Caramantap

Tabel Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

×

Tabel Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Share this article

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang. Namun, pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan memiliki perbedaan yang signifikan. Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi secara fisik dan menghasilkan perubahan ukuran dan bentuk pada tubuh tumbuhan, sedangkan perkembangan pada tumbuhan terjadi secara fungsional dan menghasilkan perubahan dalam struktur dan fungsi tubuh tumbuhan.

Pertumbuhan pada Tumbuhan

Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi secara bertahap dan terus menerus. Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi karena adanya pembelahan sel dan pertambahan sel. Sel-sel baru pada tumbuhan terbentuk dari mitosis atau pembelahan sel. Mitosis pada tumbuhan terjadi pada daerah-daerah tertentu yang disebut dengan meristem.

Meristem terbagi menjadi dua jenis yaitu meristem primer dan sekunder. Meristem primer terdapat pada ujung akar dan ujung tunas. Meristem sekunder terdapat pada bagian dalam batang dan akar tumbuhan dewasa. Pertumbuhan pada tumbuhan juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti cahaya, air, dan nutrisi.

Perkembangan pada Tumbuhan

Perkembangan pada tumbuhan terjadi setelah fase pertumbuhan. Perkembangan pada tumbuhan meliputi pembentukan berbagai macam jaringan dan organ pada tumbuhan. Perkembangan pada tumbuhan juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti cahaya, air, dan nutrisi.

Pos Terkait:  Perbedaan Waktu Jakarta dan Surabaya

Pada tumbuhan, terdapat tiga jenis jaringan utama yaitu jaringan epidermis, jaringan meristem, dan jaringan parenkim. Jaringan epidermis merupakan jaringan luar pada tumbuhan yang melindungi tubuh tumbuhan dari kerusakan. Jaringan meristem merupakan jaringan yang terus menerus melakukan pembelahan sel dan bertanggung jawab atas pertumbuhan tumbuhan. Jaringan parenkim merupakan jaringan yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan pada tumbuhan.

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan antara lain:

1. Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi secara fisik dan menghasilkan perubahan ukuran dan bentuk pada tubuh tumbuhan, sedangkan perkembangan pada tumbuhan terjadi secara fungsional dan menghasilkan perubahan dalam struktur dan fungsi tubuh tumbuhan.

2. Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi secara bertahap dan terus menerus, sedangkan perkembangan pada tumbuhan terjadi setelah fase pertumbuhan dan meliputi pembentukan berbagai macam jaringan dan organ pada tumbuhan.

3. Pertumbuhan pada tumbuhan dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti cahaya, air, dan nutrisi, sedangkan perkembangan pada tumbuhan juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan namun lebih fokus pada fungsi dan struktur tubuh tumbuhan.

Penutup

Perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan sangat penting untuk dipahami. Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat lebih memahami proses tumbuh dan berkembang pada tumbuhan. Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, oleh karena itu perhatikan faktor lingkungan saat merawat tumbuhan Anda.

Pos Terkait:  Cara Login Instagram di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close