Cara Mengubah Format Foto HEIC ke JPG

Posted on

Jika Anda sering mengambil foto menggunakan iPhone atau iPad, kemungkinan besar Anda akan menemukan format file HEIC. Format ini memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar berkualitas tinggi dengan ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan format JPG.

Namun, masalah dengan format HEIC adalah tidak semua perangkat dan program mendukungnya. Jika Anda ingin membagikan foto Anda dengan orang lain atau mengeditnya di program yang tidak mendukung format HEIC, maka Anda perlu mengonversinya ke format JPG.

Apa itu Format HEIC?

HEIC adalah format file gambar yang dikembangkan oleh Apple untuk menggantikan format JPEG. HEIC adalah format file gambar yang lebih modern dan efisien, dan dapat menyimpan gambar yang lebih berkualitas dengan ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan format JPEG.

HEIC juga mendukung fitur seperti gambar bergerak, gambar dengan lapisan transparan, dan banyak lagi. Namun, masalahnya adalah tidak semua perangkat dan program mendukung format ini.

Cara Mengubah Format Foto HEIC ke JPG di iPhone atau iPad

Jika Anda ingin mengubah format foto HEIC menjadi JPG di iPhone atau iPad, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone atau iPad Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk “Kamera.
  3. Pilih “Format Foto”.
  4. Pilih “Yang Sesuai” untuk mengambil gambar dalam format HEIC dan JPG.
Pos Terkait:  Cara Mengembalikan Data HP yang Sudah di Reset Pabrik

Dengan opsi “Yang Sesuai”, iPhone atau iPad akan mengambil gambar dalam format HEIC dan JPG secara bersamaan. Jika Anda ingin mengonversi foto HEIC menjadi JPG, Anda dapat menemukan foto HEIC yang ingin Anda ubah dan mengirimkannya ke diri sendiri melalui email atau aplikasi pesan. Kemudian, buka foto di perangkat lain dan simpan sebagai JPG.

Cara Mengubah Format Foto HEIC ke JPG di Komputer

Jika Anda ingin mengonversi beberapa foto HEIC menjadi JPG di komputer Anda, Anda dapat menggunakan program konversi file seperti “iMazing HEIC Converter” atau “CopyTrans HEIC for Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal program konversi file seperti “iMazing HEIC Converter” atau “CopyTrans HEIC for Windows.
  2. Buka program dan pilih foto HEIC yang ingin Anda ubah.
  3. Pilih opsi “Convert” atau “Ubah” untuk mengonversi foto menjadi format JPG.
  4. Pilih folder tujuan untuk menyimpan foto yang telah diubah.
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses konversi selesai.

Dengan menggunakan program konversi file, Anda dapat mengubah banyak foto HEIC menjadi JPG dengan mudah dan cepat. Anda juga dapat memilih opsi untuk menghapus foto HEIC setelah diubah menjadi JPG untuk menghemat ruang penyimpanan di komputer Anda.

Pos Terkait:  Perbedaan Sanitasi dan Hygiene

Kesimpulan

Jika Anda sering mengambil foto menggunakan iPhone atau iPad, kemungkinan besar Anda akan menemukan format HEIC. Namun, tidak semua perangkat dan program mendukung format ini. Jika Anda ingin membagikan foto Anda dengan orang lain atau mengeditnya di program yang tidak mendukung format HEIC, maka Anda perlu mengonversinya ke format JPG.

Anda dapat mengubah format foto HEIC ke JPG dengan mudah menggunakan perangkat iPhone atau iPad Anda atau dengan menggunakan program konversi file di komputer Anda. Dengan mengubah format foto, Anda dapat dengan mudah membagikan foto Anda dengan orang lain dan mengeditnya di program yang mendukung format JPG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *