20. Gunakan Aplikasi Edit Video

Jika Anda ingin mengedit video Anda sebelum mengunggahnya ke Youtube, Anda dapat menggunakan aplikasi edit video pada ponsel Android Anda. Aplikasi ini dapat membantu memotong video, menambahkan efek, dan memperbaiki kualitas video Anda.

21. Gunakan Mikrofon Eksternal

Jika Anda ingin merekam suara yang lebih jelas dan berkualitas tinggi, Anda dapat menggunakan mikrofon eksternal saat merekam video. Mikrofon eksternal dapat membantu meminimalkan suara bising dan meningkatkan kualitas suara Anda.

22. Gunakan Tripod

Jika Anda ingin merekam video yang stabil dan tidak goyang, Anda dapat menggunakan tripod saat merekam video. Tripod dapat membantu Anda merekam video dengan sudut yang tepat dan tidak bergoyang.

Pos Terkait:  Perbedaan Susu SGM Madu dan Vanila: Mana yang Lebih Baik untuk Anak?

23. Periksa Kualitas Video Anda

Sebelum mengunggah video ke Youtube, pastikan memeriksa kualitas video Anda. Pastikan video Anda tidak terlalu buram atau pecah-pecah.

24. Periksa Suara Video Anda

Periksa juga suara video Anda sebelum mengunggahnya ke Youtube. Pastikan suara Anda jelas dan tidak terdengar bising.

25. Periksa Durasi Video Anda

Pastikan durasi video Anda sesuai dengan tema atau topik video Anda. Jangan membuat video yang terlalu panjang atau terlalu pendek.

26. Pilih Kategori Video yang Tepat

Youtube memiliki beberapa kategori video yang dapat Anda pilih. Pilih kategori video yang tepat untuk memudahkan orang menemukan video Anda melalui pencarian.

27. Periksa Hak Cipta

Sebelum mengunggah video ke Youtube, pastikan video Anda tidak melanggar hak cipta. Jangan menggunakan musik atau video yang dilindungi hak cipta tanpa izin.

28. Berikan Komentar pada Video Orang Lain

Untuk mendapatkan lebih banyak penonton, berikan komentar pada video orang lain. Berikan komentar yang relevan dan berbobot.

29. Promosikan Video Anda

Promosikan video Anda di berbagai platform sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Berikan tautan ke video Anda dan ajak orang untuk menonton video Anda.

30. Pantau Statistik Video Anda

Youtube memiliki fitur statistik yang dapat membantu Anda memantau jumlah penonton, waktu tontonan, dan interaksi pada video Anda. Pantau statistik video Anda untuk mengetahui performa video Anda dan meningkatkan kualitas video Anda di masa depan.

Kesimpulan

Merekam video di Youtube lewat Android adalah mudah dan praktis. Dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini, Anda dapat merekam video dengan mudah dan mengunggahnya ke Youtube dengan cepat. Pastikan video Anda menarik dan berkualitas tinggi untuk mendapatkan lebih banyak penonton dan penggemar.

close