CaramantapKesehatanMakanan dan PenjamuanRumah dan Taman

Cara untuk Menggoreng Secara Deep Fry di Rumah

×

Cara untuk Menggoreng Secara Deep Fry di Rumah

Share this article

Banyak orang menyukai makanan yang digoreng, namun tidak semua orang tahu bagaimana cara menggoreng dengan benar. Menggoreng yang salah dapat menyebabkan makanan menjadi terlalu berminyak dan berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara untuk menggoreng secara deep fry di rumah.

1. Pilih Minyak yang Tepat

Minyak yang digunakan untuk menggoreng sangat penting. Pilih minyak yang mampu bertahan pada suhu tinggi tanpa melepaskan zat berbahaya, seperti minyak sayur, minyak kanola, atau minyak kedelai. Hindari menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun karena mampu merusak rasa makanan.

2. Panaskan Minyak dengan Suhu yang Tepat

Sebelum mulai menggoreng, pastikan minyak sudah dipanaskan dengan suhu yang tepat. Suhu yang ideal untuk menggoreng adalah antara 170°C hingga 190°C. Jika minyak terlalu panas, makanan akan terlalu cepat gosong dan jika terlalu dingin, makanan akan menyerap terlalu banyak minyak dan menjadi lembek.

Pos Terkait:  Cara Cek Nomor Resi Tokopedia

3. Keringkan Makanan Terlebih Dahulu

Sebelum dimasukkan ke dalam minyak panas, pastikan makanan sudah dikeringkan terlebih dahulu. Menggoreng makanan yang masih basah akan membuat makanan menjadi lembek dan berminyak.

4. Jangan Terlalu Banyak Memasukkan Makanan ke Dalam Minyak

Memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam minyak panas dapat membuat suhu minyak turun dan menghasilkan makanan yang tidak matang dengan baik. Pastikan jumlah makanan yang dimasukkan cukup untuk dapat digoreng dengan sempurna.

5. Jangan Serakah

Jangan terlalu serakah saat menggoreng. Pastikan makanan digoreng pada jumlah yang cukup sehingga makanan dapat digoreng dengan sempurna. Memaksakan terlalu banyak makanan dapat membuat makanan menjadi tidak matang dengan baik dan terlalu berminyak.

6. Gunakan Alat yang Tepat

Gunakan alat yang tepat saat menggoreng, seperti wajan yang cocok untuk menggoreng atau deep fryer. Deep fryer merupakan alat yang ideal untuk menggoreng karena dapat mengatur suhu dengan baik dan memastikan makanan digoreng secara merata.

7. Jangan Mengganggu Makanan yang Sedang Digoreng

Jangan mengganggu makanan yang sedang digoreng. Biarkan makanan mengapung dan jangan terlalu sering mengaduknya. Mengganggu makanan yang sedang digoreng dapat membuat makanan menjadi hancur dan tidak matang dengan sempurna.

Pos Terkait:  One Piece: 7 Fakta Menarik Nico Robin yang Perlu Kamu Tahu

8. Tiriskan Makanan yang Sudah Digoreng

Setelah makanan selesai digoreng, pastikan makanan ditiriskan terlebih dahulu sebelum disajikan. Tiriskan makanan di atas kertas minyak atau rak pengering agar minyak berlebih dapat terbuang.

9. Sajikan Makanan yang Sudah Digoreng dengan Benar

Sajikan makanan yang sudah digoreng dengan benar. Pastikan makanan disajikan dalam kondisi yang masih panas dan disajikan dengan saus atau bumbu yang sesuai.

10. Bersihkan Alat yang Digunakan dengan Benar

Setelah selesai menggoreng, pastikan alat yang digunakan dibersihkan dengan benar. Bersihkan wajan atau deep fryer dengan air dan sabun dan pastikan tidak ada minyak yang tersisa.

11. Kesimpulan

Dalam menggoreng secara deep fry di rumah, pastikan minyak yang digunakan tepat, suhu minyak panas, makanan dikeringkan terlebih dahulu, jumlah makanan yang dimasukkan cukup, gunakan alat yang tepat, jangan mengganggu makanan yang sedang digoreng, tiriskan makanan yang sudah digoreng, dan sajikan makanan yang sudah digoreng dengan benar. Dengan mengikuti tips ini, makanan yang digoreng akan menjadi lezat dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close