Caramantap

Perbedaan Because dan Due To

×

Perbedaan Because dan Due To

Share this article

Ketika kita berbicara tentang sebab dan akibat dalam bahasa Inggris, dua kata yang sering digunakan adalah because dan due to. Namun, apakah keduanya benar-benar sama? Apakah kita bisa menggunakan keduanya secara bergantian? Mari kita bahas perbedaan antara because dan due to.

Pengertian Because dan Due To

Before we dive into the differences between because and due to, let’s first define what these words mean.

The word because is used to introduce a reason or explanation for something. It is often followed by a clause or sentence that explains why something happened or is happening.

On the other hand, due to is used to show the cause of something. It is often followed by a noun or noun phrase that explains why something happened or is happening.

Contoh Penggunaan Because dan Due To

Misalnya, kita ingin memberikan alasan mengapa kita terlambat ke kantor. Kita bisa menggunakan because atau due to. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam penggunaannya.

Jika kita ingin menggunakan because, maka kita bisa mengatakan “I was late for work because I missed my train.” Sedangkan jika kita ingin menggunakan due to, kita bisa mengatakan “I was late for work due to a train delay.

Pos Terkait:  Cara Jadi YouTuber: Tips dan Trik untuk Sukses Menjadi YouTuber

Dalam contoh di atas, kita menggunakan because untuk menjelaskan bahwa kita terlambat karena kita melewatkan kereta. Sedangkan dalam penggunaan due to, kita menjelaskan bahwa kita terlambat karena ada keterlambatan kereta.

Perbedaan Penggunaan Because dan Due To

Selain dalam contoh di atas, ada beberapa perbedaan penting dalam penggunaan because dan due to.

Pertama, karena because diikuti oleh klausa, kita bisa menggunakan kata kerja setelahnya. Misalnya, “I didn’t go to the party because I was feeling sick.” Sedangkan, karena due to diikuti oleh frasa kata benda, kita tidak bisa menggunakan kata kerja setelahnya. Misalnya, “I didn’t go to the party due to my illness.”

Kedua, karena because menunjukkan alasan langsung untuk sesuatu, kita cenderung menggunakan kata tersebut ketika kita ingin memberikan penjelasan yang lebih spesifik. Sedangkan, karena due to menunjukkan penyebab yang lebih umum atau tersirat, kita bisa menggunakannya ketika kita ingin memberikan penjelasan yang lebih umum.

Ketiga, karena because merupakan kata penghubung yang sering digunakan dalam kalimat, penggunaannya lebih sering daripada due to. Namun, karena due to menunjukkan penyebab yang lebih umum, penggunaannya lebih sering dalam kalimat yang lebih formal atau akademis.

Pos Terkait:  Cara Menghapus Background Video di Kinemaster

Kesimpulan

Jadi, apakah because dan due to sama? Tidak. Keduanya memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Kita harus memilih kata yang tepat tergantung pada situasi dan konteks kalimat. Jadi, selalu perhatikan penggunaan because dan due to saat berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close