Caramantap

Cara Mengembalikan Chat WA

×

Cara Mengembalikan Chat WA

Share this article

WhatsApp (WA) adalah salah satu aplikasi chatting yang paling populer di dunia. Aplikasi ini digunakan untuk mengirim pesan teks, panggilan suara, panggilan video, dan lain-lain. Namun, terkadang kita bisa kehilangan chat penting di WhatsApp. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara mengembalikan chat WA yang terhapus atau hilang. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Jika chat di WA terhapus, maka kita harus melakukan beberapa langkah untuk mengembalikannya. Berikut cara mengembalikan chat WA yang terhapus:

1. Gunakan Fitur Backup

WA memiliki fitur backup yang dapat digunakan untuk mengembalikan chat yang terhapus. Untuk menggunakan fitur ini, kita harus melakukan backup chat terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka WhatsApp.
  2. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  3. Pilih “Pengaturan”.
  4. Pilih “Chat”.
  5. Pilih “Cadangkan Chat”.

Setelah melakukan backup chat, kita dapat mengembalikan chat yang terhapus dengan cara menghapus WA dan menginstal ulang aplikasi WA. Setelah itu, kita akan diminta untuk mengembalikan chat dari backup. Kita dapat memilih opsi “Ya” untuk mengembalikan chat dari backup yang sudah dilakukan sebelumnya.

Pos Terkait:  Naruto: Bagaimana Itachi Uchiha Mengaktifkan

2. Gunakan Aplikasi Recovery

Selain menggunakan fitur backup, kita juga dapat menggunakan aplikasi recovery untuk mengembalikan chat WA yang terhapus. Beberapa aplikasi recovery yang dapat digunakan antara lain DiskDigger, WAMR, GT Recovery, dan lain-lain. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi recovery yang diinginkan.
  2. Buka aplikasi recovery tersebut.
  3. Pilih opsi “Scan” atau “Mulai Pemindaian”.
  4. Pilih jenis file yang ingin dipulihkan, yaitu “Pesan” atau “Chat”.
  5. Tunggu sampai proses scanning selesai.
  6. Pilih chat yang ingin dipulihkan dan klik tombol “Restore” atau “Pulihkan.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang

Selain terhapus, chat WA juga bisa hilang karena beberapa alasan, seperti akun WA yang diganti, perangkat yang diganti, atau masalah teknis lainnya. Berikut cara mengembalikan chat WA yang hilang:

1. Cek Penyimpanan Internal

Chat WA yang hilang mungkin tersimpan di penyimpanan internal ponsel kita. Oleh karena itu, kita harus memeriksa penyimpanan internal ponsel kita untuk mencari chat yang hilang. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi File Manager.
  2. Pilih “Penyimpanan Internal”.
  3. Cari folder WhatsApp.
  4. Pilih folder “Databases”.
  5. Cari file “msgstore.db.crypt12” atau “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12” yang paling baru.
  6. Ubah nama file tersebut menjadi “msgstore.db.crypt12.old” atau “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12.old.
  7. Rename file “msgstore.db.crypt12-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12” menjadi “msgstore.db.crypt12” atau “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12” menjadi “msgstore.db.crypt12”.
Pos Terkait:  Cara untuk Membentuk Baret

Setelah itu, buka aplikasi WA dan cek apakah chat yang hilang sudah kembali.

2. Hubungi Layanan Customer Service WA

Jika chat yang hilang tidak dapat ditemukan dengan cara di atas, kita dapat menghubungi layanan customer service WA untuk meminta bantuan. Kita dapat menghubungi customer service WA melalui opsi “Bantuan” di dalam aplikasi WA.

Kesimpulan

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang sangat populer di dunia. Namun, terkadang kita bisa kehilangan chat penting di WA. Untuk mengembalikan chat WA yang terhapus atau hilang, kita dapat menggunakan fitur backup atau aplikasi recovery. Selain itu, kita juga dapat memeriksa penyimpanan internal ponsel kita atau menghubungi layanan customer service WA untuk meminta bantuan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close