Cara Bikin Intro Youtube

Posted on

Intro merupakan bagian penting dari sebuah video Youtube. Hal ini karena intro akan menjadi representasi dari konten video yang akan ditampilkan. Dengan membuat intro yang menarik, penonton akan merasa tertarik untuk menonton video sampai selesai. Namun, banyak orang yang masih bingung bagaimana cara membuat intro yang baik dan menarik. Berikut adalah beberapa tips cara bikin intro Youtube yang bisa dicoba.

1. Tentukan Tema

Sebelum membuat intro, tentukan terlebih dahulu tema dari video yang akan dibuat. Apakah video tersebut tentang travelling, review produk, atau tutorial? Setelah menentukan tema, tentukan pula konsep dan gaya intro yang ingin ditampilkan. Misalnya, apakah ingin menggunakan animasi atau footage.

2. Gunakan Software Editing Video

Untuk membuat intro, diperlukan software editing video yang bisa digunakan. Beberapa software editing video yang populer dan bisa digunakan antara lain Adobe Premiere, Final Cut Pro, dan Sony Vegas. Pilihlah software yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

3. Buat Sketsa Storyboard

Sebelum mulai membuat intro, buat sketsa storyboard terlebih dahulu. Buatlah sketsa tentang bagaimana intro akan terlihat, seperti gambaran konsep, warna, dan efek yang akan digunakan. Dengan membuat storyboard, proses pembuatan intro akan lebih terarah dan terstruktur.

4. Tambahkan Musik

Untuk menambahkan kesan dramatis dan menarik pada intro, tambahkan musik yang sesuai dengan tema video. Pilihlah musik yang tidak terlalu mengganggu dan bisa menambahkan kesan yang diinginkan.

5. Buat Efek Transisi

Untuk membuat intro yang lebih menarik, buatlah efek transisi yang sesuai dengan tema video. Misalnya, jika video tentang travelling, bisa menggunakan efek transisi yang menggambarkan perjalanan. Jangan terlalu banyak menggunakan efek transisi, karena bisa mengganggu penonton.

Pos Terkait:  Cara Mengatasi Lag Saat Merekam Layar Android

6. Gunakan Font yang Sesuai

Gunakan font yang sesuai dengan tema video dan intro yang dibuat. Pilihlah font yang mudah dibaca dan tidak terlalu rumit. Gunakan pula warna font yang sesuai dengan konsep intro yang dibuat.

7. Buat Durasi yang Sesuai

Buatlah durasi intro yang sesuai dengan tema video dan tidak terlalu panjang. Durasi intro yang ideal adalah sekitar 5-10 detik. Jangan membuat intro terlalu panjang, karena bisa membuat penonton bosan dan tidak sabar untuk melihat isi video.

8. Gunakan Footage yang Berkualitas

Jika ingin menggunakan footage dalam intro, pastikan footage tersebut berkualitas dan sesuai dengan tema video. Gunakan footage yang memiliki resolusi yang tinggi agar tidak pecah saat di-upload ke Youtube. Jangan menggunakan footage yang terlalu banyak, karena bisa membuat intro terlalu ramai dan sulit dipahami.

9. Buat Intro yang Konsisten

Buatlah intro yang konsisten dengan tema video dan channel Youtube yang dibuat. Dengan membuat intro yang konsisten, penonton akan lebih mudah mengingat channel dan video yang ditonton. Buatlah intro yang mudah diingat dan menjadi ciri khas channel Youtube.

10. Cek Kualitas Video

Sebelum meng-upload video ke Youtube, pastikan kualitas video dan intro sudah di-check. Periksa apakah video sudah terdengar jelas, gambar sudah terlihat jelas, dan intro sudah terlihat menarik. Jika perlu, mintalah pendapat dari orang lain untuk menilai kualitas video dan intro yang dibuat.

11. Buat Intro yang Berbeda

Untuk membuat intro yang menarik dan berbeda, cobalah untuk menciptakan sesuatu yang tidak umum. Misalnya, menggunakan animasi yang unik atau menggunakan warna yang tidak biasa. Dengan menciptakan sesuatu yang berbeda, intro akan lebih terlihat menarik dan bisa membuat penonton tertarik untuk menonton video selanjutnya.

12. Tambahkan Efek Suara

Tambahkan efek suara yang sesuai dengan tema video dan konsep intro yang dibuat. Misalnya, jika intro menggunakan footage tentang laut, bisa menambahkan suara ombak atau burung laut. Tambahkan efek suara yang tidak terlalu mengganggu dan bisa menambahkan kesan yang diinginkan.

13. Buat Intro yang Sederhana

Buatlah intro yang sederhana dan mudah dipahami. Jangan terlalu memperlihatkan banyak informasi dalam intro, karena bisa membuat penonton bingung. Buatlah intro yang mudah diingat dan menarik.

Tambahkan logo channel Youtube pada intro. Dengan menambahkan logo, penonton bisa lebih mudah mengingat channel dan video yang ditonton. Logo bisa ditempatkan pada bagian akhir intro atau pada bagian yang menarik perhatian.

Pos Terkait:  Jelaskan Mengenai Bertanggung Jawab Dalam Kas Kecil

15. Buat Intro yang Menarik

Buatlah intro yang menarik dan bisa membuat penonton tertarik untuk menonton video selanjutnya. Jangan terlalu sederhana atau terlalu kompleks. Buatlah intro yang menarik dan sesuai dengan tema video yang dibuat.

16. Gunakan Template Intro

Jika merasa kesulitan membuat intro, bisa menggunakan template intro yang sudah tersedia di internet. Template intro bisa di-download dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. Namun, pastikan template intro yang digunakan tidak terlalu umum dan sudah di-customize agar terlihat unik.

17. Buat Intro yang Menggambarkan Channel Youtube

Buatlah intro yang bisa menggambarkan channel Youtube yang dibuat. Misalnya, jika channel Youtube tentang travelling, intro bisa menggambarkan perjalanan. Dengan membuat intro yang menggambarkan channel Youtube, penonton bisa lebih mudah mengingat channel dan video yang ditonton.

18. Buat Intro yang Mudah Diingat

Buatlah intro yang mudah diingat dan menjadi ciri khas channel Youtube. Dengan membuat intro yang mudah diingat, penonton bisa lebih mudah mengingat channel dan video yang ditonton. Buatlah intro yang unik dan bisa menjadi ciri khas channel Youtube.

19. Gunakan Animasi

Gunakan animasi yang sesuai dengan tema video dan konsep intro yang dibuat. Animasi bisa membuat intro terlihat lebih menarik dan unik. Gunakan animasi yang tidak terlalu ramai dan terkesan berlebihan.

20. Buat Intro yang Sesuai dengan Gaya Video

Buatlah intro yang sesuai dengan gaya video yang dibuat. Misalnya, jika video menggunakan gaya vlog, intro bisa menggunakan footage yang menggambarkan kegiatan sehari-hari. Dengan membuat intro yang sesuai dengan gaya video, penonton bisa lebih mudah memahami isi video yang ditampilkan.

21. Tambahkan Efek Teks

Tambahkan efek teks yang sesuai dengan tema video dan konsep intro yang dibuat. Misalnya, bisa menambahkan efek teks yang membuat penonton terkesan tertarik dan penasaran. Tambahkan efek teks yang tidak terlalu banyak dan bisa menambahkan kesan yang diinginkan.

22. Buat Intro yang Berkesan

Buatlah intro yang bisa membuat penonton terkesan dan selalu ingin menonton video selanjutnya. Buatlah intro yang berkesan dan bisa menggambarkan isi video yang ditampilkan. Dengan membuat intro yang berkesan, penonton akan lebih tertarik untuk menonton video selanjutnya.

23. Tambahkan Efek Cahaya

Tambahkan efek cahaya yang sesuai dengan tema video dan konsep intro yang dibuat. Misalnya, bisa menambahkan efek cahaya yang membuat penonton terkesan terpana. Tambahkan efek cahaya yang tidak terlalu banyak dan bisa menambahkan kesan yang diinginkan.

Pos Terkait:  Cara Menjadi Ilmuwan yang Baik

24. Gunakan Warna yang Sesuai

Gunakan warna yang sesuai dengan tema video dan konsep intro yang dibuat. Pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok dan tidak terlalu gelap. Gunakan pula warna yang sesuai dengan gaya video dan channel Youtube yang dibuat.

25. Buat Intro yang Unik

Buatlah intro yang unik dan tidak terlalu umum. Buatlah intro yang bisa menjadi ciri khas channel Youtube dan bisa membedakan dengan channel Youtube lainnya. Dengan membuat intro yang unik, penonton akan lebih mudah mengingat channel dan video yang ditonton.

26. Tambahkan Efek Visual

Tambahkan efek visual yang sesuai dengan tema video dan konsep intro yang dibuat. Misalnya, bisa menambahkan efek visual yang membuat penonton terkesan terpana. Tambahkan efek visual yang tidak terlalu banyak dan bisa menambahkan kesan yang diinginkan.

27. Buat Intro yang Profesional

Buatlah intro yang terlihat profesional dan bisa menunjukkan kualitas video yang dibuat. Jangan membuat intro yang terkesan asal-asalan atau terlihat murahan. Buatlah intro yang terlihat profesional dan bisa memperlihatkan kualitas video yang dibuat.

28. Tambahkan Efek Bergerak

Tambahkan efek bergerak yang sesuai dengan tema video dan konsep intro yang dibuat. Misalnya, bisa menambahkan efek bergerak yang membuat penonton terkesan terpana. Tambahkan efek bergerak yang tidak terlalu banyak dan bisa menambahkan kesan yang diinginkan.

29. Buat Intro yang Menghibur

Buatlah intro yang bisa menghibur penonton dan membuat mereka tertarik untuk menonton video selanjutnya. Buatlah intro yang ceria dan terlihat menyenangkan. Dengan membuat intro yang menghibur, penonton akan lebih tertarik untuk menonton video selanjutnya.

30. Cek Kembali Intro yang Dibuat

Sebelum meng-upload video ke Youtube, pastikan intro sudah di-check kembali. Periksa apakah intro sudah sesuai dengan tema video dan channel Youtube yang dibuat. Jika perlu, mintalah pendapat dari orang lain untuk menilai intro yang dibuat.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips cara bikin intro Youtube yang bisa dicoba. Ingatlah bahwa intro merupakan bagian penting dari sebuah video Youtube dan bisa menentukan kesuksesan video tersebut. Dengan membuat intro yang baik dan menarik, penonton akan lebih tertarik untuk menonton video sampai selesai. Selamat mencoba!