Caramantap

Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Utama dengan Mudah

×

Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Utama dengan Mudah

Share this article

Smartphone saat ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari mulai mengirim pesan, menelepon, hingga menjalankan aplikasi untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Namun, terkadang kita kesulitan menemukan aplikasi yang dibutuhkan karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang di dalam smartphone. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara menampilkan aplikasi di layar utama dengan mudah.

1. Gunakan Fitur Pencarian

Jika kamu memiliki banyak aplikasi yang terpasang di smartphone, maka cara termudah untuk menampilkan aplikasi yang diinginkan adalah dengan menggunakan fitur pencarian. Hampir semua smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan fitur pencarian, mulai dari iPhone, Android, hingga Windows Phone. Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup geser layar ke bawah dan ketikkan nama aplikasi yang diinginkan pada kolom pencarian, maka aplikasi tersebut akan muncul.

2. Buat Folder

Jika kamu ingin menampilkan beberapa aplikasi yang sering digunakan, kamu bisa membuat folder. Cara membuat folder pada iPhone atau iPad cukup mudah, kamu hanya perlu menekan dan menahan ikon aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam folder. Setelah itu, ikon aplikasi tersebut akan bergetar dan kamu bisa men-drag ikon tersebut ke ikon aplikasi yang sejenis. Untuk Android, kamu bisa menekan dan menahan ikon aplikasi, lalu tarik ke ikon aplikasi yang sejenis dan secara otomatis akan terbentuk folder baru.

3. Gunakan Widget

Widget adalah salah satu fitur yang bisa digunakan untuk menampilkan aplikasi di layar utama. Widget adalah shortcut yang terletak pada layar utama dan bisa langsung membuka aplikasi tanpa harus membuka aplikasi secara manual. Widget bisa ditemukan pada menu aplikasi, kamu hanya perlu menekan dan menahan ikon aplikasi yang ingin dibuatkan widget, lalu pilih opsi “Add to Home Screen” dan pilih widget yang diinginkan.

4. Buat Shortcuts

Jika kamu sering menggunakan aplikasi tertentu, kamu bisa membuat shortcut untuk memudahkan akses ke aplikasi tersebut. Cara membuat shortcut pada iPhone atau iPad sangat mudah, kamu hanya perlu menekan dan menahan ikon aplikasi yang ingin dibuatkan shortcut, lalu pilih opsi “Add to Home Screen. Sedangkan pada Android, kamu bisa menekan dan menahan ikon aplikasi, lalu pilih opsi “Add to Home” dan pilih shortcut yang diinginkan.

Pos Terkait:  Cara Hack Quizizz Terbaru: Menangkan Pertandingan dengan Mudah

5. Gunakan Aplikasi Launcher

Jika kamu merasa kesulitan menemukan aplikasi yang diinginkan, kamu bisa menggunakan aplikasi launcher. Aplikasi launcher adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur tampilan layar utama dan mempermudah akses ke aplikasi yang sering digunakan. Ada banyak aplikasi launcher yang bisa diunduh di Play Store atau App Store, seperti Nova Launcher, Apex Launcher, dan lain sebagainya.

6. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika kamu memiliki terlalu banyak aplikasi yang terpasang di smartphone, maka cara terbaik untuk memudahkan akses ke aplikasi yang sering digunakan adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Semakin sedikit aplikasi yang terpasang, maka semakin mudah juga untuk menemukan aplikasi yang diinginkan. Kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak digunakan pada menu pengaturan atau pada menu aplikasi.

7. Gunakan Folder Organizer

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi di layar utama lebih rapi dan terorganisir, kamu bisa menggunakan folder organizer. Folder organizer adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat folder dan mengatur tampilan layar utama. Ada banyak folder organizer yang bisa diunduh di Play Store atau App Store, seperti Folder Organizer, Smart Drawer, dan lain sebagainya.

8. Gunakan Aplikasi Kustomisasi Layar Utama

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi di layar utama dengan tampilan yang unik dan menarik, kamu bisa menggunakan aplikasi kustomisasi layar utama. Aplikasi kustomisasi layar utama adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan layar utama, mulai dari wallpaper, ikon, tema, hingga widget. Ada banyak aplikasi kustomisasi layar utama yang bisa diunduh di Play Store atau App Store, seperti Zooper Widget, Themer, dan lain sebagainya.

9. Gunakan Fitur Sorting

Fitur sorting adalah fitur yang bisa digunakan untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan kategori atau abjad. Fitur ini sangat berguna jika kamu memiliki banyak aplikasi yang terpasang di smartphone. Untuk menggunakan fitur sorting pada iPhone atau iPad, kamu hanya perlu menekan dan menahan ikon aplikasi, lalu pilih opsi “Edit Home Screen” dan atur posisi aplikasi sesuai keinginan. Sedangkan pada Android, kamu bisa menggunakan fitur sorting pada menu pengaturan atau pada menu aplikasi.

10. Buat Grup Aplikasi

Jika kamu memiliki banyak aplikasi yang terpasang di smartphone, maka cara terbaik untuk memudahkan akses ke aplikasi yang sering digunakan adalah dengan membuat grup aplikasi. Kamu bisa membuat grup aplikasi berdasarkan kategori atau jenis aplikasi. Cara membuat grup aplikasi pada iPhone atau iPad cukup mudah, kamu hanya perlu menekan dan menahan ikon aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam grup, lalu drag ikon tersebut ke ikon grup yang sudah dibuat. Sedangkan pada Android, kamu bisa menekan dan menahan ikon aplikasi, lalu tarik ke ikon grup yang sudah dibuat dan secara otomatis ikon tersebut akan masuk ke dalam grup.

