Caramantap

Cara Mengekstrak File 7z ke ISO di PC

×

Cara Mengekstrak File 7z ke ISO di PC

Share this article

Mungkin Anda pernah mengunduh file dengan ekstensi .7z dan ingin mengubahnya menjadi file .iso. Namun, Anda mungkin tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Jangan khawatir, dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara mengekstrak file 7z ke ISO di PC secara mudah dan cepat.

Apa itu File 7z dan ISO?

Sebelum kita membahas tentang cara mengekstrak file 7z ke ISO, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu file 7z dan ISO.

File 7z adalah jenis file arsip yang digunakan untuk mengompres file dan folder. File 7z menggunakan algoritma kompresi yang lebih baik daripada format arsip lainnya seperti ZIP dan RAR. Sementara itu, file ISO adalah jenis file image disk yang digunakan untuk membuat salinan dari disk fisik, seperti CD atau DVD.

Langkah Pertama: Mengunduh dan Memasang 7-Zip

Sebelum kita dapat mengekstrak file 7z ke ISO, kita perlu terlebih dahulu mengunduh dan memasang program yang disebut 7-Zip. 7-Zip adalah program open-source yang dapat digunakan untuk mengompres dan mengekstrak berbagai jenis file arsip, termasuk file 7z.

Pos Terkait:  Cara aktifkan fitur split screen (layar split) di Xiaomi redmi 4a

Anda dapat mengunduh 7-Zip dari situs resminya di https://www.7-zip.org/. Setelah Anda mengunduh programnya, cukup instal seperti biasa dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Langkah Kedua: Mengekstrak File 7z

Setelah Anda memasang 7-Zip, sekarang saatnya untuk mengekstrak file 7z ke ISO. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka program 7-Zip dengan mengklik kanan pada file 7z yang ingin Anda ekstrak dan memilih “7-Zip” dan kemudian pilih “Extract Here”.
  2. Setelah itu, Anda akan melihat folder baru yang terbentuk dengan nama yang sama dengan file 7z.
  3. Buka folder tersebut dan cari file dengan ekstensi .bin. File ini adalah file image disk yang ingin Anda buat.
  4. Sekarang, klik kanan pada file .bin dan pilih “7-Zip” dan kemudian pilih “Extract Here.
  5. Setelah itu, Anda akan melihat file ISO baru yang terbentuk dengan nama yang sama dengan file .bin. File ini adalah file image disk yang ingin Anda buat.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara mengekstrak file 7z ke ISO di PC. Langkah-langkahnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh dan memasang program 7-Zip dan kemudian mengikuti instruksi yang diberikan. Sekarang, Anda dapat membuat salinan dari disk fisik dengan mudah dan cepat menggunakan file image disk formato ISO yang telah dihasilkan.

Pos Terkait:  Mengapa Para Pedagang Waktu Itu Memilih Jalur Perairan atau Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close