Cara Print Lewat WiFi: Mudah dan Efektif

Posted on

Melakukan cetak dokumen atau gambar dari smartphone atau laptop bisa menjadi tugas yang merepotkan jika harus menggunakan kabel USB. Namun, kini ada cara yang lebih mudah dan efektif, yaitu dengan mencetak lewat WiFi. Berikut adalah tutorial cara print lewat WiFi yang bisa kamu lakukan.

Menggunakan Printer WiFi

Cara paling mudah untuk melakukan print lewat WiFi adalah dengan menggunakan printer WiFi. Printer jenis ini sudah dilengkapi dengan teknologi wireless dan dapat terhubung dengan jaringan WiFi di rumah atau kantor. Untuk melakukan cetak, kamu hanya perlu mengirimkan dokumen atau gambar ke printer melalui jaringan WiFi.

Untuk menggunakan printer WiFi, pastikan bahwa printer dan perangkat yang akan digunakan untuk mencetak terhubung dengan jaringan WiFi yang sama. Kemudian, unduh dan instal driver printer pada perangkat yang akan digunakan. Setelah itu, kamu dapat mencetak dokumen atau gambar seperti biasa, namun pilihlah opsi printer WiFi sebagai printer yang akan digunakan.

Menggunakan Aplikasi Print Server

Jika printer yang kamu gunakan tidak dilengkapi dengan teknologi WiFi, kamu bisa menggunakan aplikasi print server untuk mencetak lewat WiFi. Aplikasi ini akan mengubah printer yang terhubung dengan komputer menjadi printer yang dapat diakses melalui jaringan WiFi.

Pos Terkait:  Jelaskan Persamaan Antara Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Ada banyak aplikasi print server yang bisa kamu gunakan, seperti Google Cloud Print dan PrinterShare. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut dan mengikuti langkah-langkah yang ada di dalamnya untuk menghubungkan printer dengan jaringan WiFi. Setelah itu, kamu dapat mencetak dokumen atau gambar dari perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi yang sama.

Menggunakan Fitur AirPrint

Bagi pengguna perangkat Apple, kamu bisa menggunakan fitur AirPrint untuk mencetak dokumen atau gambar lewat WiFi. Fitur ini sudah tersedia pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan Mac. Namun, tidak semua printer mendukung fitur AirPrint.

Jika printer kamu mendukung fitur AirPrint, pastikan bahwa printer dan perangkat Apple terhubung dengan jaringan WiFi yang sama. Kemudian, buka dokumen atau gambar yang ingin dicetak, dan pilih opsi cetak. Pilih printer yang akan digunakan, dan atur opsi cetak seperti kebutuhan kamu. Setelah itu, tekan tombol cetak dan dokumen atau gambar akan langsung dicetak dari printer yang terhubung melalui WiFi.

Menggunakan Fitur Google Cloud Print

Fitur Google Cloud Print juga bisa digunakan untuk mencetak dokumen atau gambar lewat WiFi. Fitur ini memungkinkan kamu mencetak dokumen atau gambar dari perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi, tanpa harus terhubung dengan printer secara langsung.

Pos Terkait:  Bagaimana Cara Mengatasi Parasit di Tubuh Ikan Hias?

Untuk menggunakan fitur Google Cloud Print, pastikan bahwa printer kamu sudah terdaftar pada akun Google Cloud Print. Kemudian, unduh aplikasi Google Cloud Print pada perangkat yang akan digunakan untuk mencetak. Setelah itu, buka dokumen atau gambar yang ingin dicetak, dan pilih opsi cetak. Pilih opsi Google Cloud Print sebagai printer yang akan digunakan, dan atur opsi cetak seperti kebutuhan kamu. Setelah itu, tekan tombol cetak dan dokumen atau gambar akan langsung dicetak dari printer yang terhubung melalui WiFi.

Kesimpulan

Mencetak dokumen atau gambar lewat WiFi bisa menjadi alternatif yang lebih mudah dan efektif daripada menggunakan kabel USB. Kamu bisa menggunakan printer WiFi, aplikasi print server, fitur AirPrint, atau fitur Google Cloud Print untuk mencetak lewat WiFi. Pastikan bahwa perangkat yang akan digunakan untuk mencetak terhubung dengan jaringan WiFi yang sama dengan printer yang akan digunakan. Dengan cara ini, kamu bisa mencetak dokumen atau gambar dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus terhubung secara langsung dengan printer.

Pos Terkait:  Apakah HP Baru Harus Dicharge Dulu? Mitos atau Fakta?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *