Caramantap

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di HP Samsung J2 Prime

×

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh di HP Samsung J2 Prime

Share this article

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Salah satu cara mengatasi penyimpanan penuh di HP Samsung J2 Prime adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Banyak aplikasi yang terinstal di HP kita, namun tidak semuanya digunakan secara aktif. Oleh karena itu, kita bisa menghapus aplikasi yang tidak digunakan tersebut untuk mengurangi beban penyimpanan pada HP kita.

2. Pindahkan File ke Cloud Storage

Jika penyimpanan internal pada HP Samsung J2 Prime sudah penuh, kita bisa memindahkan file-file penting atau yang jarang digunakan ke cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan begitu, kita bisa menghemat penyimpanan internal HP kita.

3. Hapus File Sampah

Selain aplikasi yang tidak digunakan, file sampah juga menjadi penyebab penyimpanan penuh pada HP Samsung J2 Prime. File sampah ini bisa berupa file unduhan, file cache, atau file sisa dari aplikasi yang sudah dihapus. Kita bisa menghapus file sampah tersebut dengan menggunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner atau AVG Cleaner.

4. Hapus File Media yang Sudah Tidak Dibutuhkan

File media seperti foto dan video juga memakan banyak penyimpanan pada HP Samsung J2 Prime. Oleh karena itu, kita bisa menghapus file media yang sudah tidak dibutuhkan atau dipindahkan ke perangkat lain seperti laptop atau hard disk eksternal.

Pos Terkait:  Bahaya Ini yang Mengancam Jika Menggunakan Charger

5. Gunakan Kartu SD

Jika penyimpanan internal pada HP Samsung J2 Prime sudah penuh, kita bisa menggunakan kartu SD sebagai alternatif penyimpanan tambahan. Dengan begitu, kita bisa menyimpan file-file penting pada kartu SD dan menghemat penyimpanan internal pada HP kita.

6. Hapus Riwayat Browsing

Riwayat browsing pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa menghapus riwayat browsing secara berkala untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

7. Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi

Fitur sinkronisasi seperti sinkronisasi akun Google atau akun media sosial juga memakan banyak penyimpanan pada HP Samsung J2 Prime. Oleh karena itu, kita bisa mematikan fitur sinkronisasi yang tidak diperlukan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

8. Batasi Jumlah Pesan dan Panggilan yang Disimpan

Pesan dan panggilan yang disimpan pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa membatasi jumlah pesan dan panggilan yang disimpan pada HP kita untuk menghemat penyimpanan.

9. Gunakan Aplikasi Penghemat Data

Aplikasi penghemat data seperti Opera Max atau Data Eye dapat membantu menghemat penyimpanan pada HP Samsung J2 Prime. Aplikasi ini dapat memblokir penggunaan data pada aplikasi tertentu atau memampatkan ukuran file yang diunduh.

10. Hapus Berkas Unduhan

Berkas unduhan pada HP Samsung J2 Prime juga memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa menghapus berkas unduhan yang sudah tidak diperlukan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

11. Hapus Berkas Gambar dan Video yang Duplikat

Berkas gambar dan video yang duplikat pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa menghapus berkas gambar dan video yang duplikat untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

12. Hapus Berkas Audio yang Tidak Dibutuhkan

Berkas audio pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa menghapus berkas audio yang tidak dibutuhkan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

13. Gunakan Aplikasi Pembersih

Aplikasi pembersih seperti Clean Master atau SD Maid dapat membantu membersihkan file-file yang tidak diperlukan pada HP Samsung J2 Prime. Aplikasi ini dapat membersihkan file sampah, file cache, atau file sisa dari aplikasi yang sudah dihapus.

Pos Terkait:  Cara Membuka Blokir Nomor Telepon di HP Vivo

14. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi juga dapat memakan banyak penyimpanan pada HP Samsung J2 Prime. Oleh karena itu, kita bisa menghapus cache aplikasi secara berkala untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

15. Nonaktifkan Fitur Animasi

Fitur animasi pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa mematikan fitur animasi yang tidak diperlukan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

16. Hapus Berkas Dokumen yang Tidak Dibutuhkan

Berkas dokumen pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa menghapus berkas dokumen yang tidak dibutuhkan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

17. Nonaktifkan Fitur GPS

Fitur GPS pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa mematikan fitur GPS yang tidak diperlukan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

18. Batasi Jumlah Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

19. Nonaktifkan Fitur Auto-update pada Aplikasi

Fitur auto-update pada aplikasi juga dapat memakan banyak penyimpanan pada HP Samsung J2 Prime. Oleh karena itu, kita bisa mematikan fitur auto-update pada aplikasi yang tidak diperlukan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

20. Gunakan Aplikasi Pemadat

Aplikasi pemadat seperti RAR atau WinRAR dapat membantu memadatkan file-file yang jarang digunakan pada HP Samsung J2 Prime. Dengan begitu, kita bisa menghemat penyimpanan pada HP kita.

21. Hapus Berkas Log

Berkas log pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa menghapus berkas log secara berkala untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

22. Nonaktifkan Fitur Suara Klik pada Keyboard

Fitur suara klik pada keyboard juga dapat memakan banyak penyimpanan pada HP Samsung J2 Prime. Oleh karena itu, kita bisa mematikan fitur suara klik pada keyboard untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

23. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai seperti DU Battery Saver atau Battery Doctor dapat membantu menghemat penyimpanan pada HP Samsung J2 Prime. Aplikasi ini dapat mematikan aplikasi yang tidak diperlukan atau menurunkan kecerahan layar untuk menghemat baterai dan penyimpanan pada HP kita.

Pos Terkait:  Livery Bussid Keren: Tampil Beda dengan Modifikasi Livery Bus Terbaru

24. Nonaktifkan Fitur Bluetooth

Fitur Bluetooth pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa mematikan fitur Bluetooth yang tidak diperlukan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

25. Hapus Berkas APK

Berkas APK pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa menghapus berkas APK yang tidak diperlukan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

26. Nonaktifkan Fitur NFC

Fitur NFC pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa mematikan fitur NFC yang tidak diperlukan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

27. Gunakan Aplikasi Penghemat RAM

Aplikasi penghemat RAM seperti Clean Master atau AVG Cleaner dapat membantu menghemat penyimpanan pada HP Samsung J2 Prime. Aplikasi ini dapat membersihkan RAM dari aplikasi yang tidak diperlukan atau mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

28. Nonaktifkan Fitur Vibrasi

Fitur vibrasi pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa mematikan fitur vibrasi yang tidak diperlukan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

29. Hapus Berkas Sisa Setelah Rooting

Berkas sisa setelah rooting pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa menghapus berkas sisa tersebut untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

30. Nonaktifkan Fitur Live Wallpaper

Fitur live wallpaper pada HP Samsung J2 Prime juga dapat memakan banyak penyimpanan. Oleh karena itu, kita bisa mematikan fitur live wallpaper yang tidak diperlukan untuk menghemat penyimpanan pada HP kita.

Kesimpulan

Penyimpanan penuh pada HP Samsung J2 Prime dapat mengganggu kinerja HP kita. Oleh karena itu, kita perlu menghemat penyimpanan dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, memindahkan file ke cloud storage, menghapus file sampah, dan membatasi jumlah pesan dan panggilan yang disimpan. Selain itu, kita juga bisa menggunakan kartu SD sebagai alternatif penyimpanan tambahan, menggunakan aplikasi penghemat data atau baterai, dan menghapus berkas yang tidak diperlukan. Dengan memperhatikan tips-tips di atas, kita bisa menghemat penyimpanan pada HP Samsung J2 Prime dan memperbaiki kinerja HP kita.

close