Cara Menggunakan Cloud Print

Posted on

Cloud Print adalah layanan Google yang memungkinkan pengguna mencetak dokumen dari perangkat apapun ke printer yang terhubung ke internet. Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari cara menggunakan Cloud Print secara efektif.

1. Memeriksa Ketersediaan Printer

Sebelum mencetak dokumen dengan Cloud Print, pastikan printer yang ingin digunakan sudah terhubung ke internet dan terdaftar dalam akun Google kamu.

2. Mengaktifkan Cloud Print

Untuk mengaktifkan Cloud Print, buka Google Chrome di komputer dan klik ikon titik tiga di sudut kanan atas. Pilih “Settings” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Advanced”. Klik “Printing” dan aktifkan opsi “Google Cloud Print”.

3. Menghubungkan Printer ke Cloud Print

Setelah mengaktifkan Cloud Print, klik “Manage Cloud Print devices” dan pilih “Add printers”. Pilih printer yang ingin kamu hubungkan dengan Cloud Print dan klik “Add printer(s)”.

4. Menggunakan Cloud Print dari Perangkat Mobile

Untuk menggunakan Cloud Print dari perangkat mobile, pastikan aplikasi Google Cloud Print sudah terinstall di perangkat kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

5. Menggunakan Cloud Print dari Komputer

Untuk menggunakan Cloud Print dari komputer, buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

Pos Terkait:  Cara Bikin Keranjang Kuning di TikTok

6. Mengatur Opsi Cetak

Sebelum mencetak dokumen dengan Cloud Print, pastikan kamu telah mengatur opsi cetak seperti jumlah salinan, ukuran kertas, dan orientasi kertas. Opsi ini dapat diatur pada aplikasi Google Cloud Print atau pada dokumen yang ingin dicetak.

7. Menghapus Printer dari Cloud Print

Jika ingin menghapus printer dari Cloud Print, buka Google Chrome di komputer dan klik ikon titik tiga di sudut kanan atas. Pilih “Settings” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Advanced”. Klik “Printing” dan pilih “Manage Cloud Print devices”. Pilih printer yang ingin dihapus dan klik “Delete.

8. Menambahkan Pengguna ke Cloud Print

Jika ingin membagikan akses Cloud Print dengan pengguna lain, buka Google Chrome di komputer dan klik ikon titik tiga di sudut kanan atas. Pilih “Settings” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Advanced”. Klik “Printing” dan pilih “Google Cloud Print”. Pilih “Share printers” dan tambahkan pengguna yang ingin diberikan akses.

9. Menambahkan Cloud Print ke Aplikasi

Jika ingin menambahkan Cloud Print ke aplikasi, pastikan aplikasi tersebut mendukung Google Cloud Print. Buka aplikasi dan pilih opsi “Print. Pilih “Google Cloud Print” dan masuk menggunakan akun Google kamu.

10. Mencetak Dokumen dari Google Drive

Untuk mencetak dokumen dari Google Drive, buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “File”. Pilih “Print” dan pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print. Klik “Print”.

11. Mengelola Akses Pengguna

Untuk mengelola akses pengguna ke Cloud Print, buka Google Chrome di komputer dan klik ikon titik tiga di sudut kanan atas. Pilih “Settings” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Advanced”. Klik “Printing” dan pilih “Google Cloud Print”. Pilih “Manage users” dan tambahkan atau hapus pengguna yang ingin diberikan atau dihapus akses.

12. Menyimpan Dokumen ke Google Drive

Jika ingin menyimpan dokumen ke Google Drive, pilih opsi “Save to Google Drive” saat mencetak dokumen menggunakan Cloud Print. Dokumen akan otomatis disimpan ke Google Drive.

13. Menggunakan Cloud Print dari Perangkat iOS

Untuk menggunakan Cloud Print dari perangkat iOS, pastikan aplikasi Google Cloud Print sudah terinstall di perangkat kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Share”. Pilih “Print” dan pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print. Klik “Print”.

