Caramantap

Cara Memasang Subtitle di Android tanpa Aplikasi

×

Cara Memasang Subtitle di Android tanpa Aplikasi

Share this article

Menonton film atau video di ponsel pintar Android memang sangat menyenangkan. Namun, terkadang kita kesulitan dalam memahami bahasa yang digunakan dalam video tersebut, terutama jika video tersebut berbahasa asing. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini, kami akan memberikan tutorial untuk memasang subtitle di Android tanpa menggunakan aplikasi.

Langkah Pertama: Memiliki File Video dan File Subtitle

Sebelum memasang subtitle pada video di Android, pastikan kamu memiliki dua file yang dibutuhkan yaitu file video dan file subtitle. File subtitle dapat diunduh dari situs web yang menyediakan subtitle untuk film atau video tertentu. Pastikan kamu mendownload subtitle yang sesuai dengan video yang ingin kamu tonton.

Langkah Kedua: Ubah Nama File Video dan File Subtitle

Setelah kamu berhasil mengunduh file video dan file subtitle, ubah nama file video dan file subtitle agar sama persis. Misalnya, jika nama file video kamu adalah “film.mp4”, maka ubah nama file subtitle menjadi “film.srt”. Perlu diingat, kedua file tersebut harus berada di dalam satu folder yang sama.

Pos Terkait:  3 Cara Mengubah PDF ke Word, Pilih Mana yang Mudah

Langkah Ketiga: Pindahkan File Video dan File Subtitle ke Ponsel Android

Setelah kedua file tersebut memiliki nama yang sama dan berada di dalam satu folder, kamu perlu memindahkan folder tersebut ke ponsel pintar Android. Kamu bisa memindahkan folder tersebut melalui kabel USB atau menggunakan aplikasi transfer file seperti Google Drive atau Dropbox.

Langkah Keempat: Instal Media Player yang Mendukung Subtitle

Untuk memutar video dengan subtitle, kamu memerlukan media player yang mendukung fitur subtitle. Beberapa media player yang mendukung fitur subtitle adalah VLC Media Player, MX Player, dan GOM Player. Kamu bisa mengunduh salah satu aplikasi media player tersebut di Google Play Store.

Langkah Kelima: Buka File Video di Media Player

Setelah kamu menginstal media player, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi “Buka File”. Pilih file video yang ingin kamu tonton dan klik “Buka”.

Langkah Keenam: Aktifkan Subtitle

Jika nama file video dan file subtitle sama persis dan berada di dalam satu folder yang sama, media player akan secara otomatis mendeteksi file subtitle dan memunculkannya di video. Namun, jika subtitle tidak muncul, kamu bisa mengaktifkannya secara manual dengan memilih opsi “Subtitle” pada menu media player.

Pos Terkait:  Cara Membuat Akun FB Blank: Langkah Mudah dan Simpel

Kesimpulan

Dengan mengikuti tutorial di atas, kamu bisa dengan mudah memasang subtitle di Android tanpa menggunakan aplikasi. Selain itu, kamu juga bisa memilih media player yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close