Pos Terkait:  Cara Agar Jago Main Bola: Tips dan Trik untuk Menjadi Pemain Sepak Bola yang Lebih Baik

11. Gunakan Fitur “Siri Suggestions”

Jika kamu menggunakan iPhone atau iPad, maka kamu bisa menggunakan fitur “Siri Suggestions” untuk menampilkan aplikasi di layar utama. “Siri Suggestions” adalah fitur yang bisa digunakan untuk menampilkan aplikasi yang sering digunakan secara otomatis. Fitur ini akan menampilkan aplikasi yang sering digunakan pada layar utama atau di bagian bawah layar kunci.

12. Gunakan Fitur “App Suggestion”

Jika kamu menggunakan Android, maka kamu bisa menggunakan fitur “App Suggestion” untuk menampilkan aplikasi di layar utama. “App Suggestion” adalah fitur yang bisa digunakan untuk menampilkan aplikasi yang sering digunakan secara otomatis. Fitur ini akan menampilkan aplikasi yang sering digunakan pada layar utama atau di bagian bawah layar kunci.

13. Gunakan Fitur “Smart App Drawer”

Jika kamu menggunakan Android, maka kamu bisa menggunakan fitur “Smart App Drawer” untuk menampilkan aplikasi di layar utama. Fitur ini akan menampilkan aplikasi yang sering digunakan pada bagian atas smart app drawer.

14. Gunakan Fitur “Essential Apps”

Jika kamu menggunakan Android, maka kamu bisa menggunakan fitur “Essential Apps” untuk menampilkan aplikasi di layar utama. Fitur ini akan menampilkan aplikasi yang sering digunakan pada bagian atas layar utama.

15. Gunakan Aplikasi “SwipePad”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang unik dan menarik, kamu bisa menggunakan aplikasi “SwipePad”. Aplikasi ini akan menampilkan shortcut aplikasi pada layar utama, dan kamu hanya perlu swipe ke arah yang diinginkan untuk membuka aplikasi tersebut.

16. Gunakan Aplikasi “CircleLauncher”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi “CircleLauncher”. Aplikasi ini akan menampilkan shortcut aplikasi dalam bentuk lingkaran, dan kamu hanya perlu men-tap lingkaran tersebut untuk membuka aplikasi yang diinginkan.

17. Gunakan Aplikasi “App Dialer”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan aplikasi “App Dialer”. Aplikasi ini akan menampilkan shortcut aplikasi pada layar utama, dan kamu hanya perlu mengetikkan nama aplikasi pada kolom pencarian untuk membuka aplikasi tersebut.

18. Gunakan Aplikasi “Sidebar Launcher”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi “Sidebar Launcher”. Aplikasi ini akan menampilkan shortcut aplikasi pada sisi layar, dan kamu hanya perlu men-swipe ke sisi yang diinginkan untuk membuka aplikasi tersebut.

19. Gunakan Aplikasi “Swipe Home Button”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan aplikasi “Swipe Home Button. Aplikasi ini akan menampilkan shortcut aplikasi pada tombol home, dan kamu hanya perlu swipe ke arah yang diinginkan untuk membuka aplikasi tersebut.

Pos Terkait:  Cara Masuk OnlyFans Tanpa Login: Tips dan Triknya!

20. Gunakan Aplikasi “Fast App Search Tool”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan aplikasi “Fast App Search Tool”. Aplikasi ini akan menampilkan shortcut aplikasi pada layar utama, dan kamu hanya perlu mengetikkan nama aplikasi pada kolom pencarian untuk membuka aplikasi tersebut.

21. Gunakan Aplikasi “Smart Taskbar”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi “Smart Taskbar. Aplikasi ini akan menampilkan shortcut aplikasi pada layar utama, dan kamu hanya perlu men-swipe ke sisi yang diinginkan untuk membuka aplikasi tersebut.

22. Gunakan Aplikasi “Pie Control”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi “Pie Control”. Aplikasi ini akan menampilkan shortcut aplikasi dalam bentuk lingkaran, dan kamu hanya perlu men-swipe ke lingkaran tersebut untuk membuka aplikasi yang diinginkan.

23. Gunakan Aplikasi “Nova Launcher”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi “Nova Launcher”. Aplikasi ini akan memungkinkan kamu untuk mengatur tampilan layar utama secara lengkap, mulai dari wallpaper, ikon, tema, hingga widget.

24. Gunakan Aplikasi “Apex Launcher”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi “Apex Launcher”. Aplikasi ini akan memungkinkan kamu untuk mengatur tampilan layar utama secara lengkap, mulai dari wallpaper, ikon, tema, hingga widget.

25. Gunakan Aplikasi “GO Launcher EX”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi “GO Launcher EX”. Aplikasi ini akan memungkinkan kamu untuk mengatur tampilan layar utama secara lengkap, mulai dari wallpaper, ikon, tema, hingga widget.

26. Gunakan Aplikasi “ADW Launcher 2”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi “ADW Launcher 2”. Aplikasi ini akan memungkinkan kamu untuk mengatur tampilan layar utama secara lengkap, mulai dari wallpaper, ikon, tema, hingga widget.

27. Gunakan Aplikasi “Next Launcher 3D”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi “Next Launcher 3D”. Aplikasi ini akan memungkinkan kamu untuk mengatur tampilan layar utama secara lengkap, mulai dari wallpaper, ikon, tema, hingga widget.

28. Gunakan Aplikasi “CM Launcher 3D”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi “CM Launcher 3D”. Aplikasi ini akan memungkinkan kamu untuk mengatur tampilan layar utama secara lengkap, mulai dari wallpaper, ikon, tema, hingga widget.

29. Gunakan Aplikasi “Buzz Launcher”

Jika kamu ingin menampilkan aplikasi dengan cara yang berbeda, kamu bisa menggunakan aplikasi “Buzz

close