Caramantap

Cara Merubah Skala di AutoCAD

×

Cara Merubah Skala di AutoCAD

Share this article

AutoCAD adalah perangkat lunak desain yang digunakan oleh banyak orang, baik itu arsitek, insinyur, atau desainer grafis. Salah satu fitur AutoCAD yang paling penting adalah kemampuannya untuk mengubah skala gambar. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara merubah skala di AutoCAD.

1. Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka file AutoCAD yang ingin Anda ubah skala. Kemudian, klik kanan pada gambar dan pilih “Properties.

2. Pilih Skala

Setelah Anda membuka jendela “Properties”, Anda akan melihat opsi “Scale. Klik pada opsi ini dan pilih skala yang ingin Anda gunakan. Anda dapat memilih skala dari daftar atau Anda juga dapat memasukkan skala kustom.

3. Periksa Skala

Setelah Anda memilih skala yang ingin Anda gunakan, pastikan untuk memeriksa apakah gambar telah diubah ke skala yang benar. Anda dapat melakukan ini dengan memeriksa ukuran gambar di AutoCAD dan membandingkannya dengan ukuran asli gambar.

4. Mengubah Skala Objek

Jika Anda ingin mengubah skala objek secara individual, Anda dapat menggunakan perintah “Scale. Pilih objek yang ingin Anda ubah skala dan ketik “Scale” pada baris perintah AutoCAD. Kemudian, pilih titik acuan yang Anda inginkan dan masukkan faktor skala yang diinginkan.

Pos Terkait:  Cara Masuk ke Komputer Orang Lain lewat CMD 2

5. Menggunakan Perintah “Stretch”

Jika Anda ingin mengubah ukuran objek tanpa mengubah proporsinya, Anda dapat menggunakan perintah “Stretch. Pilih objek yang ingin Anda ubah ukurannya dan ketik “Stretch” pada baris perintah AutoCAD. Kemudian, pilih titik acuan yang Anda inginkan dan seret objek ke ukuran yang diinginkan.

6. Menyimpan Perubahan Skala

Setelah Anda selesai mengubah skala dan ukuran objek, pastikan untuk menyimpan perubahan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan memilih “Save” pada menu File AutoCAD. Pastikan untuk menyimpan file dengan nama yang berbeda dari file asli untuk menghindari kehilangan data.

7. Menyimpan Gambar dalam Skala Tertentu

Jika Anda ingin menyimpan gambar dalam skala tertentu, Anda dapat menggunakan perintah “Plot. Pilih opsi “Plot” pada menu File AutoCAD dan pilih printer atau plotter yang Anda inginkan. Kemudian, pilih skala yang Anda inginkan dan klik “Plot.

8. Kesimpulan

Sekarang Anda telah mempelajari cara merubah skala di AutoCAD. Dengan memahami fitur ini, Anda dapat membuat gambar yang lebih akurat dan memastikan bahwa ukuran dan proporsi objek yang Anda buat adalah benar. Jangan ragu untuk mencoba fitur ini pada proyek desain Anda selanjutnya dan lihat hasilnya!

Pos Terkait:  Cara Menambah Followers IG Tanpa Following

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close