Cara Mengembalikan Foto yang Dihapus di Facebook

Posted on

Facebook merupakan salah satu media sosial yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang menggunakan Facebook untuk berbagai keperluan, seperti untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, mencari informasi, hingga berbagi foto. Namun, terkadang kita tidak sengaja menghapus foto yang seharusnya masih kita simpan. Bagaimana cara mengembalikan foto yang dihapus di Facebook? Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Cari Foto yang Dihapus di Album Sampah

Ketika kita menghapus foto di Facebook, foto tersebut akan masuk ke dalam album sampah. Album sampah ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara foto yang telah dihapus. Foto yang masuk ke dalam album sampah masih bisa dikembalikan. Untuk mengembalikan foto, pertama-tama buka Facebook dan masuk ke akun Anda. Kemudian, cari album sampah dengan cara klik menu “Album” di bagian bawah foto profil Anda.

Setelah itu, pilih album “Sampah“. Di sana, Anda akan menemukan semua foto yang telah dihapus dari akun Anda. Cari foto yang ingin Anda kembalikan dan klik “Atur Ulang” di bawah foto tersebut. Foto tersebut akan dikembalikan ke dalam album asalnya.

Pos Terkait:  Cara Menulis Skenario Gambar

2. Gunakan Fitur Arsip Foto

Selain album sampah, Facebook juga memiliki fitur arsip foto yang dapat digunakan untuk menyimpan foto yang tidak ingin dihapus. Fitur arsip ini sangat berguna jika Anda tidak ingin kehilangan foto yang penting. Jika Anda telah mengarsipkan foto, foto tersebut tidak akan muncul di bagian album foto publik Anda.

Untuk mengakses fitur arsip foto, buka Facebook dan masuk ke akun Anda. Kemudian, klik menu “Album” di bagian bawah foto profil Anda dan pilih album “Arsip. Di sana, Anda akan menemukan semua foto yang telah diarsipkan. Cari foto yang ingin Anda kembalikan dan klik “Kembalikan ke Album“. Foto tersebut akan dikembalikan ke dalam album asalnya.

3. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika kedua cara di atas tidak berhasil mengembalikan foto yang dihapus di Facebook, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data. Aplikasi ini berfungsi untuk memulihkan data yang telah dihapus dari perangkat Anda, termasuk foto di Facebook.

Beberapa aplikasi pemulihan data yang dapat Anda gunakan antara lain EaseUS Data Recovery Wizard, Recuva, dan Disk Drill. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pemulihan data tidak selalu berhasil mengembalikan semua data yang telah dihapus. Selain itu, penggunaan aplikasi pemulihan data juga berpotensi merusak data yang masih ada di perangkat Anda.

Pos Terkait:  Cara Menambah Memori VGA untuk Meningkatkan Performa Gaming

4. Simpan Foto di Perangkat Anda

Agar tidak kehilangan foto yang penting, disarankan untuk menyimpan foto di perangkat Anda secara reguler. Anda dapat mengunduh foto dari Facebook dan menyimpannya di perangkat Anda atau menyinkronkan foto di Facebook dengan perangkat Anda. Dengan begitu, jika suatu saat foto dihapus dari Facebook, Anda masih memiliki salinannya di perangkat Anda.

Kesimpulan

Mengembalikan foto yang dihapus di Facebook memang memerlukan sedikit usaha dan ketelitian. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda masih memiliki peluang untuk mengembalikan foto yang telah dihapus. Selain itu, disarankan untuk menyimpan foto yang penting di perangkat Anda secara reguler agar tidak kehilangan foto yang berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *