Cara Main Snapchat: Tips dan Trik untuk Pemula

Posted on

Snapchat adalah aplikasi media sosial yang sangat populer di kalangan remaja dan milenial. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dan video yang hanya dapat dilihat selama beberapa detik sebelum menghilang. Selain itu, Snapchat juga menawarkan banyak fitur menarik seperti filter wajah, stiker, dan lensa augmented reality. Namun, bagi pemula, cara main Snapchat bisa terasa sedikit membingungkan. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membantu Anda memulai dalam menggunakan aplikasi Snapchat.

1. Download dan Instal Aplikasi Snapchat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai menggunakan Snapchat adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi di perangkat Anda. Snapchat tersedia untuk diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, buka aplikasi dan buat akun Snapchat baru. Anda dapat mendaftar menggunakan alamat email atau nomor telepon Anda.

2. Tambahkan Teman di Snapchat

Setelah mendaftar, Anda dapat mulai menambahkan teman di Snapchat. Ada beberapa cara untuk menambahkan teman di Snapchat. Pertama, Anda dapat mencari teman Anda dengan menggunakan nama pengguna mereka atau nomor telepon mereka. Kedua, Anda dapat menambahkan teman dengan memindai kode QR mereka. Ketiga, Anda dapat menambahkan teman dengan menemukan mereka di bagian “Teman Suggested” di dalam aplikasi.

3. Kirim Snap pada Teman Anda

Setelah menambahkan teman, Anda dapat mulai mengirim Snap pada mereka. Snap adalah foto atau video pendek yang hanya dapat dilihat selama beberapa detik sebelum menghilang. Untuk mengirim Snap, cukup pilih teman yang ingin Anda kirim Snap, lalu pilih ikon kamera di bagian bawah layar. Anda dapat mengambil foto atau merekam video dengan menekan tombol lingkaran di tengah layar. Setelah selesai, tambahkan teks atau stiker jika diinginkan, lalu kirim Snap Anda.

4. Gunakan Filter, Stiker, dan Lensa

Salah satu fitur yang membuat Snapchat sangat menarik adalah filter, stiker, dan lensa. Filter adalah efek visual yang dapat diterapkan pada foto atau video Anda, seperti filter wajah atau filter cuaca. Stiker adalah gambar atau emoji yang dapat ditambahkan pada Snap Anda. Lensa adalah efek augmented reality yang dapat diterapkan pada wajah Anda atau objek di sekitar Anda. Untuk menggunakan filter, stiker, atau lensa, cukup geser layar ke kiri atau ke kanan setelah mengambil foto atau merekam video.

Pos Terkait:  Daftar Toko Game Tempat Pre-Order Resmi PlayStation 5

5. Gunakan Fitur Chat dan Pesan

Snapchat juga menawarkan fitur chat dan pesan yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan teman Anda secara langsung. Anda dapat mengirim pesan teks atau gambar melalui fitur Chat. Anda juga dapat mengirim Snap secara individual atau dalam grup melalui fitur Pesan. Untuk mengakses fitur Chat dan Pesan, cukup ketuk ikon chat di bagian bawah layar.

6. Tonton Stories dari Teman Anda

Stories adalah kumpulan foto atau video yang dapat dilihat oleh semua teman Anda selama 24 jam sebelum menghilang. Teman Anda dapat memposting Stories mereka dengan menambahkan foto atau video ke “My Story. Untuk melihat Stories dari teman Anda, cukup geser layar ke kiri setelah membuka aplikasi Snapchat. Anda juga dapat mengomentari atau mengekspresikan emosi pada Stories teman Anda dengan mengetuk ikon wajah di bawah Stories.

7. Buat dan Kirim Snap dari Memories

Memories adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda menyimpan foto dan video yang telah Anda ambil sebelumnya. Anda dapat mengakses Memories dengan mengetuk ikon kamera di bagian bawah layar, lalu memilih ikon Memories di bawah layar. Dari sini, Anda dapat memilih foto atau video yang ingin Anda kirim ulang sebagai Snap atau memperbarui dengan filter, stiker, atau lensa baru.

8. Gunakan Bitmoji

Bitmoji adalah aplikasi yang memungkinkan Anda membuat avatar digital yang terlihat seperti diri Anda sendiri. Snapchat telah mengintegrasikan Bitmoji dengan aplikasi mereka, sehingga Anda dapat menggunakan Bitmoji Anda dalam Snap dan Chat. Untuk mengaktifkan Bitmoji, cukup unduh aplikasi Bitmoji terlebih dahulu, buat avatar Anda, lalu sambungkan akun Bitmoji Anda dengan akun Snapchat Anda.

9. Buat dan Kirim Snap dari Discover

Discover adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda menemukan konten editorial dari media dan merek terkemuka. Anda dapat mengakses Discover dengan mengetuk ikon lingkaran di bagian atas layar setelah membuka aplikasi Snapchat. Dari sini, Anda dapat menemukan konten dari media seperti CNN, ESPN, atau Buzzfeed. Anda juga dapat membuat dan mengirim Snap dari konten Discover yang Anda sukai.

10. Gunakan Fitur Geofilter

Geofilter adalah filter yang hanya tersedia di lokasi tertentu, seperti tempat wisata atau acara khusus. Geofilter memungkinkan Anda menambahkan efek visual pada Snap Anda yang hanya tersedia di lokasi tertentu. Untuk menggunakan Geofilter, pastikan lokasi Anda diaktifkan dan terhubung dengan internet. Setelah itu, buka kamera Snapchat dan geser layar ke kiri atau ke kanan untuk melihat Geofilter yang tersedia di lokasi Anda.

Pos Terkait:  Perbedaan Telegram dan Telegram X

11. Gunakan Fitur Shazam

Shazam adalah aplikasi pengenalan musik yang memungkinkan Anda mengetahui judul dan artis lagu yang sedang diputar. Snapchat telah mengintegrasikan fitur Shazam dengan aplikasi mereka, sehingga Anda dapat mengidentifikasi musik yang sedang diputar di Snap atau di sekitar Anda. Untuk menggunakan fitur Shazam, cukup ketuk layar saat musik sedang diputar, lalu ketuk ikon Shazam di bawah layar.

12. Gunakan Fitur Snap Map

Snap Map adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda melihat lokasi teman Anda di peta. Snap Map juga memungkinkan Anda untuk menemukan acara dan tempat menarik di sekitar Anda. Untuk mengakses Snap Map, geser layar ke bawah dari layar kamera Snapchat. Anda juga dapat memilih untuk berbagi lokasi Anda dengan teman Anda atau memilih untuk tetap tersembunyi dari Snap Map.

13. Gunakan Fitur Lensa Berbayar

Salah satu cara Snapchat menghasilkan uang adalah dengan menjual lensa berbayar. Lensa berbayar adalah lensa augmented reality yang dapat dibeli oleh merek atau pengiklan untuk dipromosikan kepada pengguna Snapchat. Lensa berbayar biasanya tersedia selama beberapa hari atau minggu sebelum digantikan oleh lensa baru. Untuk mengakses lensa berbayar, geser layar ke kiri atau ke kanan setelah membuka kamera Snapchat.

14. Gunakan Fitur Snap Originals

Snap Originals adalah serial TV pendek yang diproduksi khusus untuk Snapchat. Serial ini terdiri dari beberapa episode yang dapat dilihat secara gratis di aplikasi Snapchat. Snap Originals menampilkan selebriti dan pengguna terkenal dalam berbagai genre seperti drama, komedi, dan realitas. Anda dapat mengakses Snap Originals dengan mengetuk ikon Discover di bagian bawah layar, lalu memilih Snap Originals.

15. Berlangganan Channel Snapchat

Channel Snapchat adalah saluran media yang diproduksi khusus untuk Snapchat oleh merek atau media. Channel ini menampilkan konten yang relevan dengan minat dan preferensi Anda, seperti berita, olahraga, atau mode. Anda dapat berlangganan Channel Snapchat dengan mengetuk ikon Discover di bagian bawah layar, lalu memilih Channel yang ingin Anda ikuti.

