Caramantap

Cara Memberi Warna pada Tabel Word

×

Cara Memberi Warna pada Tabel Word

Share this article

Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Salah satu fitur yang sering digunakan pada Microsoft Word adalah tabel. Tabel digunakan untuk menyajikan data secara terstruktur dan rapi. Tabel yang berwarna juga bisa membuat tampilan dokumen menjadi lebih menarik. Bagaimana cara memberi warna pada tabel word? Berikut adalah langkah-langkahnya.

Langkah 1: Membuat Tabel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat tabel. Caranya adalah dengan klik tombol “Tabel” pada menu “Insert” dan pilih “Tabel”. Setelah itu, tentukan jumlah kolom dan baris yang diinginkan.

Langkah 2: Memilih Sel Tabel

Setelah tabel selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memilih sel tabel yang ingin diberi warna. Caranya adalah dengan mengklik sel yang ingin diberi warna. Jika ingin memberi warna pada sel yang bersebelahan, maka bisa dilakukan dengan menahan tombol “Shift” dan mengklik sel tersebut.

Pos Terkait:  Cara Trading Gratis: Pelajari Cara Trading Tanpa Biaya

Langkah 3: Memberi Warna pada Sel Tabel

Setelah sel yang ingin diberi warna telah dipilih, langkah selanjutnya adalah memberi warna pada sel tersebut. Caranya adalah dengan mengklik tombol “Shading” pada menu “Table Tools” dan memilih warna yang diinginkan. Alternatifnya, bisa juga dengan menggunakan menu “Borders and Shading” pada menu “Format”.

Langkah 4: Memberi Warna pada Tabel

Jika ingin memberi warna pada tabel secara keseluruhan, bukan hanya pada sel tertentu, maka bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti pada langkah 3. Namun, kali ini pilihlah seluruh tabel sebelum mengklik tombol “Shading” atau “Borders and Shading”.

Langkah 5: Menghapus Warna pada Tabel

Jika ingin menghapus warna pada tabel atau sel tertentu, caranya juga sangat mudah. Cukup pilih sel atau tabel yang ingin dihapus warnanya, lalu klik tombol “No Fill” pada menu “Shading” atau “Borders and Shading”.

Langkah 6: Menambahkan Efek Bayangan pada Tabel

Selain memberi warna, efek bayangan juga bisa membuat tampilan tabel menjadi lebih menarik. Caranya adalah dengan klik tombol “Table Styles” pada menu “Table Tools” dan pilih salah satu gaya yang tersedia. Beberapa gaya juga dilengkapi dengan efek bayangan.

Pos Terkait:  Mengapa Jelaskan Alasanmu di Tempat yang Tersedia di Bawah Ini 2

Langkah 7: Menambahkan Garis pada Tabel

Selain memberi warna, garis juga bisa membuat tabel menjadi lebih terstruktur. Caranya adalah dengan mengklik tombol “Borders” pada menu “Table Tools” dan memilih jenis garis yang diinginkan. Jika ingin menambahkan garis hanya pada sel tertentu, maka pilih sel tersebut sebelum mengklik tombol “Borders”.

Langkah 8: Menentukan Lebar Kolom dan Tinggi Baris

Lebar kolom dan tinggi baris pada tabel bisa diatur sesuai kebutuhan. Caranya adalah dengan mengarahkan kursor pada batas antara dua kolom atau dua baris, lalu menariknya ke kanan atau ke bawah. Jika ingin menentukan lebar kolom atau tinggi baris secara pasti, maka bisa dilakukan dengan mengklik tombol “Table Properties” pada menu “Table Tools” dan mengisi nilai lebar atau tinggi yang diinginkan.

Langkah 9: Menambahkan Header dan Footer pada Tabel

Jika ingin menambahkan header atau footer pada tabel, maka bisa dilakukan dengan mengklik tombol “Table Properties” pada menu “Table Tools” dan memilih tab “Row”. Selanjutnya, centang opsi “Repeat as header row at the top of each page” untuk header atau “Repeat as footer row at the bottom of each page” untuk footer.

Pos Terkait:  Cara Cek Saldo ATM Bank Jatim - Mudah dan Praktis

Langkah 10: Menambahkan Isi pada Tabel

Setelah tabel selesai dibuat dan diatur tampilannya, selanjutnya adalah menambahkan isi pada tabel tersebut. Caranya adalah dengan mengklik sel yang ingin diisi dan mengetikkan teks atau angka yang diinginkan. Data juga bisa diimpor dari file Excel atau database lainnya.

Langkah 11: Menyimpan Tabel

Setelah semua langkah selesai dilakukan, jangan lupa untuk menyimpan tabel tersebut. Caranya adalah dengan klik tombol “Save” pada menu “File” atau dengan menekan tombol “Ctrl+S” pada keyboard. Tabel juga bisa disimpan dalam bentuk PDF atau gambar dengan cara yang sama.

Penutup

Sekarang Anda sudah tahu cara memberi warna pada tabel Word. Selain memberi warna, masih banyak fitur lain yang bisa digunakan untuk membuat tabel menjadi lebih menarik dan terstruktur. Cobalah untuk mengeksplorasi fitur-fitur tersebut agar dokumen yang Anda buat terlihat lebih profesional dan mudah dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close