Caramantap

Cara Root HP dengan SuperSU

×

Cara Root HP dengan SuperSU

Share this article

Untuk memaksimalkan penggunaan HP Android, root adalah cara terbaik untuk mengakses sistem secara penuh. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan root pada HP Android adalah SuperSU. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara root HP dengan SuperSU secara lengkap dan mudah dipahami.

Persiapan Sebelum Rooting

Sebelum melakukan rooting pada HP Android, pastikan untuk membackup semua data penting yang ada di HP. Hal ini dilakukan untuk menghindari kehilangan data yang tidak disengaja. Selain itu, pastikan juga untuk mengisi baterai HP hingga penuh agar tidak mati saat proses rooting sedang berlangsung.

Setelah itu, download file SuperSU terbaru melalui situs resminya dan simpan di HP Anda. Selanjutnya, aktifkan mode pengembang pada HP dengan cara masuk ke “Pengaturan” > “Tentang Ponsel” > “Nomor Build” dan ketuk nomor build sebanyak 7 kali hingga muncul tulisan “Anda sudah menjadi pengembang”.

Langkah-Langkah Rooting

Setelah persiapan dilakukan, langkah-langkah rooting dengan SuperSU adalah sebagai berikut:

1. Unlock Bootloader

Untuk membuka bootloader pada HP, pastikan terlebih dahulu bahwa HP Anda sudah terdaftar pada akun Google. Selanjutnya, aktifkan mode fastboot pada HP dengan cara matikan HP, kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan hingga muncul tampilan fastboot.

Pos Terkait:  Cara Membuka Akun Facebook yang Sudah Diblokir

Selanjutnya, hubungkan HP dengan komputer menggunakan kabel USB. Buka command prompt pada komputer dan ketikkan perintah “fastboot oem unlock. HP akan meminta konfirmasi, pilih “Yes” untuk melanjutkan proses unlock bootloader. Setelah proses selesai, restart HP.

2. Install Custom Recovery

Setelah bootloader terbuka, langkah selanjutnya adalah menginstall custom recovery seperti TWRP pada HP. Download file TWRP yang sesuai dengan tipe HP Anda dan simpan di komputer. Selanjutnya, hubungkan HP dengan komputer menggunakan kabel USB dan masuk ke mode fastboot seperti pada langkah sebelumnya.

Buka command prompt pada komputer dan ketikkan perintah “fastboot flash recovery namafile.img. Setelah proses selesai, restart HP dan masuk ke mode recovery dengan cara menekan tombol volume atas dan power secara bersamaan hingga muncul logo TWRP.

3. Install SuperSU

Setelah masuk ke mode TWRP, pilih opsi “Install” dan cari file SuperSU yang sudah di-download sebelumnya. Setelah file ditemukan, swipe ke kanan untuk memulai proses instalasi. Setelah proses selesai, restart HP.

Kesimpulan

Rooting HP dengan SuperSU dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Namun, perlu diingat bahwa proses rooting dapat membatalkan garansi HP dan berpotensi membahayakan sistem HP jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan setiap langkah dan melakukan backup data sebelum melakukan rooting.

Pos Terkait:  Cara Klaim Asuransi Bumida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close