Cara Tracking Satelit Parabola

Posted on

Banyak orang yang menggunakan antena parabola untuk menonton siaran televisi di rumah. Namun, agar bisa menikmati acara televisi yang diinginkan, Anda harus melakukan tracking satelit parabola terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa cara tracking satelit parabola yang bisa Anda coba.

1. Menentukan Arah Satelit

Langkah pertama dalam melakukan tracking satelit parabola adalah menentukan arah satelit. Untuk mengetahui arah satelit yang tepat, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi tracking satelit yang tersedia di smartphone. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Satellite AR. Aplikasi ini akan menampilkan posisi satelit pada layar smartphone Anda.

Setelah mengetahui arah satelit, arahkan antena parabola Anda ke arah yang tepat. Pastikan antena parabola Anda tidak terhalang oleh pohon atau bangunan.

2. Mengatur Sudut Elevation

Setelah menentukan arah satelit, selanjutnya Anda harus mengatur sudut elevation antena parabola. Sudut elevation ini akan menentukan ketinggian antena parabola dari permukaan bumi. Untuk mengatur sudut elevation, cari informasi mengenai sudut elevation satelit yang akan ditangkap. Informasi ini bisa Anda dapatkan dari situs penyedia informasi tracking satelit, seperti lyngsat.com atau satbeams.com.

Pos Terkait:  Cara Instal PS1 di Android

Setelah mengetahui sudut elevation yang tepat, atur sudut elevation pada antena parabola Anda menggunakan skala yang biasanya terdapat pada bagian belakang antena parabola.

3. Mengatur Sudut Azimuth

Selanjutnya, Anda harus mengatur sudut azimuth antena parabola. Sudut azimuth ini akan menentukan arah horizontal antena parabola. Untuk mengatur sudut azimuth, cari informasi mengenai sudut azimuth satelit yang akan ditangkap. Informasi ini juga bisa Anda dapatkan dari situs penyedia informasi tracking satelit.

Setelah mengetahui sudut azimuth yang tepat, atur sudut azimuth pada antena parabola Anda menggunakan skala yang terdapat pada bagian belakang antena parabola atau menggunakan kompas.

4. Menghubungkan Kabel Antena dan Receiver

Setelah semua sudut dan arah antena parabola sudah diatur dengan tepat, selanjutnya Anda harus menghubungkan kabel antena dan receiver. Kabel antena yang sudah terhubung dengan antena parabola harus dihubungkan ke receiver dengan benar. Pastikan kabel antena sudah terpasang dengan baik dan tidak ada kabel yang terkelupas.

5. Melakukan Scanning

Setelah semua kabel terhubung dengan baik, selanjutnya Anda harus melakukan scanning. Scanning ini bertujuan untuk mencari dan menemukan siaran televisi yang tersedia dari satelit. Anda bisa melakukan scanning melalui menu pada receiver.

Pos Terkait:  Jelaskan Cara Menentukan Jenis Usaha

6. Menentukan Siaran Televisi yang Diinginkan

Setelah scanning selesai, selanjutnya Anda harus menentukan siaran televisi yang ingin ditonton. Siaran televisi tersebut bisa dipilih melalui menu pada receiver. Pastikan siaran televisi yang dipilih sudah sesuai dengan yang diinginkan.

7. Menikmati Siaran Televisi

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, Anda sudah bisa menikmati siaran televisi yang diinginkan dengan jernih dan tajam. Pastikan antena parabola terus dijaga dan dirawat dengan baik agar siaran televisi yang diterima selalu tajam dan jernih.

Kesimpulan

Tracking satelit parabola memang tidak mudah, namun dengan melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, Anda bisa menikmati siaran televisi dengan jernih dan tajam. Pastikan Anda menggunakan aplikasi tracking satelit yang tepat, mengatur sudut elevation dan azimuth dengan benar, menghubungkan kabel antena dan receiver dengan benar, melakukan scanning, dan menentukan siaran televisi yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa menikmati siaran televisi dengan kualitas yang lebih baik dan jernih. Selamat mencoba!

Pos Terkait:  Cara untuk Mengonversi Fahrenheit ke Kelvin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *