Cara Upload Video Dengan Durasi Panjang di Instagram

Posted on

Berapa durasi video yang bisa Kita upload di Instagram? Sampai saat ini, durasinya hanya dibatasi 60 detik saja. Itu pun sudah ada peningkatan dibandingkan dengan sebelumnya, yang mana sebelumnya hanya setengah menit saja.

Bagaimana jika Kita memiliki sebuah video berdurasi panjang lebih dari 60 detik/satu menit, apakah bisa diupload seluruhnya? Jawabannya bisa. Kita dapat mengirimnya secara full, mulai dari detik pertama sampai detik terakhir.

Berikut Cara Upload Video Dengan Durasi Panjang di Instagram

Agar dapat mengupload video ke instagram yang berdurasi panjang hingga dapat terkirim seluruhnya/full, maka videonya harus Kita potong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian.

Jika tanpa terpotong, maka Kita tidak akan bisa mengunggahnya secara keseluruhan. Sebenarnya ada cara agar video yang kita kirim ke Instagram tanpa/tidak terpotong, namun yang hanya bisa melihat video tersebut adalah orang yang mengirim saja, sedangkan orang lain tetap hanya bisa melihat 1 menit saja, selebihnya tak dapat dilihat. Jadi inilah satu-satunya cara yang bisa kalian lakukan.

Untuk memotong video, Kalian bisa menggunakan aplikasi edit video yang sudah Kalian miliki. jika belum punya, silahkan cari di Play Store, banyak aplikasi edit video gratisan yang bisa di download di sana. Atau bisa menggunakan aplikasi yang sering saya gunakan, link aplikasinya sudah saya sediakan di bawah. Saya merekomendasikan aplikasi ini karena penggunaannya mudah dan simpel sekali.

Jika sudah memiliki aplikasinya, silahkan potong video Kalian menjadi beberapa bagian. Seumpama video kalian berdurasi 2 menit, berarti harus dipotong menjadi dua bagian.

-Bagaian yang pertama, mulai dari detik ke 00:00 sampai detik ke 00:59

-Bagian yang kedua, mulai dari detik ke 01:00 sampai detik ke 01:59.

Jika sudah selesai dan hasil pemotongan sudah tersimpan di galeri, sekarang saatnya mengupload ke instagram.

  • Silahkan masuk ke instagram.
  • Tekan ikon tambah yang berada di bagian tengah.
  • Maka kalian di bawa masuk ke galeri penyimpanan video kalian.
  • Ketuk video bagian yang pertama hasil editan Kalian tadi.
  • Seletah itu ketuk tombol Tambahkan.
  • Lalu ketuk video bagian kedua.
  • Kemudian ketuk Selanjutnya.
  • Lalu Selanjutnya lagi.
  • Jika ingin menambahkan satu atau dua patah kata silahkan tulis pada kolom yang tersedia. Tulis sesuai kehendak kalian. Dibiarkan kosong juga tidak papa.
  • Ketuk Bagikan untuk mengupload.
  • Setelah mengetuk Bagikan maka video Kalian dalam proses pengiriman. Tunggu sampai proses upload selesai.

Setelah terkirim maka videonya bisa dilihat oleh pengguna instagram lainnya dengan cara mengeser layar ke kiri.

Jadi, sepanjang apapun durasi video milik Kalian dan ingin menguploadnya ke instagram secara full, baik itu yang berdurasi 2 menit atau lebih dari 2 menit, maka bisa dilakukan dengan cara di atas.

Jika gagal upload ini solusinya:

  1. Jika video gagal terupload, coba kalian kurangi durasi video pada masing-masing bagian, kurangi satu atau dua detik. Setelah mengurangi durasinya silahkan coba upload kembali.
  2. Atau upload satu persatu (jangan bersamaan). Maksud saya begini, upload video pertama sampai selesai, setelah selesai terupload, silahkan upload video bagian kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *