CaramantapKeuangan dan Bisnis

Cara Mengubah Koma Menjadi Titik pada Microsoft Excel

×

Cara Mengubah Koma Menjadi Titik pada Microsoft Excel

Share this article

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang paling populer di dunia. Program ini digunakan untuk mengelola data dan membuat laporan keuangan, grafik statistik, dan tabel pivot. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Excel adalah penggunaan koma sebagai pemisah desimal. Namun, dalam bahasa Inggris, titik digunakan sebagai pemisah desimal. Jadi, apa yang harus dilakukan jika Anda ingin mengubah koma menjadi titik di Excel? Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk mengubah koma menjadi titik pada Microsoft Excel.

Langkah 1: Buka File Excel

Yang pertama harus dilakukan adalah membuka file Excel yang ingin Anda ubah. Setelah file terbuka, pilih sel atau range sel di mana Anda ingin mengubah koma menjadi titik.

Langkah 2: Pilih Format Cell

Setelah memilih sel atau range sel, klik kanan pada sel itu dan pilih Format Cell. Atau, Anda juga dapat menekan tombol Ctrl+1 pada keyboard Anda untuk membuka kotak dialog Format Cell.

Pos Terkait:  Cara Memindahkan Kuota dari Sim 1 ke Sim 2

Langkah 3: Pilih Kategori Angka

Setelah kotak dialog Format Cell terbuka, pilih kategori Angka di bawah tab Angka. Di sini Anda akan menemukan opsi untuk memilih format angka.

Langkah 4: Pilih Format Angka

Di dalam kategori Angka, Anda akan menemukan beberapa opsi untuk memilih format angka. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengubah koma menjadi titik, pilih opsi Angka.

Langkah 5: Tentukan Desimal

Setelah memilih format angka, tentukan jumlah tempat desimal yang Anda inginkan. Pada kotak Decimal Places, masukkan angka yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan dua tempat desimal, masukkan angka 2.

Langkah 6: Klik OK

Setelah menentukan format angka dan jumlah tempat desimal, klik OK untuk menyimpan perubahan. Sekarang koma di sel atau range sel yang Anda pilih akan diubah menjadi titik.

Langkah 7: Terapkan pada Range Seluruh

Jika Anda ingin mengubah koma menjadi titik pada seluruh file Excel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama untuk setiap sel yang ingin diubah. Namun, itu akan memakan waktu dan bisa jadi membingungkan. Untuk mempercepat proses, Anda dapat menerapkan format angka pada range seluruh.

Langkah 8: Pilih Range Seluruh

Pilih seluruh file Excel dengan menekan tombol Ctrl+A pada keyboard Anda atau dengan mengklik tombol Select All di sudut kiri atas worksheet.

Langkah 9: Buka Kotak Dialog Format Cell

Setelah memilih seluruh file Excel, klik kanan pada sel mana saja dan pilih Format Cell. Atau, Anda juga dapat menekan tombol Ctrl+1 pada keyboard Anda untuk membuka kotak dialog Format Cell.

Langkah 10: Pilih Kategori Angka

Pada kotak dialog Format Cell, pilih kategori Angka di bawah tab Angka.

Langkah 11: Pilih Format Angka

Di dalam kategori Angka, pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengubah koma menjadi titik, pilih opsi Angka.

Pos Terkait:  Cara Mematikan Timer di Kamera Canon

Langkah 12: Tentukan Desimal

Setelah memilih format angka, tentukan jumlah tempat desimal yang Anda inginkan. Pada kotak Decimal Places, masukkan angka yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan dua tempat desimal, masukkan angka 2.

Langkah 13: Klik OK

Setelah menentukan format angka dan jumlah tempat desimal, klik OK untuk menyimpan perubahan. Sekarang koma di seluruh file Excel akan diubah menjadi titik.

Langkah 14: Menggunakan Rumus REPLACE

Anda juga dapat menggunakan rumus REPLACE untuk mengubah koma menjadi titik pada file Excel. Rumus REPLACE digunakan untuk mengganti teks dalam sebuah sel dengan teks yang lain.

Langkah 15: Pilih Sel

Pilih sel atau range sel yang ingin Anda ubah. Kemudian, klik di dalam sel untuk memasukkan rumus.

Langkah 16: Ketik Rumus

Ketik rumus: =REPLACE(A1,FIND(“,”,A1),1,”.”) pada sel yang dipilih.

Langkah 17: Klik Enter

Setelah mengetik rumus, klik tombol Enter pada keyboard Anda untuk menjalankan rumus. Koma di sel atau range sel yang Anda pilih akan diubah menjadi titik.

Langkah 18: Terapkan pada Seluruh File Excel

Jika Anda ingin mengubah koma menjadi titik pada seluruh file Excel, Anda dapat menerapkan rumus REPLACE pada seluruh file Excel.

Langkah 19: Pilih Seluruh File Excel

Pilih seluruh file Excel dengan menekan tombol Ctrl+A pada keyboard Anda atau dengan mengklik tombol Select All di sudut kiri atas worksheet.

Langkah 20: Klik di Sel Pertama

Klik di dalam sel pertama di kolom di mana Anda ingin mengubah koma menjadi titik.

Langkah 21: Salin Rumus

Salin rumus REPLACE dengan menekan tombol Ctrl+C pada keyboard Anda.

Langkah 22: Tempelkan Rumus

Tempelkan rumus REPLACE di sel pertama dengan menekan tombol Ctrl+V pada keyboard Anda.

Langkah 23: Salin Rumus ke Sel Lainnya

Setelah menempelkan rumus di sel pertama, salin rumus ke sel lainnya di kolom yang sama. Anda dapat melakukan ini dengan menyeret rumus ke sel lainnya atau dengan menekan tombol Ctrl+C pada keyboard Anda dan menempelkannya di sel lainnya dengan menekan tombol Ctrl+V pada keyboard Anda.

Pos Terkait:  Gerak Dasar dalam Permainan Estafet Bola

Langkah 24: Klik Enter

Setelah menempelkan rumus di sel pertama dan seluruh kolom, klik tombol Enter pada keyboard Anda untuk menjalankan rumus. Koma di seluruh file Excel akan diubah menjadi titik.

Langkah 25: Menggunakan Macro

Anda juga dapat menggunakan macro untuk mengubah koma menjadi titik pada file Excel. Macro adalah serangkaian perintah atau tindakan yang digabungkan dalam satu tujuan tertentu.

Langkah 26: Buka Editor Visual Basic

Buka editor visual basic dengan menekan tombol Alt+F11 pada keyboard Anda.

Langkah 27: Salin dan Tempelkan Kode

Salin dan tempelkan kode berikut ke dalam editor:

Sub ConvertCommaToDot()Dim cell As RangeFor Each cell In SelectionIf InStr(1, cell.Value, ",") > 0 Thencell.Value = Replace(cell.Value, ",", ".")End IfNext cellEnd Sub

Langkah 28: Jalankan Macro

Jalankan macro dengan menekan tombol F5 pada keyboard Anda atau dengan mengklik tombol Run di toolbar Visual Basic.

Langkah 29: Pilih Range Sel

Pilih sel atau range sel di mana Anda ingin mengubah koma menjadi titik.

Langkah 30: Jalankan Macro

Jalankan macro dengan mengklik tombol ConvertCommaToDot di toolbar Excel. Koma di sel atau range sel yang Anda pilih akan diubah menjadi titik.

Kesimpulan

Mengubah koma menjadi titik pada Microsoft Excel sangat mudah dilakukan. Anda dapat memilih salah satu dari metode yang dibahas di atas. Jika Anda ingin mengubah koma menjadi titik pada seluruh file Excel, Anda dapat menerapkan format angka atau menggunakan rumus REPLACE atau macro. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghemat waktu dan membuat file Excel Anda lebih mudah dibaca dan dimengerti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close