Caramantap

Cara Save Excel ke PDF Agar Tidak Terpotong

×

Cara Save Excel ke PDF Agar Tidak Terpotong

Share this article

Microsoft Excel merupakan program komputer yang sering digunakan oleh banyak orang untuk mengolah data. Namun, terkadang kita perlu menyimpan file Excel ke dalam format PDF agar mudah dibuka dan dibagikan ke orang lain. Namun, seringkali saat kita menyimpan file Excel ke format PDF, tampilan file tersebut menjadi terpotong atau tidak sesuai dengan yang diinginkan. Berikut ini adalah cara save Excel ke PDF agar tidak terpotong.

Pastikan Ukuran Kertas Sesuai

Salah satu penyebab tampilan file terpotong saat disimpan ke format PDF adalah ukuran kertas yang tidak sesuai. Oleh karena itu, pastikan ukuran kertas pada Excel sesuai dengan ukuran kertas yang akan digunakan saat menyimpan ke format PDF. Misalnya, jika akan menyimpan ke format PDF dengan ukuran kertas A4, maka pastikan ukuran kertas pada Excel juga diatur menjadi A4.

Atur Margin dengan Benar

Margin pada Excel juga dapat mempengaruhi tampilan file saat disimpan ke format PDF. Oleh karena itu, pastikan margin pada Excel diatur dengan benar. Margin yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat menyebabkan tampilan file menjadi terpotong atau tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Pos Terkait:  Cara Mendownload Siaran Langsung di FB

Gunakan Fitur “Page Break Preview”

Fitur “Page Break Preview” pada Excel dapat membantu kita melihat tampilan file pada setiap halaman. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat memastikan bahwa tampilan file tidak terpotong atau tidak sesuai dengan yang diinginkan saat disimpan ke format PDF. Untuk menggunakan fitur “Page Break Preview”, klik tab “View” pada menu Excel, lalu pilih “Page Break Preview.

Ubah Skala Tampilan

Jika setelah menggunakan fitur “Page Break Preview” masih ada bagian yang terpotong pada tampilan file, kita dapat mengubah skala tampilan pada Excel. Dengan mengubah skala tampilan, kita dapat memperkecil atau memperbesar tampilan file sehingga tidak terpotong saat disimpan ke format PDF. Untuk mengubah skala tampilan pada Excel, klik tab “Page Layout” pada menu Excel, lalu pilih “Scale to Fit.

Gunakan Fitur “Fit All Columns on One Page”

Jika file Excel yang akan disimpan ke format PDF terdiri dari beberapa kolom, kita dapat menggunakan fitur “Fit All Columns on One Page. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat memastikan bahwa semua kolom pada file Excel dapat ditampilkan pada satu halaman saat disimpan ke format PDF. Untuk menggunakan fitur “Fit All Columns on One Page”, klik tab “Page Layout” pada menu Excel, lalu pilih “Print Titles.

Pos Terkait:  Cara Copy Nama FF

Simpan ke Format PDF dengan Benar

Setelah melakukan semua langkah di atas, langkah terakhir adalah menyimpan file Excel ke format PDF dengan benar. Pastikan opsi “Fit Sheet on One Page” pada dialog box “Save As PDF” diaktifkan. Dengan mengaktifkan opsi ini, kita dapat memastikan bahwa tampilan file tidak terpotong atau tidak sesuai dengan yang diinginkan saat disimpan ke format PDF.

Kesimpulan

Menyimpan file Excel ke format PDF dapat membantu kita dalam berbagi data dengan orang lain. Namun, terkadang tampilan file menjadi terpotong atau tidak sesuai dengan yang diinginkan saat disimpan ke format PDF. Untuk menghindari hal tersebut, kita dapat melakukan beberapa langkah seperti memastikan ukuran kertas dan margin, menggunakan fitur “Page Break Preview” dan “Fit All Columns on One Page”, serta menyimpan ke format PDF dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close