Caramantap

Mengapa Manusia Purba Membuat Peralatan dari Bebatuan, Kayu, dan Tulang

×

Mengapa Manusia Purba Membuat Peralatan dari Bebatuan, Kayu, dan Tulang

Share this article

Alasan Mengapa Manusia Purba Membuat Peralatan dari Bebatuan

Manusia purba adalah manusia yang hidup sebelum adanya sejarah tertulis. Mereka hidup dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan. Untuk memudahkan aktivitas mereka, manusia purba membuat peralatan dari bahan alami seperti bebatuan, kayu, dan tulang. Mengapa manusia purba memilih bahan-bahan ini untuk membuat peralatan mereka? Berikut adalah alasan-alasannya:

Bebatuan Sebagai Bahan Pembuat Peralatan

Bebatuan merupakan bahan yang mudah ditemukan oleh manusia purba. Mereka menggunakan bebatuan untuk membuat berbagai jenis peralatan seperti kapak, pisau, dan pahat. Bebatuan yang keras dan tajam dapat digunakan untuk memotong kayu dan tulang dengan mudah. Selain itu, bebatuan juga tahan lama dan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan manusia purba.

Pos Terkait:  Cara untuk Membuat Pina Colada: Resep Minuman Segar yang Mudah Dibuat

Kayu Sebagai Bahan Pembuat Peralatan

Kayu juga merupakan bahan yang mudah ditemukan oleh manusia purba. Kayu digunakan untuk membuat berbagai jenis peralatan seperti tombak, panah, dan alat pemukul. Kayu yang kuat dan lentur dapat digunakan untuk membuat peralatan yang tahan lama dan mudah digunakan dalam aktivitas berburu dan mengumpulkan makanan.

Tulang Sebagai Bahan Pembuat Peralatan

Tulang adalah bahan yang kuat dan tahan lama. Manusia purba menggunakan tulang untuk membuat berbagai jenis peralatan seperti jarum, alat pemukul, dan alat pemotong. Tulang juga mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan manusia purba. Selain itu, tulang juga dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk membuat api.

Fungsi Peralatan yang Dibuat dari Bebatuan, Kayu, dan Tulang

Peralatan yang dibuat dari bebatuan, kayu, dan tulang memiliki berbagai fungsi bagi manusia purba. Peralatan tersebut digunakan untuk memudahkan aktivitas berburu dan mengumpulkan makanan. Kapak dan pisau yang terbuat dari bebatuan digunakan untuk memotong kayu dan tulang. Tombak dan panah yang terbuat dari kayu digunakan untuk menangkap hewan. Jarum yang terbuat dari tulang digunakan untuk menjahit pakaian dan membuat kerajinan tangan.

Pos Terkait:  Bagaimana Bentuk Kerjasama Antara Negara yang Dilakukan Vietnam

Kesimpulan

Bebatuan, kayu, dan tulang adalah bahan-bahan alami yang mudah ditemukan oleh manusia purba. Peralatan yang dibuat dari bahan-bahan tersebut memiliki berbagai fungsi bagi manusia purba dalam aktivitas berburu dan mengumpulkan makanan. Peralatan tersebut juga tahan lama dan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan manusia purba. Oleh karena itu, tidak heran jika manusia purba memilih bahan-bahan tersebut untuk membuat peralatan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close