Cara untuk Membuka Windows Task Manager

Posted on

Pendahuluan

Windows Task Manager adalah alat yang sangat berguna untuk mengelola proses dan aplikasi yang berjalan di komputer Anda. Dengan Task Manager, Anda dapat melihat informasi tentang kinerja sistem, mematikan program yang tidak responsif, dan memantau penggunaan sumber daya pada komputer Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuka Task Manager di Windows.

Membuka Task Manager dari Keyboard

Cara termudah untuk membuka Task Manager adalah dengan menggunakan keyboard. Untuk melakukan ini, cukup tekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan. Ini akan membuka Task Manager langsung, tanpa memerlukan klik tambahan.

Membuka Task Manager dari Start Menu

Anda juga dapat membuka Task Manager melalui Start Menu. Untuk melakukannya, klik ikon Start di pojok kiri bawah layar Anda. Kemudian, cari “Task Manager” dalam kotak pencarian dan klik ikon yang muncul.

Membuka Task Manager dengan Klik Kanan pada Taskbar

Alternatif lain untuk membuka Task Manager adalah dengan mengklik kanan pada taskbar (baris ikon di bagian bawah layar Anda). Kemudian, di menu yang muncul, pilih opsi “Task Manager.

Pos Terkait:  Cara Setting APN Axis Jaringan 3G dan 4G di Android

Membuka Task Manager dari File Explorer

Anda juga dapat membuka Task Manager dari File Explorer. Untuk melakukannya, buka File Explorer dengan menekan tombol Windows Key + E. Kemudian, klik tab “Pemrosesan” di bagian atas jendela, dan klik tombol “Task Manager” di bagian kanan bawah jendela.

Membuka Task Manager dari Run Command

Jika Anda suka menggunakan Run Command, Anda dapat membuka Task Manager dengan cara ini juga. Tekan tombol Windows Key + R untuk membuka jendela Run Command. Kemudian, ketik “taskmgr” dan tekan Enter.

Penggunaan Task Manager

Sekarang setelah Anda berhasil membuka Task Manager, mari kita lihat beberapa cara untuk menggunakannya.

Menampilkan Proses

Pertama-tama, mari kita lihat bagaimana menampilkan proses yang berjalan di komputer Anda. Di Task Manager, klik tab “Proses”. Ini akan menampilkan daftar semua proses yang berjalan di komputer Anda, termasuk proses sistem dan aplikasi yang sedang berjalan.

Menampilkan Penggunaan Sumber Daya

Anda juga dapat menggunakan Task Manager untuk melihat penggunaan sumber daya pada komputer Anda. Di tab “Proses”, klik kolom “CPU” atau “Memori” untuk mengurutkan proses berdasarkan penggunaan sumber daya.

Menampilkan Kinerja Sistem

Task Manager juga dapat digunakan untuk melihat kinerja sistem secara keseluruhan. Di Task Manager, klik tab “Kinerja” untuk melihat grafik penggunaan CPU, memori, dan sumber daya lainnya.

Pos Terkait:  Daftar Lengkap Kode Cheat Need for Speed Carbon PC

Menampilkan Aplikasi

Selain menampilkan proses, Anda juga dapat menggunakan Task Manager untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan di komputer Anda. Di tab “Aplikasi”, Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan. Jika ada aplikasi yang tidak responsif, Anda dapat memilihnya dan klik tombol “Akhiri Tugas” untuk menutupnya.

Menampilkan Layanan

Task Manager juga dapat digunakan untuk melihat layanan yang sedang berjalan pada komputer Anda. Di tab “Layanan”, Anda akan melihat daftar layanan yang sedang berjalan, beserta status mereka (berjalan atau tidak berjalan).

Menampilkan Startup

Task Manager juga dapat membantu Anda mengelola startup pada komputer Anda. Di tab “Startup”, Anda akan melihat daftar program yang diatur untuk berjalan saat komputer Anda dinyalakan. Anda dapat menonaktifkan program yang tidak perlu untuk mempercepat waktu startup komputer Anda.

Mengakhiri Proses

Jika ada proses atau aplikasi yang tidak responsif, Anda dapat mengakhiri tugas dengan menggunakan Task Manager. Di tab “Proses” atau “Aplikasi”, pilih proses atau aplikasi yang ingin Anda tutup, dan klik tombol “Akhiri Tugas.

Mengubah Prioritas Proses

Anda juga dapat mengubah prioritas proses menggunakan Task Manager. Di tab “Proses”, klik kanan pada proses yang ingin Anda ubah prioritasnya, dan pilih opsi “Prioritas” dari menu yang muncul. Kemudian, pilih prioritas yang ingin Anda atur.

Pos Terkait:  Perbedaan PLTS On Grid dan Off Grid

Mengubah Afinatas CPU

Task Manager juga dapat digunakan untuk mengatur afinatas CPU pada proses. Di tab “Proses”, klik kanan pada proses yang ingin Anda ubah afinatasnya, dan pilih opsi “Afinatas CPU” dari menu yang muncul. Kemudian, pilih persentase CPU yang ingin Anda alokasikan untuk proses tersebut.

Menampilkan Koneksi Jaringan

Di tab “Jaringan” Task Manager, Anda dapat melihat koneksi jaringan yang sedang digunakan oleh komputer Anda. Ini termasuk koneksi Wi-Fi dan Ethernet, serta jumlah data yang dikirim dan diterima oleh komputer Anda.

Menampilkan Penggunaan Penyimpanan

Task Manager juga dapat digunakan untuk melihat penggunaan penyimpanan pada komputer Anda. Di tab “Kinerja”, Anda akan melihat grafik penggunaan penyimpanan, serta jumlah total penyimpanan yang digunakan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara untuk membuka Task Manager di Windows, serta cara menggunakannya untuk mengelola proses, aplikasi, dan sumber daya pada komputer Anda. Task Manager adalah alat yang sangat berguna dan dapat membantu Anda mengoptimalkan kinerja komputer Anda. Jangan ragu untuk mencobanya!