Caramantap

Cara Mengembalikan Foto Screenshot yang Terhapus

×

Cara Mengembalikan Foto Screenshot yang Terhapus

Share this article

Apa itu Screenshot?

Sebelum kita membahas cara mengembalikan foto screenshot yang terhapus, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu screenshot. Screenshot adalah proses mengambil gambar layar pada perangkat elektronik seperti komputer, laptop, atau smartphone.

Alasan Screenshot Sering Digunakan

Banyak alasan mengapa kita sering melakukan screenshot pada perangkat elektronik kita. Beberapa alasan tersebut antara lain:

Screenshot yang Terhapus

Terlepas dari alasan mengapa kita melakukan screenshot, kadang-kadang kita bisa menghapusnya tanpa sengaja. Ini bisa terjadi karena kita tidak sengaja menekan tombol hapus atau karena kesalahan teknis lainnya.

Cara Mengembalikan Foto Screenshot yang Terhapus di Android

Jika Anda menggunakan perangkat Android dan menghapus screenshot yang Anda butuhkan, Anda dapat mengembalikannya dengan beberapa cara berikut:

Pos Terkait:  Cara untuk Menghentikan Nyeri Vagina Saat Menstruasi

1. Cek Folder Sampah

Beberapa perangkat Android memiliki folder sampah yang menyimpan file yang dihapus. Coba periksa folder ini terlebih dahulu sebelum mencari cara lain untuk mengembalikan screenshot Anda.

2. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika file screenshot Anda tidak ada di folder sampah, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data seperti DiskDigger atau EaseUS MobiSaver untuk memulihkan file yang terhapus.

3. Gunakan Google Photos

Jika Anda menggunakan Google Photos untuk menyimpan foto dan screenshot Anda, coba cari screenshot yang terhapus pada aplikasi ini. Google Photos menyimpan salinan screenshot Anda secara otomatis dan dapat membantu Anda mengembalikannya.

Cara Mengembalikan Foto Screenshot yang Terhapus di iPhone

Jika Anda menggunakan iPhone, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengembalikan screenshot yang terhapus:

1. Cek Folder Recently Deleted

iPhone memiliki folder Recently Deleted yang menyimpan foto dan screenshot yang dihapus selama 30 hari terakhir. Coba periksa folder ini terlebih dahulu sebelum mencari cara lain untuk mengembalikan file Anda.

2. Gunakan iCloud

Jika Anda menggunakan iCloud untuk menyimpan foto dan screenshot Anda, coba temukan screenshot yang terhapus pada aplikasi ini. iCloud menyimpan salinan screenshot Anda secara otomatis dan dapat membantu Anda mengembalikannya.

Pos Terkait:  Perbedaan Ikan Tombro dan Ikan Mas

3. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data seperti EaseUS MobiSaver atau Dr.Fone untuk memulihkan file yang terhapus.

Penutup

Dalam banyak kasus, screenshot yang terhapus dapat dikembalikan dengan mudah. Namun, jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda mungkin perlu meminta bantuan dari ahli pemulihan data profesional.

Ingatlah selalu untuk mem-backup semua file penting Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close