Caramantap

Jelaskan Pengertian Komunikasi dari Berbagai Dimensi

×

Jelaskan Pengertian Komunikasi dari Berbagai Dimensi

Share this article

Komunikasi merupakan suatu proses yang melibatkan pengiriman dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih. Proses ini dapat terjadi melalui berbagai media, mulai dari ucapan lisan, tulisan, gerakan tubuh, hingga teknologi informasi. Namun, pengertian komunikasi tidak hanya terbatas pada aspek teknis semata. Terdapat berbagai dimensi dalam komunikasi yang perlu dipahami lebih jauh.

Dimensi Fungsi

Pertama, terdapat dimensi fungsi dalam komunikasi. Komunikasi dapat berfungsi sebagai alat untuk memberikan informasi, mempengaruhi, membujuk, menyampaikan emosi, membangun hubungan sosial, serta membentuk identitas sosial. Dalam konteks bisnis, komunikasi juga berfungsi sebagai alat untuk membangun citra perusahaan, memasarkan produk, dan menjalin hubungan dengan pelanggan.

Dimensi Bentuk

Dimensi bentuk dalam komunikasi mencakup berbagai jenis bentuk komunikasi, seperti komunikasi verbal, nonverbal, tulisan, dan visual. Komunikasi verbal melibatkan penggunaan bahasa lisan atau tulisan, sedangkan komunikasi nonverbal melibatkan gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh. Komunikasi tulisan melibatkan penggunaan kata-kata tertulis, sedangkan komunikasi visual melibatkan penggunaan gambar dan video.

Dimensi Proses

Dimensi proses dalam komunikasi melihat komunikasi sebagai proses yang dinamis dan kompleks. Proses ini melibatkan berbagai tahapan, seperti penyampaian pesan, pemahaman pesan, penafsiran pesan, dan tanggapan terhadap pesan. Proses ini juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti latar belakang budaya, pengalaman, dan sikap yang dimiliki oleh pengirim dan penerima pesan.

Pos Terkait:  Cara Transaksi Kredit di Bukalapak

Dimensi Konteks

Dimensi konteks dalam komunikasi mencakup berbagai faktor yang mempengaruhi komunikasi, seperti situasi, tujuan, dan orang yang terlibat dalam komunikasi. Konteks juga dapat mempengaruhi bentuk dan jenis komunikasi yang digunakan. Sebagai contoh, komunikasi dalam konteks bisnis akan berbeda dengan komunikasi dalam konteks keluarga atau pertemanan.

Dimensi Etika

Terakhir, terdapat dimensi etika dalam komunikasi. Etika komunikasi berkaitan dengan nilai-nilai moral dan prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi, seperti kejujuran, kerahasiaan, dan penghormatan terhadap hak privasi orang lain. Etika komunikasi juga melibatkan kesadaran akan dampak dan konsekuensi dari pesan yang disampaikan.

Kesimpulan

Pengertian komunikasi tidak hanya terbatas pada aspek teknis semata, melainkan juga mencakup berbagai dimensi yang perlu dipahami lebih jauh. Terdapat dimensi fungsi, bentuk, proses, konteks, dan etika dalam komunikasi. Memahami berbagai dimensi ini akan membantu kita untuk berkomunikasi dengan lebih efektif dan efisien dalam berbagai situasi dan konteks yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close