Caramantap

Cara Memperbaiki HP Samsung Note 2 Mati Total

×

Cara Memperbaiki HP Samsung Note 2 Mati Total

Share this article

Jika Anda memiliki HP Samsung Note 2 yang mati total, tentu saja hal tersebut akan sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. HP yang mati total, atau dalam kondisi tidak bisa dinyalakan sama sekali, bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kerusakan pada baterai, kerusakan pada motherboard, atau karena terkena air. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa cara memperbaiki HP Samsung Note 2 mati total.

Pertama, Coba Ganti Baterai

Salah satu penyebab HP Samsung Note 2 mati total adalah baterai yang rusak atau sudah tidak mampu menyimpan daya dengan baik. Oleh karena itu, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencoba mengganti baterai HP Anda dengan baterai yang baru. Pastikan baterai yang Anda beli adalah baterai asli dan sesuai dengan tipe HP Samsung Note 2 Anda.

Setelah mengganti baterai, cobalah untuk menyalakan HP Anda. Jika HP masih tetap mati total, maka kemungkinan kerusakan bukan terletak pada baterai. Namun, jika HP Anda berhasil menyala, maka kemungkinan besar masalah yang terjadi adalah baterai yang sudah rusak.

Pos Terkait:  Perbedaan Maybe dan Probably

Kedua, Cek Charger dan Kabel USB

Selain baterai, charger dan kabel USB juga bisa menjadi penyebab HP Samsung Note 2 mati total. Coba periksa apakah charger dan kabel USB Anda masih berfungsi dengan baik atau sudah rusak. Jika kabel USB atau charger yang Anda gunakan sudah rusak, bisa saja HP Samsung Note 2 Anda tidak bisa diisi daya dan mati total.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba menggunakan charger dan kabel USB yang baru dan pastikan charger dan kabel USB tersebut sesuai dengan tipe HP Samsung Note 2 Anda. Jika HP Anda masih tetap mati total, maka kemungkinan kerusakan bukan terletak pada charger atau kabel USB.

Ketiga, Bersihkan Port Charger

Port charger pada HP Samsung Note 2 juga bisa menjadi penyebab HP mati total. Port charger yang kotor atau terdapat benda asing di dalamnya bisa membuat HP Anda tidak bisa dicas atau tidak bisa menyala sama sekali. Oleh karena itu, coba bersihkan port charger pada HP Samsung Note 2 Anda dengan menggunakan sikat gigi yang lembut dan sedikit alkohol.

Setelah membersihkan port charger, coba untuk menyalakan HP Anda. Jika HP masih tetap mati total, maka kemungkinan kerusakan bukan terletak pada port charger. Namun, jika HP Anda berhasil menyala, maka kemungkinan besar masalah yang terjadi adalah port charger yang kotor.

Pos Terkait:  Kenapa View YouTube Berkurang?

Keempat, Coba Hard Reset HP Samsung Note 2

Jika HP Samsung Note 2 Anda masih tetap mati total meskipun Anda sudah mencoba mengganti baterai, charger dan kabel USB, serta membersihkan port charger, maka cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan hard reset pada HP Anda.

Cara hard reset pada HP Samsung Note 2 adalah dengan menekan tombol volume up, home, dan power secara bersamaan selama beberapa detik sampai muncul logo Samsung. Jika muncul logo Samsung, lepas semua tombol dan tunggu beberapa saat sampai HP Anda masuk ke dalam mode recovery. Setelah masuk ke dalam mode recovery, pilih opsi wipe data/factory reset dan tunggu sampai proses reset selesai.

Setelah proses reset selesai, coba untuk menyalakan HP Anda. Jika HP Anda masih tetap mati total, maka kemungkinan kerusakan terletak pada hardware HP Anda dan perlu diperbaiki oleh teknisi ahli. Namun, jika HP Anda berhasil menyala, maka masalah yang terjadi adalah pada software HP Anda.

Kesimpulan

HP Samsung Note 2 mati total bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti baterai yang rusak, charger dan kabel USB yang rusak, port charger yang kotor, atau masalah pada software atau hardware HP Anda. Jika HP Anda mati total, cobalah untuk mengganti baterai, charger dan kabel USB, serta membersihkan port charger terlebih dahulu. Jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah untuk melakukan hard reset pada HP Anda. Namun, jika HP Anda masih tetap mati total, maka kemungkinan besar kerusakan terletak pada hardware HP Anda dan perlu diperbaiki oleh teknisi ahli.

Pos Terkait:  Cara Cek Kuota Smartfren Lewat WA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close