Caramantap

Cara Cek Xiaomi Snapdragon atau Mediatek

×

Cara Cek Xiaomi Snapdragon atau Mediatek

Share this article

Memilih ponsel yang cocok dengan kebutuhan memang tidak mudah. Salah satu pertimbangan yang perlu diperhatikan adalah jenis chipset yang digunakan. Xiaomi merupakan salah satu merek ponsel yang terkenal dengan chipsetnya yang berkualitas. Namun, bagaimana cara mengecek apakah Xiaomi menggunakan Snapdragon atau Mediatek? Berikut adalah caranya.

1. Buka Pengaturan Ponsel Xiaomi

Langkah pertama adalah membuka pengaturan ponsel Xiaomi. Caranya adalah dengan mengetuk ikon pengaturan pada layar utama ponsel.

2. Pilih Informasi Telepon

Setelah masuk ke menu pengaturan, gulirkan layar ke bawah hingga menemukan opsi “Tentang Telepon”. Pilih opsi tersebut untuk melihat informasi detail tentang ponsel Xiaomi Anda.

3. Cek Versi MIUI

Saat membuka informasi telepon, hal pertama yang terlihat adalah versi MIUI yang digunakan. MIUI adalah antarmuka pengguna yang dikembangkan oleh Xiaomi. Namun, versi MIUI tidak memberikan informasi tentang jenis chipset yang digunakan.

4. Klik Beberapa Kali pada Versi MIUI

Untuk mengetahui jenis chipset yang digunakan, klik beberapa kali pada versi MIUI. Setelah beberapa kali di klik, akan muncul tampilan baru yang memberikan informasi lebih detail.

Pos Terkait:  Cara Membuat Link Bio di Instagram

5. Cek Tipe Prosesor

Setelah tampilan baru muncul, perhatikan bagian “Tipe Prosesor”. Di sana akan terlihat apakah Xiaomi menggunakan Snapdragon atau Mediatek. Jika tertulis “Qualcomm Snapdragon”, berarti Xiaomi menggunakan chipset Snapdragon. Sebaliknya, jika tertulis “Mediatek Helio”, berarti Xiaomi menggunakan chipset Mediatek.

6. Snapdragon atau Mediatek?

Setelah mengetahui jenis chipset yang digunakan, mungkin Anda bertanya-tanya mana yang lebih baik, Snapdragon atau Mediatek? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Snapdragon

Chipset Snapdragon memiliki kelebihan dalam performa dan efisiensi daya. Snapdragon juga lebih mudah ditemukan di ponsel kelas atas. Selain itu, Snapdragon lebih populer di kalangan pengguna ponsel.

Kekurangan Snapdragon

Chipset Snapdragon biasanya lebih mahal dibandingkan dengan Mediatek. Selain itu, Snapdragon tidak mendukung penggunaan dua kartu SIM secara bersamaan.

Kelebihan Mediatek

Chipset Mediatek memiliki kelebihan dalam harga yang lebih terjangkau. Selain itu, Mediatek mendukung penggunaan dua kartu SIM secara bersamaan. Sehingga, cocok untuk pengguna yang membutuhkan dua nomor telepon dalam satu ponsel.

Kekurangan Mediatek

Performa Mediatek biasanya lebih rendah dibandingkan dengan Snapdragon. Selain itu, Mediatek lebih boros daya dan lebih cepat panas.

Kesimpulan

Memilih ponsel dengan chipset Snapdragon atau Mediatek memang tidak mudah. Namun, dengan mengetahui cara cek Xiaomi Snapdragon atau Mediatek, setidaknya dapat membantu Anda dalam memilih ponsel yang cocok dengan kebutuhan. Selain itu, ketahui juga kelebihan dan kekurangan masing-masing chipset sebelum Anda memutuskan untuk membeli ponsel Xiaomi.

Pos Terkait:  Contoh Kalimat Colloquialism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close