Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime

Posted on

Jika kamu menggunakan Samsung J2 Prime, kamu mungkin pernah mengalami masalah dengan memori penuh. Hal ini bisa membuat smartphone kamu berjalan lambat dan tidak bisa menyimpan foto atau aplikasi baru. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi memori penuh pada Samsung J2 Prime.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Salah satu cara paling sederhana untuk mengatasi memori penuh pada Samsung J2 Prime adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan. Kamu bisa melakukan hal ini dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin dihapus dan klik hapus. Pastikan untuk hanya menghapus aplikasi yang tidak lagi kamu gunakan.

2. Hapus File yang Tidak Dibutuhkan

Selain menghapus aplikasi, kamu juga bisa membersihkan file yang tidak dibutuhkan. Kamu bisa menghapus file seperti foto, video, dan musik yang tidak kamu dengarkan atau lihat lagi. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengelola file untuk menemukan dan menghapus file yang tidak dibutuhkan.

3. Gunakan Kartu SD

Jika kamu sering menyimpan foto atau video, kamu mungkin memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan. Kamu bisa menggunakan kartu SD untuk menyimpan file yang tidak sering kamu akses. Pastikan untuk membeli kartu SD yang sesuai dengan kapasitas dan kelas kecepatan smartphone kamu.

4. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi adalah file sementara yang disimpan pada smartphone kamu. Cache ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Kamu bisa menghapus cache aplikasi dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih penyimpanan. Kemudian, pilih cache data dan klik hapus cache. Ini akan membantu membersihkan ruang penyimpanan pada smartphone kamu.

5. Gunakan Aplikasi Penghemat Ruang

Jika kamu tidak ingin menghapus file atau aplikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi penghemat ruang. Aplikasi ini akan memindahkan file atau aplikasi yang jarang digunakan ke kartu SD atau cloud storage. Beberapa aplikasi penghemat ruang yang populer adalah Clean Master, CCleaner, dan SD Maid.

Pos Terkait:  Buka Rekening BCA: Cara Mudah dan Cepat Membuat Rekening Bank BCA

6. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan

Samsung J2 Prime hadir dengan banyak aplikasi bawaan yang mungkin tidak kamu butuhkan. Beberapa aplikasi ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan dan memperlambat smartphone kamu. Kamu bisa nonaktifkan aplikasi bawaan dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi bawaan dan klik nonaktifkan.

7. Gunakan Aplikasi Pembersih

Jika kamu tidak ingin menghapus file atau aplikasi secara manual, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih. Aplikasi ini akan membersihkan file yang tidak dibutuhkan, cache aplikasi, dan file sementara lainnya secara otomatis. Beberapa aplikasi pembersih yang populer adalah Clean Master, CCleaner, dan SD Maid.

8. Hapus File Download

Jika kamu sering mendownload file seperti lagu atau video, kamu mungkin memiliki banyak file download yang memakan banyak ruang penyimpanan. Kamu bisa menghapus file download yang tidak kamu butuhkan lagi dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih unduhan. Kemudian, pilih file yang ingin dihapus dan klik hapus.

9. Gunakan Cloud Storage

Jika kamu memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan untuk foto, video, atau file lainnya, kamu bisa menggunakan cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox. Kamu bisa mengunggah file ke cloud storage dan mengaksesnya dari smartphone kamu. Pastikan untuk memilih penyedia cloud storage yang terpercaya.

10. Perbarui Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang tidak diperbarui bisa mempengaruhi performa smartphone kamu. Perbarui perangkat lunak Samsung J2 Prime secara teratur untuk memastikan bahwa smartphone kamu berjalan dengan baik. Pembaruan perangkat lunak juga bisa membantu mengatasi masalah dengan memori penuh.

11. Hapus Riwayat Browser

Riwayat browser adalah file sementara yang disimpan pada smartphone kamu. File ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Kamu bisa menghapus riwayat browser dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih aplikasi. Kemudian, pilih browser dan klik hapus data.

12. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Kamu bisa nonaktifkan sinkronisasi otomatis dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih akun. Kemudian, pilih akun yang ingin kamu nonaktifkan sinkronisasi otomatisnya dan klik nonaktifkan.

13. Gunakan Aplikasi Pengarsip File

Jika kamu memiliki banyak file yang tidak teratur, kamu bisa menggunakan aplikasi pengarsip file. Aplikasi ini akan membantu mengelompokkan file berdasarkan jenis dan ukuran. Beberapa aplikasi pengarsip file yang populer adalah RAR, 7Zipper, dan AndroZip.

Pos Terkait:  HP Xiaomi Ini Dapatkan Update MIUI 14 Berbasis Android

14. Nonaktifkan Animasi

Animasi bisa memperlambat performa smartphone kamu. Kamu bisa nonaktifkan animasi dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih tentang perangkat. Kemudian, pilih nomor build beberapa kali sampai kamu melihat pesan “Anda sekarang menjadi pengembang. Kemudian, kembali ke pengaturan dan pilih opsi pengembang. Kemudian, nonaktifkan animasi.

15. Gunakan Aplikasi Pemantau Memori

Jika kamu ingin memantau penggunaan memori pada smartphone kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi pemantau memori. Aplikasi ini akan menunjukkan berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan dan memperingatkan jika memori hampir penuh. Beberapa aplikasi pemantau memori yang populer adalah ES Task Manager, Advanced Task Manager, dan WatchDog Task Manager.

16. Hapus File Log

File log adalah file yang disimpan pada smartphone kamu untuk membantu memecahkan masalah. Namun, file ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Kamu bisa menghapus file log dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin dihapus log-nya dan klik hapus log.

17. Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Notifikasi aplikasi bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Kamu bisa nonaktifkan notifikasi aplikasi dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi dan klik nonaktifkan notifikasi.

18. Hapus Berkas Unduhan

Berkas unduhan adalah file yang disimpan pada smartphone kamu saat kamu mendownload file dari internet. Kamu bisa menghapus berkas unduhan yang tidak kamu butuhkan lagi dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih unduhan. Kemudian, pilih berkas unduhan dan klik hapus.

19. Matikan Animasi Wallpaper

Animasi wallpaper bisa memperlambat performa smartphone kamu. Kamu bisa matikan animasi wallpaper dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih tampilan. Kemudian, pilih wallpaper dan klik nonaktifkan animasi.

20. Hapus Berkas Cache Sistem

Berkas cache sistem adalah file sementara yang disimpan oleh sistem operasi Android. File ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Kamu bisa menghapus berkas cache sistem dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih penyimpanan. Kemudian, pilih cache data dan klik hapus cache sistem.

21. Nonaktifkan Animasi Transisi

Animasi transisi bisa memperlambat performa smartphone kamu. Kamu bisa nonaktifkan animasi transisi dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih opsi pengembang. Kemudian, nonaktifkan animasi transisi.

22. Hapus Berkas Log Sistem

Berkas log sistem adalah file yang disimpan oleh sistem operasi Android. File ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Kamu bisa menghapus berkas log sistem dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih aplikasi. Kemudian, pilih sistem dan klik hapus log sistem.

23. Nonaktifkan Animasi Skala

Animasi skala bisa memperlambat performa smartphone kamu. Kamu bisa nonaktifkan animasi skala dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih opsi pengembang. Kemudian, nonaktifkan animasi skala.

Pos Terkait:  Cara Mengembalikan Akun FF yang Hilang

24. Hapus Berkas Log Kernel

Berkas log kernel adalah file yang disimpan oleh sistem operasi Android. File ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Kamu bisa menghapus berkas log kernel dengan membuka aplikasi Terminal Emulator dan mengetikkan perintah “su” dan “dmesg -c.

25. Nonaktifkan Animasi Window

Animasi window bisa memperlambat performa smartphone kamu. Kamu bisa nonaktifkan animasi window dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih opsi pengembang. Kemudian, nonaktifkan animasi window.

26. Hapus Berkas Log Radio

Berkas log radio adalah file yang disimpan oleh sistem operasi Android. File ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Kamu bisa menghapus berkas log radio dengan membuka aplikasi Terminal Emulator dan mengetikkan perintah “su” dan “logcat -c.

27. Nonaktifkan Animasi List View

Animasi list view bisa memperlambat performa smartphone kamu. Kamu bisa nonaktifkan animasi list view dengan pergi ke pengaturan, lalu pilih opsi pengembang. Kemudian, nonaktifkan animasi list view.

28. Hapus Berkas Log Event

Berkas log event adalah file yang disimpan oleh sistem operasi Android. File ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Kamu bisa menghapus berkas log event dengan membuka aplikasi Terminal Emulator dan mengetikkan perintah “su” dan “rm /data/misc/logd/*.

29. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Jika kamu ingin menggunakan smartphone kamu lebih lama, kamu bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai. Aplikasi ini akan membantu mematikan aplikasi yang tidak digunakan dan menghemat baterai smartphone kamu. Beberapa aplikasi penghemat baterai yang populer adalah DU Battery Saver, Greenify, dan Battery Doctor.

30. Hapus Berkas Log Debug

Berkas log debug adalah file yang disimpan oleh sistem operasi Android. File ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Kamu bisa menghapus berkas log debug dengan membuka aplikasi Terminal Emulator dan mengetikkan perintah “su” dan “rm /data/log/*.log”.

Kesimpulan

Memori penuh pada Samsung J2 Prime bisa membuat smartphone kamu berjalan lambat dan tidak bisa menyimpan foto atau aplikasi baru. Namun, dengan menggunakan beberapa cara di atas, kamu bisa mengatasi masalah dengan memori penuh. Pastikan untuk memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan jangan lupa untuk membackup file penting sebelum menghapusnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu!