Caramantap

Perbedaan Skala dan Angket: Apa yang Harus Anda Ketahui?

×

Perbedaan Skala dan Angket: Apa yang Harus Anda Ketahui?

Share this article

Jika Anda sedang mencari informasi tentang survey atau penelitian, mungkin Anda pernah mendengar tentang skala dan angket. Kedua istilah ini sering digunakan dalam survey dan penelitian, tetapi sebenarnya apa perbedaan antara skala dan angket? Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara skala dan angket serta bagaimana keduanya digunakan dalam survey dan penelitian.

Apa itu Skala?

Skala adalah serangkaian pernyataan atau pertanyaan yang digunakan untuk mengukur variabel tertentu dalam survey atau penelitian. Skala biasanya terdiri dari beberapa item yang diurutkan secara bertahap dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi. Skala ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan, persepsi, atau preferensi.

Contoh skala dapat berupa skala likert, yang terdiri dari pernyataan yang harus dijawab dengan setuju atau tidak setuju, atau skala numerik, yang meminta responden memberikan nilai pada skala tertentu.

Apa itu Angket?

Angket adalah kumpulan pertanyaan yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dari responden dalam survey atau penelitian. Angket dapat berisi pertanyaan terbuka atau tertutup, dan dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pendapat, perilaku, atau karakteristik individu.

Pos Terkait:  Cara Mendaftar di Google Map: Panduan Lengkap

Angket dapat digunakan dalam berbagai jenis survey atau penelitian, seperti survey kepuasan pelanggan, survey pasar, atau penelitian kesehatan.

Perbedaan Antara Skala dan Angket

Perbedaan utama antara skala dan angket adalah bahwa skala digunakan untuk mengukur variabel tertentu, sedangkan angket digunakan untuk mengumpulkan informasi dari responden. Skala biasanya terdiri dari beberapa item yang diurutkan secara bertahap, sedangkan angket dapat berisi pertanyaan terbuka atau tertutup.

Skala dan angket juga digunakan dalam tahap yang berbeda dalam survey atau penelitian. Skala digunakan dalam tahap pengukuran atau evaluasi, sedangkan angket digunakan dalam tahap pengumpulan data.

Kapan Menggunakan Skala dan Angket?

Pemilihan skala atau angket tergantung pada jenis survey atau penelitian yang dilakukan dan variabel yang ingin diukur atau dikumpulkan.

Skala biasanya digunakan untuk mengukur variabel yang dapat diukur secara numerik, seperti tingkat kepuasan pelanggan atau preferensi konsumen.

Sementara itu, angket dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pendapat, perilaku, atau karakteristik individu, seperti pendapat tentang produk atau kebiasaan makan sehari-hari.

Kesimpulan

Skala dan angket adalah dua alat yang sering digunakan dalam survey dan penelitian. Skala digunakan untuk mengukur variabel tertentu, sedangkan angket digunakan untuk mengumpulkan informasi dari responden. Keduanya memiliki peran yang berbeda dalam tahap survey atau penelitian dan dipilih tergantung pada jenis variabel yang ingin diukur atau dikumpulkan.

Pos Terkait:  Allsmo Followers Instagram: Solusi Meningkatkan Jumlah Followers Instagram Anda

Jadi, sekarang Anda tahu perbedaan antara skala dan angket! Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam melakukan survey atau penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close