Caramantap

Cara Subtitle Youtube: Panduan Lengkap untuk Pemula

×

Cara Subtitle Youtube: Panduan Lengkap untuk Pemula

Share this article

Jika Anda adalah seorang content creator atau pengguna YouTube yang sering membagikan video, maka membuat subtitle untuk video Anda adalah hal yang sangat penting. Subtitle bisa membantu audiens Anda yang memiliki gangguan pendengaran atau bahasa asing untuk memahami konten Anda. Selain itu, subtitle juga membantu video Anda untuk terlihat lebih profesional dan mudah dipahami. Berikut adalah cara subtitle YouTube dengan mudah.

1. Siapkan file teks subtitle Anda

Sebelum memulai proses subtitling, Anda perlu menyiapkan file teks subtitle terlebih dahulu. Ada beberapa jenis format file subtitle yang dapat digunakan untuk YouTube, seperti SRT, VTT, dan XML. Format SRT adalah yang paling umum digunakan oleh YouTuber. Pastikan file subtitle Anda sesuai dengan format yang diinginkan.

2. Buka video yang ingin Anda subtitle

Setelah file subtitle Anda siap, buka video yang ingin Anda subtitle di YouTube Studio. Klik tombol “Subtitles” di bawah video untuk membuka panel subtitling.

3. Pilih bahasa untuk subtitle

Anda dapat menambahkan subtitle dalam beberapa bahasa. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan untuk subtitle pada video Anda. Jika bahasa yang Anda inginkan tidak tersedia, klik “Add Language” untuk menambahkan bahasa baru.

4. Pilih metode subtitling

YouTube menyediakan dua metode subtitling, yaitu “Transcribe and auto-sync” dan “Create new subtitles or CC”. Metode pertama akan secara otomatis membuat subtitle berdasarkan suara pada video. Metode kedua memungkinkan Anda untuk membuat subtitle secara manual. Pilih metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pos Terkait:  Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Privat

5. Gunakan fitur auto-sync (opsional)

Jika Anda memilih metode “Transcribe and auto-sync”, YouTube akan secara otomatis membuat subtitle berdasarkan suara pada video Anda. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mempercepat proses subtitling. Namun, pastikan untuk memeriksa dan memperbaiki subtitle yang sudah dibuat oleh YouTube.

6. Buat subtitle secara manual

Jika Anda memilih metode “Create new subtitles or CC”, Anda dapat membuat subtitle secara manual. Klik tombol “Create new subtitles or CC” untuk membuka editor subtitle. Anda dapat menambahkan subtitle dengan mengklik tombol “Add subtitle” dan memasukkan teks subtitle di kolom yang tersedia.

7. Atur waktu subtitle

Setelah menambahkan teks subtitle, atur waktu subtitle agar sesuai dengan waktu pada video. Klik tombol “play” pada video untuk memulai subtitling. Ketika Anda mendengar kata atau kalimat pada video, klik tombol “Enter” pada keyboard untuk menambahkan subtitle pada waktu yang tepat.

8. Gunakan fitur keyboard shortcut (opsional)

YouTube menyediakan beberapa shortcut keyboard yang dapat membantu Anda dalam proses subtitling. Anda dapat mengakses shortcut keyboard dengan menekan tombol “Shift + question mark” pada keyboard.

9. Gunakan fitur “Timed Comments” (opsional)

Jika Anda kesulitan dalam memasukkan teks subtitle pada waktu yang tepat, Anda dapat menggunakan fitur “Timed Comments”. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan komentar pada waktu yang tepat pada video. Anda dapat memasukkan teks subtitle pada kolom komentar dan mengubahnya menjadi subtitle setelah selesai.

10. Gunakan fitur “Auto-translate” (opsional)

Jika Anda ingin menambahkan subtitle dalam bahasa asing, Anda dapat menggunakan fitur “Auto-translate. Fitur ini akan secara otomatis menerjemahkan teks subtitle ke bahasa yang diinginkan. Namun, pastikan untuk memeriksa dan memperbaiki subtitle yang sudah diterjemahkan oleh YouTube.

11. Simpan subtitle

Setelah selesai membuat subtitle, klik tombol “Publish” untuk menyimpan subtitle. Anda dapat memilih untuk menyimpan subtitle sebagai “Draft” atau “Published”. Jika Anda memilih “Draft”, subtitle tidak akan ditampilkan pada video. Jika Anda memilih “Published”, subtitle akan ditampilkan pada video.

12. Edit atau hapus subtitle (opsional)

Jika Anda ingin mengedit atau menghapus subtitle yang sudah dibuat, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Edit” atau “Delete” pada panel subtitling.

13. Unduh subtitle (opsional)

Jika Anda ingin mengunduh subtitle untuk digunakan pada platform lain, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Download” pada panel subtitling.

Pos Terkait:  Tachiyomi APK: Solusi Terbaik untuk Membaca Manga dan Komik

14. Gunakan fitur “Community Contributions” (opsional)

Jika Anda ingin meminta bantuan dari audiens Anda untuk membuat subtitle, Anda dapat menggunakan fitur “Community Contributions. Fitur ini memungkinkan audiens Anda untuk membuat subtitle untuk video Anda. Namun, pastikan untuk memeriksa dan memperbaiki subtitle yang sudah dibuat oleh audiens Anda.

15. Gunakan software subtitling (opsional)

Jika Anda merasa sulit untuk membuat subtitle secara manual, Anda dapat menggunakan software subtitling. Beberapa software subtitling yang dapat digunakan antara lain Aegisub, Subtitle Edit, dan Jubler. Namun, pastikan untuk memeriksa dan memperbaiki subtitle yang sudah dibuat oleh software tersebut.

16. Gunakan jasa subtitling (opsional)

Jika Anda tidak memiliki waktu atau keterampilan untuk membuat subtitle, Anda dapat menggunakan jasa subtitling. Ada banyak jasa subtitling yang tersedia online, seperti Rev, 3Play Media, dan Amara. Namun, pastikan untuk memilih jasa subtitling yang terpercaya dan berkualitas.

17. Perhatikan kualitas subtitle

Pastikan subtitle yang Anda buat memiliki kualitas yang baik. Subtitle yang buruk atau tidak akurat bisa membuat audiens Anda merasa tidak puas dan tidak mengerti konten Anda. Pastikan untuk memeriksa dan memperbaiki subtitle yang sudah dibuat sebelum menyimpannya.

18. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami

Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami dalam subtitle Anda. Hindari penggunaan kata-kata yang sulit dipahami atau slang. Pastikan subtitle Anda dapat dipahami oleh audiens dari berbagai latar belakang.

19. Sesuaikan warna dan font subtitle

Sesuaikan warna dan font subtitle agar mudah dibaca oleh audiens Anda. Hindari penggunaan warna atau font yang sulit dibaca atau terlalu mencolok. Pastikan subtitle Anda memiliki kontras yang cukup dengan latar belakang video.

20. Pilih jenis subtitle yang sesuai

Pilih jenis subtitle yang sesuai dengan konten video Anda. Ada beberapa jenis subtitle yang dapat digunakan, seperti full caption, closed caption, dan open caption. Full caption menampilkan subtitle sepanjang video. Closed caption bisa diaktifkan atau dinonaktifkan oleh audiens. Open caption menampilkan subtitle secara permanen pada video.

21. Gunakan tanda baca dan tata bahasa yang benar

Gunakan tanda baca dan tata bahasa yang benar dalam subtitle Anda. Hindari penggunaan bahasa yang tidak baku atau tidak sesuai dengan tata bahasa yang benar. Pastikan subtitle Anda terlihat profesional dan mudah dipahami.

22. Perhatikan durasi subtitle

Perhatikan durasi subtitle agar sesuai dengan waktu pada video. Jangan membuat subtitle terlalu lama atau terlalu pendek. Pastikan subtitle Anda tampil pada waktu yang tepat dan mudah dibaca oleh audiens.

Pos Terkait:  Cara Mendapatkan Bumble Premium dengan Gratis

23. Gunakan long-tail keyword dalam subtitle

Gunakan long-tail keyword dalam subtitle Anda untuk meningkatkan SEO video Anda. Long-tail keyword adalah kata kunci yang lebih spesifik dan terdiri dari beberapa kata. Pastikan untuk menggunakan long-tail keyword yang sesuai dengan konten video Anda.

24. Promosikan video Anda dengan subtitle

Promosikan video Anda dengan subtitle untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Ada banyak cara untuk mempromosikan video Anda dengan subtitle, seperti membagikan video di media sosial atau menambahkan subtitle pada platform video lainnya.

25. Periksa subtitle sebelum mempublikasikan

Sebelum mempublikasikan subtitle Anda, pastikan untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan atau ketidakakuratan yang ada. Subtitle yang buruk atau tidak akurat bisa merusak reputasi Anda sebagai content creator atau pengguna YouTube.

26. Gunakan subtitle pada semua video Anda

Gunakan subtitle pada semua video Anda untuk meningkatkan pengalaman audiens Anda. Subtitle bisa membantu audiens Anda untuk memahami konten video Anda dengan lebih baik. Selain itu, subtitle juga bisa membantu video Anda untuk terlihat lebih profesional dan mudah dipahami.

27. Terus perbarui subtitle Anda

Terus perbarui subtitle Anda agar selalu sesuai dengan konten video Anda. Jika Anda membuat perubahan pada video Anda, pastikan untuk memperbarui subtitle Anda agar tetap akurat dan relevan.

28. Gunakan subtitle sebagai sarana pembelajaran

Gunakan subtitle sebagai sarana pembelajaran bagi audiens Anda. Subtitle bisa membantu audiens Anda untuk belajar bahasa asing atau memahami kosakata baru. Selain itu, subtitle juga bisa membantu audiens Anda untuk memperbaiki kemampuan pendengaran mereka.

29. Beri kredit pada penerjemah (jika menggunakan jasa subtitling)

Jika Anda menggunakan jasa subtitling, pastikan untuk memberi kredit pada penerjemah. Beri tahu audiens Anda bahwa subtitle yang digunakan adalah hasil dari kerja keras penerjemah yang terampil dan berdedikasi.

30. Kesimpulan

Membuat subtitle untuk video YouTube adalah hal yang sangat penting. Subtitle bisa membantu audiens Anda yang memiliki gangguan pendengaran atau bahasa asing untuk memahami konten Anda. Selain itu, subtitle juga membantu video Anda untuk terlihat lebih profesional dan mudah dipahami. Dengan menggunakan cara subtitle YouTube yang tepat, Anda bisa meningkatkan SEO video Anda dan menjangkau audiens yang lebih luas. Pastikan untuk memeriksa dan memperbaiki subtitle Anda sebelum mempublikasikannya. Selamat mencoba!

close