14. Menggunakan Cloud Print dari Perangkat Android

Untuk menggunakan Cloud Print dari perangkat Android, pastikan aplikasi Google Cloud Print sudah terinstall di perangkat kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print”. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

Pos Terkait:  Cara Nonton Bola Live di HP Tanpa Aplikasi

15. Menggunakan Cloud Print dari Perangkat Chromebook

Untuk menggunakan Cloud Print dari perangkat Chromebook, buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print”. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

16. Menggunakan Cloud Print dari Perangkat BlackBerry

Untuk menggunakan Cloud Print dari perangkat BlackBerry, pastikan aplikasi Google Cloud Print sudah terinstall di perangkat kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print”. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

17. Menggunakan Cloud Print dari Perangkat Windows Phone

Untuk menggunakan Cloud Print dari perangkat Windows Phone, pastikan aplikasi Google Cloud Print sudah terinstall di perangkat kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print”. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

18. Menggunakan Cloud Print dari Perangkat Kindle Fire

Untuk menggunakan Cloud Print dari perangkat Kindle Fire, pastikan aplikasi Google Cloud Print sudah terinstall di perangkat kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print”. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

19. Menggunakan Cloud Print dari Perangkat Xbox

Untuk menggunakan Cloud Print dari perangkat Xbox, pastikan aplikasi Google Cloud Print sudah terinstall di perangkat kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print”. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

20. Menggunakan Cloud Print dari Perangkat PS4

Untuk menggunakan Cloud Print dari perangkat PS4, pastikan aplikasi Google Cloud Print sudah terinstall di perangkat kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print”. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

21. Menggunakan Cloud Print dari Perangkat Nintendo Switch

Untuk menggunakan Cloud Print dari perangkat Nintendo Switch, pastikan aplikasi Google Cloud Print sudah terinstall di perangkat kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print”. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

22. Menggunakan Cloud Print di Tempat Kerja

Untuk menggunakan Cloud Print di tempat kerja, pastikan printer yang ingin digunakan sudah terhubung dengan internet dan terdaftar dalam akun Google Workspace atau G Suite. Aktifkan Google Cloud Print dan hubungkan printer dengan akun Google Workspace atau G Suite.

23. Menggunakan Cloud Print untuk Cetak Jarak Jauh

Untuk menggunakan Cloud Print untuk mencetak dokumen dari jarak jauh, pastikan printer yang ingin digunakan terhubung dengan internet dan terdaftar dalam akun Google kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print”. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

Pos Terkait:  Lifeat.io: Belajar Bareng Idol Korea Bersama BTS dan NCT

24. Menggunakan Cloud Print dari Google Docs

Untuk menggunakan Cloud Print dari Google Docs, buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “File”. Pilih “Print” dan pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print. Klik “Print”.

25. Menggunakan Cloud Print dari Microsoft Office

Untuk menggunakan Cloud Print dari Microsoft Office, pastikan aplikasi Google Cloud Print sudah terinstall di komputer kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print”. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

26. Menggunakan Cloud Print dari Adobe Acrobat

Untuk menggunakan Cloud Print dari Adobe Acrobat, pastikan aplikasi Google Cloud Print sudah terinstall di komputer kamu. Buka dokumen yang ingin dicetak dan pilih opsi “Print”. Pilih printer yang sudah terhubung dengan Cloud Print dan klik “Print”.

27. Menambahkan Printer ke Cloud Print melalui Email

Untuk menambahkan printer ke Cloud Print melalui email, kirim email dengan lampiran dokumen yang ingin dicetak ke alamat email yang terhubung dengan akun Google kamu. Printer akan otomatis terdaftar ke akun Google kamu dan siap digunakan.

28. Mengatur Akses Printer

Untuk mengatur akses printer di Cloud Print, buka Google Chrome di komputer dan klik ikon titik tiga di sudut kanan atas. Pilih “Settings” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Advanced”. Klik “Printing” dan pilih “Google Cloud Print”. Pilih printer yang ingin diatur aksesnya dan klik “Share”.

29. Mengganti Nama Printer di Cloud Print

Untuk mengganti nama printer di Cloud Print, buka Google Chrome di komputer dan klik ikon titik tiga di sudut kanan atas. Pilih “Settings” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Advanced”. Klik “Printing” dan pilih “Google Cloud Print”. Pilih printer yang ingin diganti namanya dan klik “Change name.

30. Mengatur Notifikasi Printer di Cloud Print

Untuk mengatur notifikasi printer di Cloud Print, buka Google Chrome di komputer dan klik ikon titik tiga di sudut kanan atas. Pilih “Settings” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Advanced”. Klik “Printing” dan pilih “Google Cloud Print”. Pilih printer yang ingin diatur notifikasinya dan klik “Notifications”.

Kesimpulan

Dengan mempelajari cara menggunakan Cloud Print, kamu dapat mencetak dokumen dari perangkat apapun ke printer yang terhubung dengan internet. Pastikan printer sudah terhubung dengan internet dan terdaftar dalam akun Google kamu sebelum menggunakan Cloud Print. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *