Caramantap

Perbedaan Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Indonesia

×

Perbedaan Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Indonesia

Share this article

Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen yang penting untuk melamar pekerjaan. Namun, ada perbedaan antara surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia. Apa saja perbedaannya?

Pola Penulisan

Perbedaan pertama adalah pola penulisan. Surat lamaran kerja bahasa Inggris biasanya menggunakan gaya semi-blok, sedangkan surat lamaran kerja bahasa Indonesia menggunakan gaya blok atau full-blok.

Gaya semi-blok pada surat lamaran kerja bahasa Inggris memiliki jarak satu tab pada setiap awal paragraf. Sedangkan gaya blok atau full-blok pada surat lamaran kerja bahasa Indonesia memulai setiap paragraf dari margin kiri.

Konten

Perbedaan kedua adalah konten atau isi surat lamaran kerja. Pada surat lamaran kerja bahasa Inggris, biasanya terdapat beberapa bagian seperti introduction, qualification, experience, dan closing. Sedangkan pada surat lamaran kerja bahasa Indonesia, biasanya terdapat bagian pengantar, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan penutup.

Dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris, introduction biasanya dimulai dengan menyebutkan tujuan dari surat lamaran tersebut. Kemudian pada bagian qualification, pelamar akan menjelaskan kualifikasi atau keahlian yang dimilikinya. Pada bagian experience, pelamar akan memaparkan pengalaman kerjanya. Sedangkan pada closing, pelamar akan mengucapkan terima kasih dan memberikan informasi kontak.

Pos Terkait:  Layar Hitam saat Booting Windows? Begini Cara

Sedangkan pada surat lamaran kerja bahasa Indonesia, bagian pengantar berisi tentang informasi diri dan tujuan melamar kerja. Pada bagian riwayat pendidikan, pelamar akan memaparkan pendidikan formal yang dimilikinya. Pada bagian pengalaman kerja, pelamar akan menjelaskan pengalaman kerja yang dimiliki. Dan pada bagian penutup, pelamar akan mengucapkan terima kasih dan memberikan informasi kontak.

Bahasa

Perbedaan ketiga adalah bahasa yang digunakan. Pada surat lamaran kerja bahasa Inggris, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik dan benar. Sedangkan pada surat lamaran kerja bahasa Indonesia, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dengan tata bahasa yang baik dan benar.

Untuk surat lamaran kerja bahasa Inggris, pelamar harus memperhatikan tata bahasa yang baik dan benar. Hal ini termasuk penggunaan kata kerja bantu, kata sifat, dan kata keterangan. Sedangkan pada surat lamaran kerja bahasa Indonesia, pelamar harus memperhatikan penggunaan ejaan, tanda baca, dan tata bahasa yang baik dan benar.

Penggunaan Format

Perbedaan keempat adalah penggunaan format. Pada surat lamaran kerja bahasa Inggris, biasanya menggunakan format A4 dengan margin yang sudah ditentukan. Sedangkan pada surat lamaran kerja bahasa Indonesia, format yang digunakan biasanya adalah format surat resmi.

Pos Terkait:  Cara Main Roblox di Laptop: Panduan Lengkap

Format A4 pada surat lamaran kerja bahasa Inggris biasanya menggunakan margin 2,54 cm pada bagian atas, bawah, kiri, dan kanan. Sedangkan format surat resmi pada surat lamaran kerja bahasa Indonesia biasanya menggunakan format yang sudah ditentukan seperti margin, jenis huruf, dan ukuran kertas.

Kesimpulan

Perbedaan surat lamaran kerja bahasa Inggris dan Indonesia terletak pada pola penulisan, konten, bahasa, dan penggunaan format. Pelamar harus memperhatikan perbedaan ini agar dapat membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Selain itu, pelamar juga harus memperhatikan tata bahasa yang baik dan benar serta format yang digunakan agar surat lamaran kerja dapat diterima dengan baik oleh perusahaan yang dituju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close