16. Gunakan Fitur Snapcodes

Snapcodes adalah kode QR unik yang dapat digunakan untuk menambahkan teman di Snapchat atau membuka fitur khusus seperti Lensa atau Filter. Snapcodes dapat ditemukan di profil teman Anda atau di berbagai tempat di luar jaringan Snapchat seperti media sosial atau poster iklan. Untuk menambahkan teman dengan Snapcodes, cukup buka Snapchat dan arahkan kamera ke Snapcode, lalu ketuk tombol yang muncul untuk menambahkan teman.

17. Beralih ke Mode Kecil atau Besar

Mode Kecil atau Besar adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda mengubah ukuran teks, stiker, atau gambar pada Snap Anda. Mode Kecil memperkecil elemen Snap Anda sehingga lebih banyak ruang tersedia untuk menambahkan teks atau stiker. Mode Besar memperbesar elemen Snap Anda sehingga lebih mudah dilihat oleh teman Anda. Untuk mengakses Mode Kecil atau Besar, ketuk teks atau stiker yang ingin Anda ubah, lalu ketuk ikon “T” di atas layar.

Pos Terkait:  Update Harga Samsung Galaxy A03 Oktober, Turun Rp

18. Gunakan Fitur Snapstreaks

Snapstreaks adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda untuk mempertahankan hubungan dengan teman Anda dengan mengirim Snap setiap hari. Jika Anda dan teman Anda saling mengirim Snap setiap hari, Anda akan mempertahankan Snapstreaks Anda. Snapstreaks ditandai dengan ikon api di samping nama teman Anda. Untuk memulai Snapstreaks, cukup kirim Snap pada teman Anda setiap hari.

19. Gunakan Fitur Snap Map Bitmoji

Snap Map Bitmoji adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda menampilkan avatar Bitmoji Anda di lokasi Anda di peta. Snap Map Bitmoji juga memungkinkan Anda melihat lokasi Bitmoji teman Anda di peta. Untuk mengaktifkan Snap Map Bitmoji, buka Snap Map dengan menggeser layar ke bawah dari layar kamera Snapchat, lalu ketuk ikon Bitmoji di bagian atas layar.

20. Gunakan Fitur Zoom

Zoom adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda memperbesar atau memperkecil Snap Anda saat merekam video. Untuk menggunakan Zoom, cukup geser jari Anda ke atas atau ke bawah di layar ketika merekam video. Zoom dapat membantu Anda menangkap detail yang lebih baik pada objek atau orang di depan kamera.

21. Gunakan Fitur Background

Background adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda mengganti latar belakang Snap Anda dengan gambar atau warna yang berbeda. Untuk menggunakan Background, ketuk ikon kamera di bagian bawah layar, lalu ketuk ikon Background di bawah layar. Dari sini, Anda dapat memilih background yang ingin Anda gunakan atau mengunggah gambar sendiri.

22. Gunakan Fitur Timer

Timer adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda mengatur waktu tampilan Snap Anda. Anda dapat mengatur waktu tampilan Snap Anda antara 1 hingga 10 detik. Setelah waktu tampilan berakhir, Snap Anda akan hilang. Untuk mengatur waktu tampilan Snap, ketuk ikon jam di bagian kanan bawah layar setelah mengambil foto atau merekam video.

23. Gunakan Fitur Replay

Replay adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda melihat Snap yang telah hilang kembali. Anda dapat menggunakan Replay sekali dalam 24 jam. Untuk menggunakan Replay, ketuk Snap yang telah hilang, lalu ketuk ikon Replay di bawah layar. Catatan bahwa Snap yang telah dibuka tidak dapat di-Replay.

24. Gunakan Fitur Doodle

Doodle adalah fitur Snapchat yang memungkinkan Anda menggambar pada Snap Anda sebelum mengirimnya. Anda dapat menggambar garis, teks, atau bentuk pada Snap Anda dengan memilih pensil di bagian atas layar. Doodle dapat membantu Anda menambahkan sentuhan pribadi pada Snap Anda.

25. Gunakan Fitur Kunci